10 Penyebab Ngorok Saat Tidur dan Cara Menghilangkannya

Penyebab Ngorok Saat Tidur

Penyebab Ngorok Saat Tidur

10 Penyebab Ngorok atau mendengkur Saat Tidur – Memiliki kebiasaan mendengkur atau ngorok memang sering menjadi masalah yang mengganggu, terlebih bagi seseorang yang sering tidur di kamar yang sama dengan seseorang yang sering ngorok tersebut.

Tahukah anda, ternyata penyebab tidur ngorok atau mendengkur ini bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain :

  1. Akibat Tidur Terlentang

Ngorok atau mendengkur memang tidak selalu datang setiap tidur, karena ada beberapa posisi tidur tertentu yang dapat menyebabkan seseorang mengorok. Posisi tidur yang sering kali menyebabkan tidur mendengkur yaitu ketika tidur dengan posisi telentang. Pada sebagian orang sering mendengkur ketika posisi tidur telentang saja, namun ketika posisi tidurnya menyamping atau miring dapat menjadikan otot-otot dan jaringan pada tenggorokannya akan langsung naik pada saluran aliran udara. Bahkan pada lidahnya akan menjulur ke belakang dan bergetar dengan melawan anak lidah dengan posisi terkulai dan pada bagian langit-langit mulut akan menjadi lemah.

  1. Adanya Gangguan Hidung

Penyebab lain dari kebiasaan mendengkur atau ngorok saat tidur yaitu bisa disebabkan oleh karena adanya gangguan pada hidung mereka. Dari kebanyakan kasus, seseorang yang memiliki masalah poada hidung mereka, maka resiko mendengkur atau ngorok akan lebih tinggi. Beberapa masalah kesehatan atau gangguan hidung bisa berupa flu, deman atau karena adanya polip hidung. Pada saat seseorang sedang tertidur dengan posisi mulut tertutup dan hidungnya tersumbat, maka secara otomatis orang tersebut akan mengambil nafas dengan kekuatan penuh. Dengan demikian, kondisi ini dapat meningkatkan tekanan negatif dari dalam saluran udara yang dapat dilihat dari tarikan nafas yang dilakukan secara bersamaan, sehingga jaringan ini dapat terkulai kebagian belakang tenggorokan.

  1. Gangguan Tenggorokan

Gangguan pada tenggorokan merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mendengkur, gangguan kesehatan ini bisa berupa gangguan kesehatan seperti terjadinya pembesaran pada amandel dan adenoid. Ciri-ciri pembesaran pada amandel dan juga adenoid ini dapat memperbesar jaringan yang terdapat dari dalam tenggorokan dan pada akhirnya dapat menyebabkan seseorang mendengkur. Jika pada bagian bertekstur lembut pada langit-langit mulut yang terlalu panjang, maka kondisi seperti ini akan dapat mempersempit saluran hidung untuk menuju ke saluran tenggorokan pada saat seseorang bernafas sehingga dapat menimbulkan suara dengkuran.

  1. Bertambahnya Usia

Seiring bertambahnya usia dan terjadinya penuaan merupakan hal yang sudah pasti akan terjadi pada setiap orang, proses penuaan ini akan terjadi pada setiap orang seiring dengan berjalannya waktu. Pada usia tua, tentunay akan banyak perubahan yang terjadi pada tubuh manusia, tidak hanya pada bagian fisiknya saja tetapi juga pada fungsi dari organ-organ dari dalam tubuh. Faktor usia ini juga menjadi salah satu penyebab seseorang mengorok atau mendengkur saat tidur.

Hal ini dikarenakan, seiring bertambahnya usia seseorang secara otomatis tingkat kelenturan dari otot-otot dan juga jaringan dari dalam saluran aliran udara akan ikut menurun dan menyebabkan suara dengkuran saat bernafas. Faktor bertambahnya usia ini juga dapat menyebabkan tenggorokan semakin menyempit dan kekencangan pada otot tenggorokan akan semakin menurun. Kondisi ini juga sering terjadi pada wanita menopause yang telah mengalami kehilangan hormon progesteron sehingga menyebabkan terjadi penurunan terhadap kelenturan otot, sehingga pada akhirnya dapat membuat seseorang sering mendengkur saat sedang tidur.

  1. Memiliki Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Faktor berat badan berlebih, kegemukan atau obesitas merupakan salah satu penyebab ngorok saat tidur. Karena seseorang yang memiliki berat badan berlebih, di dalam tubuhnya tertimbun banyak lemak dan akan terus meningkat. Lemak-lemak tersebut akan tertimbun di beberapa bagian tubuh tertentu, salah satu bagian tubuh yang menyebabkan terjadinya dengkuran yaitu lemak yang tertimbun pada bagian leher.

  1. Akibat Mengonsumsi Obat Tidur atau Obat Penenang

Dengan mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu seperti obat tidur atau obat penenang dalam jangka waktu yang berdekatan justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Beberapa jenis obat-obatan akan menekan sistem saraf pusat, sehingga otot-otot pada tenggorokan akan menjadi semakin kendor dan menyebabkan seseorang mendengkur ketika sedang tertidur.

  1. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Seiring perkembangan jaman, maka semakin meningkatnya dunia teknologi dan bermunculan berbagai alat yang dapat memudahkan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Hal ini tentu dapat membuat seseorang menjadi malas untuk bergerak karena segala pekerjaan di dalam rumah sudah dapat dilakukan secara otomatis menggunakan alat atau mesin. Dengan demikian, maka otot-otot tubuh akan jarang digunakan dan pada akhirnya tubuh akan menjadi kurang bugar yang dapat menjadi salah satu penyebab dengkuran.

  1. Struktur Mulut

Rangkaian atau pun struktur mulut sangat mempengaruhi aliran udara ketika kita bernafas. Maka dari itu ketika orang memiliki pangkal lidah yang cukup lumayan tebal otomatis tidrunya mendengkur karena udara yang masuk cukup sulit karena menjdai sempit.

  1. Sumbatan Pada Hidung

Salah satu faktok tidur ngorok yang lainnya adalah hidung tersumbat. Dimana seseorang memiliki hidung dengan kelainan bentuk hidung (deformitas) dan mengalami hidung mampet lainnya pasti tidurnya ngorok, Sebab ketika kita tidur cenderung bernafas melalui mulut.

  1. Tumor

Untuk penyebab ngorok yang terakhir ini merupakan salahsatu kelainan atau penyakit yang harus kita hindari, jaringan abnormal yang memiliki tumor pada hidung dan tenggorokan.

Itulah beberapa penyebab seseorang mendengkur saat tidur, kebanyakan orang yang mendengkur saat tifur yaitu biasanya kaum laki-laki dan sebagian kecilnya di alami oleh para kaum perempuan. Hal ini dikarenakan, saluran tenggorokan pada laki-laki lebih sempit jika dibandingkan dengan kaum perempuan.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur Saat Tidur

Untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya yaitu :

  1. Posisi Tidur Menyamping

Untuk menghidari dengkuran saat sedang tidur, maka usahakan agar memposisikan tubuh menyamping atau miring. Selain dapat menghilangkan kebiasaan mendengkur, tidur menyamping juga dapat membuat tidur lebih nyaman dan berkualitas.

  1. Posisi Kepala sedikit lebih tinggi

Pada saat anda akan berenjak tidur, sebaiknya gunakan bantal yang cukup tinggi sehingga posisi kepala lebih tinggi dari tubuh. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi dengkuran saat tidur, karena dengan posisi kepala sejajar dengan badan saat tidur.

  1. Rutin membersihkan sinus

Dengan rutin membersihkan sinus pada saat akan tidur sangat baik untuk memperlancar sirkulasi udara yang berada di bagian sinus, karena hal ini menjadi salah satu penyebab utama dari kebiasaan mendengkur atau ngorok saat tidur. Untuk itu, pastikan anda selalu membersihkan area sinus anda sebelum tidur. Selain dapat mencegah dengkuran, cara ini juga sangat baik untuk melancarkan pernafasan ketika sedang tidur.

  1. Memiliki ventilasi udata yang baik di dalam kamar

Jika udara di dalam kamar terlalu kering bisa menjadikan reaksi dari dengkuran semakin parah. Hal ini dikarenakan, sirkulasi udara di dalam kamar tidak berjalan dengan baik dan lancar. Oleh karena itu, lakukan pengontrolan udara di dalam kamar anda dengan memperbaik ventilasi udara yang ada.

  1. Menghirup uap air panas sebelum tidur

Manfaat menghirup uap air panas sebelum tidur sangat baik untuk membersihkan rongga hidung, sehingga sistem pernafasan dapat berjalan dengan baik dan lancar. maka secara otomatis, cara ini dapat mengurangi dengkuran.

Itulah sedikit tips dan cara untuk mengurangi dengkuran saat tidur, masih banyak cara untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur yang bisa anda lakukan dan anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter jika dengkuran yang anda alami sudah parah dan sulit untuk dihilangkan.

Demikian ulasan yang dapat kami paparkan pada postingan kali ini mengenai penyebab Ngorok saat tidur dan cara mengatasinya, semoga apa yang telah kami paparkan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • penyebab ngorok
  • resep semur daging sapi sunda
  • penyebab mendengkur
  • penyebab tidur mendengkur
  • penyebab tidur ngorok
  • penyebab ngorok dan cara menghilangkannya
  • tidur ngorok
  • penyebab ngo
  • penyebab ng
  • penyebab mendeng
  • penyebab dengkur
  • orang tidur ngorok
  • orang tidur mendengkur
  • orang mengorok
  • cewek tanpa celana

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Penyebab Ngorok Saat Tidur dan Cara Menghilangkannya | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: