10 Penyebab Penyakit Asam Urat Yang Harus Diketahui

Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam Urat

10 Penyebab Penyakit Asam Urat Yang Harus Diketahui – Faktor Penyebab Asam Urat tinggi bukan hanya karena faktor makanan saja, tetapi juga bisa disebabkan oleh faktor eksternal yang mungkin tidak pernah anda duga sebelumnya. Perlu anda ketahui bahwa asam urat adalah suatu zat kimia yang diproduksi oleh tubuh ketika tubuh kita memecahkan suatu zat yang bernama zat purin.

Kandungan zat purin ini umumnya terdapat pada beberapa jenis makanan dan juga minuman seperti hati, ikan kembung, ikan asin, kacang polong dan juga kacang kering. Sedangkan pada minuman, zat purin ini bisa ditemukan pada bir. Setelah memproduksi zat purin, maka asam urat tersebut kemudian akan larut dalam darah dan akhirnya melewati organ ginjal di dalam tubuh dan sebagian besar akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui buang air kecil.

Akan tetapi jika tubuh memproduksi asam urat terlalu berlebihan yang menyebabkan ginjal tidak mampu untuk mengeluarkannya dari dalam tubuh, maka kondisi ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Salah satu masalah yang kemungkinan besar akan muncul akibat dari tingginya kadar asam urat tersebut yaitu hyperuricemia. Kadar asam urat yang terlampau tinggi bisa menyebabkan seseorang terserang gout, namun tidak semua penderita asam urat tinggi mengalami gangguan gout dan juga tidak semua penderita gout memiliki masalah dengan asam urat tinggi.

Lalu, bagaimana cara mengetahui kadar asam urat di dalam tubuh kita normal atau tidak? Cara mendeteksi tinggi atau tidaknya kadar asam urat di dalam tubuh yaitu dengan cara melakukan tes darah, biasanya dokter akan mengambil sample darah pada bagian vena yang terletak pada bagian dalam siku atau pada bagian belakang tangan. Nilai dari kadar asam urat yang berada pada batas normal untuk pria yaitu berkisar antara 3,5 sampai dengan 7,2 mg/dl, sedangkan untuk wanita nilai dari batas normal kadar asam urat dalam tubuh yaitu berkisar antara 2,6 sampai dengan 6 mg/dl.

Untuk kadar asam urat yang berada dibatas normal, maka bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti alkoholisme, asidosis, kencing manis, efek samping dari kemoterapi, olahraga secara berlebihan, hipoparatiroidisme, encok, keracunan timbal, penyakit ginjal kistik medula, leukemia, nefrolitiasis, diet kaya purin, polisitemia vera, gagal ginjal dan juga toxemia kehamilan. Sedangkan jika kadar asam urat dalam tubuh berada pada batas rendah dibawah batas normal, maka kemungkinan besar disebabkan oleh beberpaa faktor seperti melakukan diet rendah purin, sindrom fanconi, penyakit wilson dan Syndrome of inappropriate antidiuretic hormone (SIADH) secretion.

Gejala Penyakit Asam Urat Tinggi

Ada beberapa gejala yang ditimbulkan bagi anda yang memiliki asam urat tinggi, diantaranya yaitu :

  • Pada daerah persendian akan terasa nyeri, linu, ngilu, sering kesemutan, timbul pembengkakan dan juga perdangan pada persendian dengan ditandai warna kemerahan.
  • Muncul rasa nyeri pada persendian dan rasa nyeri ini seringn muncul pada pagi dan malam hari.
  • Rasa nyeri sering muncul secara berulang.
  • Persendian terasa sangat sakit ketika digerakan.
  • Bagian tubuh yang sering terserang asam urat yaitu pada jari tangan, jari kaki, pergelangan tangan, lutut, tumit dan juga siku.

Penyebab Penyakit Asam Urat Tinggi

Ada banyak sekali penyebab seseorang menderita asam urat tinggi, diantaranya yaitu :

  1. Jenis kelamin

Penderita asam urat tinggi memang bisa dialami oleh siapa saja baik oleh kaum pria maupun wanita, tetapi kaum pria memiliki resiko lebih tinggi menderita asam urat dibandingkan dengan kaum wanita. Hal ini dikarenakan, tubuh wanita memiliki hormon estrogen yang mampu mengontrol kadar asam urat dalam darah serta membantu melancarkan proses pembuangan kadar asam urat belebih keluar tubuh melalui buang air kecil. Sedangkan kadar asam urat yang diproduksi oleh tubuh pria akan meningkat selama masa pubertas.

  1. Faktor usia

Umumnya penderita asam urat ini sering dialami oleh mereka yang berusia diatas 40 tahun. Pada kaum wanita biasanya penyakit ini akan menyerang setelah melewati masa menopause, penyakit ini sangat jarang di alami oleh anak-anak dan remaja.

  1. Faktor Keturunan (Genetik)

Seseorang yang menderita penyakit asam urat, maka kemungkinan besar mereka akan mewariskan gangguan kesehatan ini pada keturunannya nanti. Hal ini dikarenakan, penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh faktor genetik.

  1. Konsumsi Obat-Obatan

Penyakit asam urat juga bisa disebabkan oleh faktor dari konsumsi jenis obat-obatan tertentu, seperti :

  • Obat Diuretik merupakan jenis obat yang biasa digunakan untuk mengobati atau menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati gagal jantung kongestif dan jenis penyakit lain.
  • Aspirin merupakan jenis obat yang biasa digunakan untuk mencegah serangan jantung dan juga stroke.
  • Konsumsi obat-obatan anti-penolakan seperti cyclosporine yang merupakan jenis obat yang biasa digunakan setelah dilakukan proses transplantasi organ tubuh dalam beberapa kondisi rematologi.
  • Konsumsi levodopa yang sering digunakan untuk menyembuhkan penderita parkinson.
  • Konsumsi niacin yang sering diberikan untuk membantu meningkatkan kolesterol baik dalam darah.
  1. Teralu banyak minum alkohol

Kebiasaan sering minum minuman beralkohol dapat beresiko dalam meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Selain itu, dengan terlalu banyak minum alkohol juga dapat beresiko terserang penyakit berbahaya seperti jantung dan kanker.

  1. Mengkonsumsi makanan tinggi zat purin

Sering mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat purin seperti daging merah, jeroan, ikan haring, ikan kalengan, teri, kembang kol, jamur dan juga kacang bisa berpotensi dalam meningkatkan kadar asam urat yang berlebih.

  1. Terkena Paparan Timbal

Sering terkena paparan timbal dalam tingkatan tinggi dapat memicu terjadinya gangguan terhadap asam urat dalam darah.

  1. Sering Minum Minuman Manis

Menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa terlalu sering dan terlalu banyak minum minuman manis atau minuman yang memiliki kandungan fruktosa dalam kadar tinggi akan sangat beresiko terserang penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan, kandungan fruktosa ini merupakan zat gula alami yang banyak ditemukan pada buah-buahan.

  1. Gangguan Kesehatan Lainnya

Bagi seseorang yang menderita penyakit diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, psoriasis, hypothyroidism (gangguan tiroid), anemia hemolitik dan juga gangguan organ ginjal. Maka orang tersebut sangat beresiko mengalami masalah asam urat.

  1. Mandi malam

Salah satu penyebab asam urat yang paling umum terjadi yaitu karena terlalu seringnya mandi di malam hari. Selain dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat, mandi malam hari juga dapat menyebabkan penyakit rematik dan juga gangguan pada sistem metabolisme tubuh.

Baca Juga : Obat Asam Urat Secara Alami

Itulah beberapa penyebab asam urat yang umum dialami oleh sebagian kalangan masyarakat, dengan anda mengetahui penyebabnya ini diharapkan anda bisa meminimalisir resiko dengan menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Dengan demikiian, resiko terkena penyakit asam urat akan semakin kecil dan anda bisa bergeak dengan bebas tanpa ada rasa sakit pada persendian anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab asam urat, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk para pembaca semua.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • asam urat 2 sangat tinggi diatas 10
  • 0bat alami untuk menurunkan panas
  • cara menurunkan panas obat tradisional
  • 10 penyebab asam urat tinggi
  • asam urat 10
  • jenis kelamin dan umur yang berpotensi mengalami asam urat
  • mandi malem berpotensi asam urat

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Penyebab Penyakit Asam Urat Yang Harus Diketahui | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: