6 Penyebab dan Gejala Sakit Pinggang

penyebab dan gejala sakit pinggang

Penyebab Sakit Pinggang – Sakit pinggang merupakan salah satu gangguan kesehatan tubuh dengan ditandai munculnya rasa sakit ataupun rasa nyeri pada bagian panggul, pinggang, ataupun punggung bagian bawah. Biasanya sakit pinggang lebih banyak diderita oleh orang yang telah menginjak usia lanjut atau tua. Namun, tidak menutup kemungkinan juga sakit pinggang bisa diderita oleh seseorang yang masih berusia muda.

Hal ini didasarkan pada penyebab apa yang mengakibatkan munculnya sakit pinggang. Biasanya sakit pinggang pada orang yang telah berusia lanjut yaitu memasuki usia 30 tahun sampai usia 50 tahun bisa disebabkan oleh melemahnya beberapa fungsi organ tubuh seperti menurunnya kekuatan otot, menurunnya kekuatan tulang serta sendi-sendi tubuh, sehingga hal ini menyebabkan rentannya terjadi cedera atau sakit pada beberapa bagian tubuh seperti pada pinggang, pinggul, maupun punggung bagian bawah.

Selain faktor usia, seseorang bisa terkena sakit pinggang juga bisa karena adanya beberapa gangguan diantaranya seperti gangguan pada sendi-sendi, gangguan pada otot, gangguan pada tulang belakang, dan bisa juga disebabkan adanya gangguan pada organ ginjal.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Gejala Sakit Pinggang

Sakit pinggang memilikio beberapa gejala atau tanda yang muncul. Gejala sakit pinggang beragam keran hal ini tergantung pada penyebab munculnya sakit pinggang itu sendiri. Rasa sakit atau rasa nyeri akibat sakit pinggang bisa berkumpul pada satu titik dan juga dapat menyebar pada beberapa titik, dapat bersifat ringan, sedang, maupun bisa sampai parah, serta bisa sebentar maupun juga dapat berkelanjutan. Sakit pinggang itu sendiri bisa menyebar pada beberapa titik diantaranya seperti pada bagian bokong, paha, punggung bagian bawah, maupun pada pinggul.

Selain itu, sakit pinggang biasanya mengakibatkan seseorang sulit untuk sekedar bersandar ataupun membungkuk. Hal ini umumnya terjadi karena adanya kejang pada otot-otot dibagian tulang belakang yang mengakibatkan pinggang terasa kaku. Apabila sudah terjadi kejang serta terasa nyeri biasanya menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan pada pinggang dan postur tubuh pada penderita.

Penyebab Sakit Pinggang

Sakit pinggang memiliki berbagai macam jenis. Hal ini didasarkan pada penyebab sakit pinggang itu sendiri. Sehingga hal ini menyebabkan penanganan pada setiap penderita sakit pinggang berbeda-beda. Oleh karena itu, jika anda belum mengetahui apa penyebab sakit pinggang yang anda derita, sebaiknya anda periksakan ke dokter untuk mendiagnosa penyebab sakit pinggang anda.

Namun secara umum, ada beberapa penyebab sakit pinggang yang biasanya sering terjadi. Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit pinggang yang umum terjadi:

  1. Sakit Pinggang disebabkan gangguan pada otot serta ligamen / jaringan penyokong

Penyebab sakit pinggang bisa terjadi karena adanya gangguan yang terjadi pada otot-otot ligamen atau pada jaringan penyokong pada tubuh. Biasanya hal ini terjadi akibat adanya gerakan yang berulang misalnya seperti sering mengangkat barang yang terlalu berat, menggerakkan badan secara berlebihan dengan tiba-tiba dan gerakan yang tak lazim lainnya.

  1. Sakit pinggang disebabkan penonjolan / robeknya bantalan pada tulang belakang

Biasanya penyebab sakit pinggang bisa dikarenakan saat mengangkat benda yang berat atau mengangkat sesuatu yang tidak pada posisi yang ergonomis. Hal ini terjadi karena disebabkan adanya penonjolan atau robeknya bantalan pada tulang belakang sehingga menyebabkan adanya rasa nyeri pada pinggang.

  1. Sakit Pinggang disebabkan radang pada sendi atau Arthritis

Nyeri pada pinggang bisa juga disebabkan karena adanya radang pada sendi tulang belakang. Hal ini bisa terjadi karena menyempitnya ruang sumsum pada tulang belakang atau biasa juga dikenal dengan spinal stenosis.

  1. Sakit Pinggang disebabkan kelainan kelengkungan pada tulang belakang

Penyebab nyeri pinggang selanjutnya yaitu adanya kelainan kelengkungan pada tulang belakang yang menyebabkan tidak normal misalnya seperti skoliosis yaitu kelainan yang menyebabkan melengkungnya tulang belakang ke samping.

  1. Sakit pinggang yang disebabkan Osteoporosis

Penyebab sakit pinggang lain yang sering terjadi adalah karena merapuhnya tulang belakang atau disebut juga dengan osteoporosis. Hal ini sering terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut.

  1. Sakit pinggang disebabkan gangguan pada ginjal

Beberapa gangguan pada ginjal yang bisa menjadi penyebab sakit pinggang yaitu infeksi pada ginjal serta batu ginjal. Gangguan ginjal seperti batu ginjal umumnya ditandai dengan adanya rasa sakit berupa nyeri tumpul atau biasa dikenal masyarakat dengan kemeng. Selain itu, juga adanya nyeri ketok atau terasa sakit pengetukan pada bagian costovertebra angle.

Sedangkan pada infeksi ginjal gejalanya bisa terjadi seperti yang telah dijelaskan diatas dan ditambah lagi dengan munculnya rasa mual, menggigil, demam, gangguan saat buang air kecil, serta muntah. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak semua jenis gangguan ginjal menjadi penyebab sakit pinggang atau nyeri pinggang.

Demikian diatas adalah beberapa gejala sakit pinggang dan penyebab sakit pinggang yang biasa atau sering terjadi pada kebanyakan orang. Namun, kadangkala kita tidak mengetahui penyebab pasti yang menyebabkan sakit pinggang dan nyeri pinggang bisa muncul. Oleh karena itu, bagi anda yang memiliki gangguan pada pinggang seperti sakit pinggang dan nyeri pinggang namun masih ragu apa yang menjadi penyebabnya, sebaiknya anda untuk segera memeriksakan ke dokter terdekat untuk mendiagnosa penyebab sakit pinggang dengan pasti. Dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab sakit pinggang atau nyeri pinggang tersebut, kita bisa mengatasi dan mengobati sakit pinggang dengan cara yang tepat.

kata untuk mencari artikel ini:
  • badan panas di sertai sakit pinggang di tambah rambut rontok
  • gejalasakitpinggang
  • nyeri pinggang tiba-tiba
error: