17 Penyebab Nafsu Makan Berkurang Yang Wajib diketahui

Penyebab Nafsu Makan Berkurang

Penyebab Nafsu Makan Berkurang

Penyebab Nafsu Makan Berkurang – Pada umumnya, seseorang yang mengalami penurunan nafsu makan sering kali disebabkan oleh karena dirinya sedang dihadapkan dengan berbagai masalah yang bisa membuatnya mengalami stres secara berlebihan. Hal seperti ini jangan dibiarkan berlarut-larut karena dapat menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari.

Tentunya kita semua tahu bahwa makan adalah kebutuhan pokok setiap manusia, karena dari makanan tubuh kita bisa mendapatkan asupan gizi dan nutrisi secara cukup. Jika tubuh kekurangan asupan gizi dan nutrisi, maka tubuh akan terasa lemas dan mudah sekali terserang penyakit karena tubuh kekurangan energi yang diserap dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya.

Ketika mengalami penurunan nafsu makan, maka sangat disarankan agar memaksakan diri untuk makan makanan sehat meskipun hanya sedikit. Karena dengan mendapatkan asupan makanan, maka tubuh dapat menyerap kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya.

Penyebab Nafsu Makan Berkurang

Ada banyak penyebab yang membuat seseorang mengalami penurunan nafsu makan, diantaranya yaitu :

  1. Terserang Demam
cara menurunkan panas demam

img : pixabay.com

Salah satu penyebab yang dapat membuat seseorang mengalami penurunan nafsu makan yaitu ketika sedang terserang demam, ketika kita sedang mengalami deman lidah menjadi terasa pahit ketika mengkonsumsi makanan. Jika sudah begini, maka sudah tentu nafsu makan pun menjadi menurun. Namun jika demam suda sembuh, biasanya nafsu makan akan kembali normal.

  1. Stres Berlebih
Sakit Kepala Belakang

Sakit Kepala Belakang

Kondisi lain yang dapat menyebabkan seseorang tidak nafsu makan yaitu sering mengalami stres berlebih, karena bagi orang yang sedang dihadapkan dengan banyak masalah sering kali tidak berselera untuk makan dan biasanya mereka sering melamun dan mengurung diri. Jika kondisi ini dibiarkan berkepanjangan tanpa dilakukan penanganan, maka sangat dikhawatirkan kondisi stres tersebut akan membuat dirinya menjadi depresi. Salah satu solusinya yaitu dengan melakukan olahraga, karena dengan berolahraga dapat mengalihkan perhatian dan membantu menghilangkan stres.

  1. Merasa Bosan

 

Bahaya Tidur Dekat Handphone

source : sehat natural

Penyebab lain yang dapat membuat seseorang kehilangan nafsu makan yaitu karena merasa bosan. Namun bukan bosan makan, melainkan bosan dengan makanan yang itu-itu saja tanpa adanya variasi menu makanan lainnya yang dapat membangkitkan selera makan. Jika memang itu masalahnya, mungkin anda harus mencoba makanan lain yang belum pernah anda makan sebelumnya dan anda bisa mencoba makan diluar atau meminta kepada pasangan anda untuk membelikan atau memasakan makanan yang berbeda. Dengan begitu, dijamin selera makan anda akan kembali meningkat.

  1. Menderita Suatu Jenis Penyakit
obat sakit perut alami

source : sehat natural

Jika kondisi nafsu makan anda berkurang atau bahkan hilang tanpa sebab dan disertai dengan adanya gejala lain, maka mungkin saja anda sedang menderita suatu penyakit tertentu seperti penyakit. Sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter. ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan nafsu makan menurun, diantaranya yaitu :

  • Penyakit Kanker

Ada beberapa jenis kanker yang dapat menyebabkan nafsu makan seseorang menurun seperti kanker rahim, kanker pankreas dan juga kanker usus besar.

  • Gagal Ginjal Kronis

Jika tubuh sudah mengidap penyakit gagal ginjal kronis, maka dapat menyebabkan hilangnya kemampuan untuk menyaring sisa-sisa metabolisme dan salah satunya seperti asam amino. Asam amino yang menumpuk dalam tubuh dapat menyebabkan sistem kotrol nafsu makan pada otak menjadi terganggu, sehingga dapat membuat seseorang tidak merasakan rasa lapar dan tidak nafsu makan. gejala lain yang ditimbulkan akibat kondisi ini yaitu tubuh menjadi lemas, sering berkeringat, sesak nafas, mengalami pembengkakan dan sering mengalami kebingungan.

  • Hepatitis

Penyakit lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kehilangan nafsu makan yaitu disebabkan oleh penyakit hepatitis. Ketika seseorang mengidap penyakit hepatitis biasanya akan menimbulkan gejala seperti urine berwarna keruh dan pekat, sering mengalami kelelahan, sakit kuning, tinja berwarna terang, demam tinggi dan berbagai gejala yang mirip dengan sakit flu.

  • Penyakit Hati Kronis

Bagi anda yang menderita penyakit hati kronis, maka gejala lain yang akan ditimbulkan yaitu mengalami penurunan nafsu makan yang disertai juga dengan penurunan berat badan dengan cepat, sering merasa mual dan ingin muntah, sakit kuning dan juga sering mengalami kelelahan.

  • Dimensia

Dimensia merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada neuron atau sel-sel dalam otak, sehingga dapat menyebabkan gejala seperti kesulitan untuk mengingat sesuatu hal sederhana seperti waktu mandi, nomor handphone sendiri dan juga ulag tahunya sendiri pun tidak ingat. Lebih parahnya lagi, mereka yang menderita penyakit dimensia ini tidak mampu untuk melakukan kegiatan mandi dan berpakaian sendiri.

  • Gagal Jantung

Penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami penurunan nafsu makan, karena orang yang menderita penyakit gagal jantung dapat mengalami seak nafas dan pembengkakan yang disebabkan oleh karena adanya penumpukan cairan dalam tubuh. Jika cairan tersebut menumpuk pada saluran pencernaan, maka dapat membuat penderitnya mengalami perut kembung, merasa selalu kenyang sehingga membuat nafsu makannya menurun.

  • Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

Penyebab menurunnya nafsu makan juga bisa disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronis atau (PPOK) orang yang menderita penyakit ini sering kali menyebabkan penderitanya mengalami penurunan nafsu makan. hal ini dikarenakan, aktivitas makan seperti menguyah dan menelan makanan sering membuat penderitanya mengalami sesak nafas semakin parah. Selain itu, gejala lain dari penyakit ini yaitu batuk-batu yang disertai dengan suara mengi.

  • Hipotiroidisme

Pada saat kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup, maka kondisi ini dapat menimbulkan gejala seperti sering mengalami sembelit, depresi, badan terasa lemas, kedinginan, kulit kering dan menyebabkan detak jantung menjadi lambat. Gejala-gejala tersebut dapat membuat mereka tidak berselera untuk makan.

  • Penyakit HIV

Virus HIV yang dapat dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh melalui cairan yang ada di dalam tubuh, virus ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada sel-sel dalam tubuh dan tubuh tidak mampu untuk melawan serangan berbagai jenis penyakit dan infeksi. Gejala yang ditimbulkan pun cukup beragam diantaranya seperti sakit flu yang berkepanjangan, sering keluar keringan dingin di malam hari, menderita sariawan di mulut dan lidah, menderita diare dan mengalami penurunan berat badan secara drastis.

  • Gangguan Metabolik

Kondisi ini dapat disebabkan oleh karena terganggunya proses metabolisme tubuh. Gejala yang ditimbulka pada seseorang yang menderita penyakit ini yaitu terjadi penurunan nafsu makan yang disertai dengan penurunan berat badan, gangguan pada pertumbuhan, muntah-muntah, mengalami kejang-kejang dan bahkan mengalami koma.

  1. Fakter Usia

Penyebab nafsu makan menurun juga sering disebabkan oleh faktor usia. Seiring bertambahnya usia, maka kemampuan indera perasa pun akan semakin menurunan dan menjadi kurang peka. Kondisi ini sering membuat banyak orang tua yang mengalami penurunan nafsu makan.

  1. Konsumsi Obat Tertentu
Obat PCC

Obat PCC

Menurunnya nafsu makan juga dapat disebabkan oleh karena efek dari mengkonsumsi jenis obat tertentu seperti fluoxetine, digoksin, quinidine dan hydralazine.

  1. Merokok dan Minum Alkohol

Merokok

Bagi pecandu rokok dan minuman beralkohol cenderung memiliki selera makan yang rendah, karena kebiasaan merokok dan minum alkohol menyebabkan selera makan menghilang. Untuk mengembalikan nafsu makan kembali normal, salah satu caranya yaitu dengan menghentikan kebiasaan merokok dan minum minuman beralokohol.

Itulah beberapa penyebab nafsu makan berkurang yang sering di alami oleh banyak orang, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu memberikan solusi terbaik untuk anda yang sedang mengalami penurunan nafsu makan.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • penyakit anggota tubuh yang menyebabkan kehilangan nafsu makan

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

17 Penyebab Nafsu Makan Berkurang Yang Wajib diketahui | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: