Inilah Penyebab Jerawat Yang Sering Muncul di Wajah

Penyebab Jerawat Yang Sering Muncul di Wajah

Penyebab Jerawat Yang Sering Muncul di Wajah

Inilah Penyebab Jerawat Pada Wajah – Brikut adalah ulasan mengenai daftar penyebab jerawat yang akan membantu Anda mengetahui apa saja hal-hal yang ternyata membuat wajah menjadi kurang sedap dipandang. Jerawat memang bukan sebuah hal yang baru tetapi kehadirannya sangat meresahkan. Banyak wanita yang tidak nyaman dengan adanya jerawat di wajahnya. Jelas saja karena hal itu sangat mengikis rasa percaya diri baik di hadapan lawan jenis maupun dimana saja. Wajah penuh jerawat akan sangat mengurangi kecantikan Anda. Tampilan jadi tidak enak dipandang dan wajah terkesan kotor. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak penderita jerawat yang mengabaikan hal-hal penyebab jerawat itu.

Sebenarnya, banyak yang mengatakan kalau adanya jerawat pada wajah sangat berkaitan erat dengan kebiasaan hidup Anda. Misalnya saja pola makan yang tidak sehat dan kurang bergizi. Jelas saja karena jerawat adalah sekumpulan lemak dan minyak yang kemudian menyumbat pori-pori kulit wajah. Tidak hanya itu banyak yang mengalami jerawat pada bagian punggung. Hal itu tentu saja sangat meresahkan. Apalagi untuk perempuan, yang namanya penampilan adalah hal yang sangat penting. Daftar penyebab jerawat disini diharapkan bisa membantu Anda yang ingin mendapatkan kulit wajah mulus seperti saat remaja dulu. Biasakan sejak sekarang untuk mengikuti hidup sehat bebas alkohol, obat terlarang dan juga rokok. Hal tersebut bisa menjadi sebuah awal yang baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Daftar penyebab jerawat secara umum sebagai berikut:

  1. Bakteri yang timbul pada permukaan kulit wajah yang menyebabkan adanya infeksi
  2. Produksi minyak yang berlebih pada kelenjar minyak wajah Anda
  3. Saluran pembuangan minyak atau kelenjar tersumbat oleh lemak, kotoran dan debu

Ada banyak sekali cara mencegah jerawat yang sangat baik untuk Anda lakukan. Memulai kebiasaan baik memang tidak mudah namun jika dibiasakan maka semuanya akan memberikan dampak yang sangat positif bagi kehidupan Anda.

  • Perbanyaklah konsumsi air putih
  • Hindari makanan yang mengandung MSG, pengawet dan pewarna berbahaya
  • Makanlah makanan segar dan fresh seperti sayuran dan buah
  • Olahraga dengan teratur
  • Konsumsi vitamin C dan E untuk kulit Anda
  • Gunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan type kulit apakah kering, berminyak atau normal
  • Jangan merokok dan konsumsi alcohol
  • Kelola stress dengan benar
  • Gunakan pelindung dengan SPF untuk wajah disaat siang hari
  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor
  • Segera bersihkan wajah setiap kali selesai beraktivitas

Daftar Penyebab Jerawat yang Belum Banyak Anda Ketahui

Selain daftar penyebab jerawat diatas secara umum, ada juga penyebab lainnya yang mungkin belum banyak diketahui.

  1. Penyebab Jerawat karena Faktor hormonal
Penyebab Jerawat karena Faktor hormonal

Penyebab Jerawat karena Faktor hormonal

Perubahan hormone baik bertambah atau berkurang sangat mempengaruhi kondisi kulit wajah. Dan perubahan itu bisa menyebabkan jerawat tumbuh dengan subur atau masalah lainnya. Karena itu sejak masa remaja atau masa pubertas seharusnya perawatan kulit wajah sudah mulai dilakukan baik pada perempuan atau laki-laki. Karena jika sampai pada masa puber kulit sudah terlanjur rusak maka akan sangat sulit untuk memperbaikinya kembali.

Jangan mudah tergiur dengan produk kosmetik terlebih saat kulit masih muda. Cukup bersihkan saja dengan air bersih secara teratur. Sesuaikan tahapan penggunaan skincare dengan usia Anda.

  1. Penyebab Jerawat karena Pori-pori wajah yang besar
Penyebab Jerawat karena Pori-pori wajah yang besar

Penyebab Jerawat karena Pori-pori wajah yang besar

Daftar penyebab jerawat selanjutnya adalah karena adanya pori-pori yang berukuran besar. Biasanya ini sering disebut sebagai scar atau bopeng. Penampilan akan tambah buruk dengan adanya jerawat dan wajah sangat terlihat kotor. Debu akan sangat mudah masuk ke dalam pori-pori wajah yang berukuran besar dan tentunya akan langsung menyumbat dengan sukses. Biasanya bermula dari komedo berwarna hitam atau putih lalu karena tidak bisa keluar akan menjadi jerawat.

  1. Penyebab Jerawat karena Kondisi Jenis Kulit

Daftar penyebab jerawat berikutnya karena kondisi kulit dan jenis yang Anda miliki sendiri. Perlu Anda ketahui ada jenis kulit yang memang sangat rentan dengan masalah jerawat dan teman-temannya. Biasanya jenis kulit yang mudah ditumbuhi jerawat adalah yang berminyak. Karena itu usahakan menggunakan produk yang bisa menyerap kelebihan minyak dengan baik sehingga produksi jerawat akan berkurang.

  1. Penyebab Jerawat karena Kebersihan yang kurang terjaga dengan baik

Kulit yang kotor menjadi sarang bakteri dan penyakit. Salah satunya adalah jerawat yang membandel. Karena itu usahakan untuk menjaga kulit agar tetap bersih setiap saat. Sekalipun aktivitas Anda sangat padat jangan malas membersihkan kulit secara teratur dan rutin. Mulailah dengan milk cleanser lalu toner dan sabun cuci muka. Pilih yang paling ringan dan bebas alcohol. Pilih merk yang aman dan bebas bahan berbahaya lainnya agar tidak menyebabkan komplikasi lainnya.

  1. Penyebab Jerawat karena Gaya hidup yang salah

Saat ini banyak urban people yang melakukan gaya hidup yang tidak sehat. Daftar penyebab jerawat yang satu ini terlihat sepele padahal sangat berdampak signifikan pada kerusakan kulit tubuh dan wajah Anda. Salah satu kebiasaan yang paling banyak dilakukan saat ini oleh pria dan wanita adalah merokok. Rokok sangat beracun dan berbahaya. Tidak ada manfaatnya. Selain berjerawat, rokok juga membuat wajah tampak lebih tua.

  1. Penyebab Jerawat karena Penggunaan make up dan skincare yang berlebihan atau tidak cocok

Merias diri dan merawat kecantikan kulit adalah sebuah keharusan bagi setiap wanita. Dengan begitu Anda akan selalu tampil cantik, segar dan terawat. Hanya saja terkadang ada obsesi ingin menjadi cantik yang sangat berlebihan sehingga membuat wajah justru menjadi rusak, terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya dan juga penuaan dini pada kulit wajah Anda. Pastikan gunakan make up dan skincare yang aman dan terbuat dari bahan organic agar tidak ada efek samping yang berbahaya.

  1. Penyebab Jerawat karena Infeksi

Selain itu jerawat juga seringkali disebabkan karena terjadi infeksi pada kulit. Infeksi bisa disebabkan karena Anda memencet jerawat, mengutak atik kulit yang gatal secara berlebihan, memencet komedo tanpa prosedur yang benar, dll. Jangan abaikan infeksi kulit wajah Anda karena bisa berdampak fatal. Dan biasakan mencuci tangan disaat akan menyentuh permukaan wajah Anda terlebih jika wajah sedang meradang karena jerawat dan lainnya. Kotoran pada tangan yang masuk ke dalam pori-pori sangat mungkin menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Baca Juga :

Jika Anda sudah mengetahui berbagai penyebab jerawat diatas maka sebisa mungkin hindari. Kecuali karena masalah hormonal maka Anda bisa segera konsultasi dengan dokter kulit yang berpengalaman di bidang kesehatan kulit. Jangan konsultasi dengan orang yang tidak berpengalaman karena dampaknya bisa sangat buruk. Proses pengobatan dan penyembuhan akan membutuhkan waktu namun jika dilakukan dengan benar maka hasilnya juga akan memuaskan. Daftar penyebab jerawat tadi bisa Anda hindari dengan membiasakan pola hidup baik dan benar. Dan rawatlah wajah dengan teratur setiap hari. Biasakan membersihkan wajah disaat akan tidur dan tidak menggunakan bahan perawatan yang mengandung bahan kimia yang berbahaya.

kata untuk mencari artikel ini:
  • masker penghilang jerawat
  • mengapa kelenjar minyak berkaitan erat dengan pori kulit
  • wajah penuh jerawat
error: