10 Penyebab Penyakit Asma Yang Sering Terjadi

Penyebab Asma

Penyebab Asma

Penyebab Penyakit Asma

10 Penyebab Penyakit Asma Yang Sering Terjadi – Menderita penyakit asma memang akan sangat menyiksa, oleh karenanya sangatlah penting untuk anda yang didiagnosa memiliki penyakit asma untuk mengetahui apa saja faktor yang menjadi penyebab penyakit asma. Asma adalah jenis penyakit yang bisa dialami oleh siapa saja dan bisa menyerang kapan saja secara tiba-tiba, baik itu anak-anak hingga orang dewasa dan juga dapat diderita oleh pria maupun wanita.

Penyakit asma sendiri umumnya dapat berlangsung cukup lama (kronis) dan akan sering kambuh jika tidak dicegah, sehingga penderita asma tentunya akan sering mengalami rasa yang tidak nyaman dalam beraktivitas ketika asma menyerang. Penyakit asma ini bisa muncul sejak kecil atau bahkan sejak bayi, karena asma termasuk ke dalam jenis penyakit yang disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Namun ada juga asma yang baru muncul ketika usia menginjak dewasa, pada kasus seperti ini faktor dari lingkungan dan kekebalan tubuh lebih dominan sebagai penyebab utamanya.

Faktor dan Penyebab Penyakit Asma

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab asma, sehingga anda wajib tahu agar dapat dilakukan pencegah agar gejala asma tidak kembali muncul atau kambuh. Beberapa faktor umum yang dapat menjadi penyebab asma, diantaranya yaitu :

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab asma, sehingga anda wajib tahu agar dapat dilakukan pencegah agar gejala asma tidak kembali muncul atau kambuh. Beberapa faktor umum yang dapat menjadi penyebab asma, diantaranya yaitu :

  1. Keturunan (Genetik)

Pada setiap jenis penyakit, terutama untuk jenis penyakit kronis yang tidak menular biasanya riwayat keturunan atau genetik memiliki andil yang besar sebagai penyebabnya. Termauk dengan penyakit asma, namun penyebab ama sendiri dapat berbeda-beda pada setiap orang, tergantung seberapa besar kekuatan genetik yang turunkan penderita dari generasi sebelumnya. Jadi, jika salah satu orang tua kita didiagnosa menderita penyakit asma, maka kemungkinan besar kita atau saudara kandung kita juga beresiko menderita penyakit yang sama. Faktor keturunan ini juga biasanya akan dipengaruhi oleh reaksi dari sistem imunitas tubuh, dimana pada penderita asma memiliki saluran pernafasan yang lebih sensitif bagi terhadap lingkungan maupun paparan dari zat tertentu.

  1. Polusi udara

Berada di lingkungan yang tercemar atau polusi udara dapat mejadi salah satu penyebab asma. Polusi udara yang dimaksud ini bisa berupa lingkungan yang tercemar asap kendaraan bermotor, asap yang berasal dari pabrik, asap pembakaran sampah atau kebakaran hutan dan juga debu. Selain itu, rumah yang jarang dibersihkan juga dapat menimbulkan polusi debu yang dapat menyebabkan kambuhnya asma. Polusi udara baik yang berupa asap ataupun debu ini bersifat iritan, sehingga jika terhirup akan membuat saluran pernafasan menjadi sangat sensitif dan terjadi penyempitan yang dapat memicu kambuhnya penyakit asma.

  1. Infeksi paru-paru

Adanya infeksi pada organ paru-paru dapat menjadi salah satu penyebab asma, kondisi ini biasanya terjadi akibat dari efek sekunder dari proses infeksi yang terjadi pada paru-paru. Hal yang paling dekat kaitannya dengan penyakit asma yaitu telah terjadinya peradangan di area bronkhus atau yang lebih dikenal dengan nama bronkhitis. Jadi meskipun penyakit asma ini tidak menular, tetapi kita harus tetap waspada untuk menghindari terjadinya penularan infeksi yang bisa terjadi pada paru-paru, karena kondisi ini dapat menimbulkan reaksi sekunder dengan terjadinya penyempitan pada saluran pernafasan.

  1. Alergi Makanan

Selain polusi udara, ternyata makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab asma. Bagi anda yang memiliki alergi terhadap suatu makanan, maka dengan mengkonsumsinya dapat menyebabkan terjadi reaksi pada saluran pernafasan yang berbeda-beda. Beberapa jenis makanan yang dapat menjadi pemicu serangan asma ini yaitu makanan seafood, telur, susu, kacang tanah dan juga makanan yang memiliki kandungan bahan pengawet dan masih banyak jenis makanan penyebab asma lainnya. Selain itu, hindari juga makanan dan minuman dingin dan pedas, karena kedua jenis makanan ini dapat memicu terjadinya serangan asma.

  1. Alergi terhadap hewan atau tumbuhan

Hewan adn juga tumbuhan dapat menjadi penyebab penyakit asma. Pada hewan, penyebab utama serangan asma yatu pada bagian bulunya, jeni hewan yang sering menjadi pemicu peyakit asma yaitu seperti anjing, kucing, kelinci dan hewan berbulu lainnya. Sementara penyebab utama penyakit asma yang dipicu oleh tumbuhan yaitu dari serbuk sari tumbuhannya.

  1. Paparan zat kimia

Penyebab penyakit asma berikutnya yaitu akibat dari terkena paparan zat-zat kimia berbahaya yang dapat menyebabkan terjadinya reaksi alergi apabila bau dari zat kimia tersebut terhirup dan masuk ke dalam paru-paru. Beberapa zat kimia tersebut dapat dihasilkan dari beberapa jenis benda atau barang tertentu seperti benda berbentu logam atau karet, detergen, deodoran, obat nyamuk, parfum, cat dan masih banyak lagi benda-benda lainnya yang mengandung zat-zat kimia berbahaya. Selain itu, konsumsi obat-obatan kimia tertentu juga dapat menimbulkan efek samping seperti sesak nafas atau asma. Maka dari itu, sebaiknya jangan konsumsi obat-obatan secara sembarangan dan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau mintalah resep obat dari dokter dan aturan minumnya.

  1. Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang tidak baik untuk kesehatan, kandungan zat yang terdapat pada sebatang roko dapat menyebabkan serangan asma secara tiba-tiba jika masuk ke dalam saluran pernafasan. Selain dapat merusak paru-paru, kebiasaan sering merokok dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada saluran pernafasan. Perokok aktif maupun pasif, keduanya sama-sama memiliki resiko yang cukup tinggi untuk terserang penyakit asma.

  1. Pengaruh Cuaca

Penyakit asma juga bisa disebabkan oleh faktor cuaca, beberapa faktor cuaca yang bisa menyebabkan seseorang terserang asma yaitu seperti suhu udara yang dingin, berangin, hujan dan juga bisa disebabka oleh karena terjadinya perubahan cuaca yang ekstrem karena tubuh belum siap untuk melakukan adaptasi. Maka dari itu, dengan menjaga kondisi tubuh dapat membantu mencegah serangan asma ketika terjadi perubahan cuaca atau kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini.

  1. Stres

Hati-hati bagi anda yang sering mengalami stres akibat dari beban pikiran, karena terlalu sering mengalami stres dapat menjadi menyebabkan anda terserang asma. Maka dari itu, cobalah untuk dapat mengontrol dan mengelola pola pikir anda agar pikiran menjadi lebih tenang dan rileks, sehingga dapat terhindari dari bebagai jenis penyakit seperti penyakit asma. Selain itu, cobalah untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup disaat padatnya aktivitas pekerjaan anda sehari-hari, karena beban pekerjaan yang menumpuk dapat membuat kita sering bergadang hingga larut malam dan menimbulkan stres berlebih.

  1. Aktivitas Fisik

Beraktivitas terlalu berlebihan juga mempengarui kondisi kesehatan yang berkurang sehingga daya tahan tubuh anda lemah dan mudah terkena penyakit, terutama asma jika anda terlalu beraktivitas berlebihan anda pasti bias saja terkena asma missal saat berolahraga.

Baca Juga : Obat Asma Tradisional Secara Alami

Jika anda atau salah satu anggota keluarga anda ada yang menderita penyakit asma, sebaiknya jangan biarkan penyakit ini berlarut-larut dan segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Selain dapat dilakukan pengobatan, biasanya dokter juga akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya. Dengan demikian, dokter akan memberikan saran dan anjuran agar penyakit asma yang anda alami tidak sering kambuh.

Demikian sedikit ulasan kesehatan mengenai penyebab asma yang bisa kami sampaikan pada postingan kali ini, semoha ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca semua.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada ulasan-ulasan kesehatan lainnya hanya di sehat-natural.com.

kata untuk mencari artikel ini:
  • apakah asma kmbuh krna gula darah sangat tinggi
  • cara mengobati badan panas pd bayi secara alami

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Penyebab Penyakit Asma Yang Sering Terjadi | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: