15 Penyebab Pingsan Yang Perlu Anda diketahui

Penyebab Pingsan

Penyebab Pingsan

Penyebab Pingsan memang masih jarang diketahui oleh masyarakat umum, karena minimnya pengetahuan masyarakat mengenai apa penyebab orang pisang ini membuat masyarakat sering mengalami kebingungan untuk mengantisipasi orang yang mengalami pingsan. Pingsan adalah kondisi dimana hilangnya kesadaran dan keseimbangan tubuh, pingsan bisa terjadi secara mendadak dan bersifat sementara. Ketika seseorang mengalami pingsan, maka orang tersebut tidak akan ingat apa yang telah terjadi.

Pingsan sebenarnya dapat terjadi dengan disengaja dan ada juga yang tidak disengaja, kondisi ini biasanya seringb dikaitkan dengan kondisi dari kesehatan tubuh seseorang. Penomena pingsan ini biasanya sering kita jumpai ketika melaksanakan kegiatan upacara bendera, bahkan saat ditengah-tengah keramaian dan orang-orang saling berdesak-desakan sehingga menyebabkan seseorang mengalami pingsan atau tidak sadarkan diri.

Meskipun kondisi ini sering terjadi, tidak banyak orang yang tahu apa yang menyebabkan orang bisa pingsan. Oleh sebab itu, masyarakat perlu mengetahui faktor apa saja yang dapat menyebabkan orang pingsan sehingga masyarakat umum seperti kita bisa mengantisipasinya dengan cepat dan tepat.

Penyebab Pingsan

Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami pingsan, yaitu :

  1. Kekurangan Oksigen

Penyebab paling sering umum dan sering menimpa banyak orang yang mengalami pingsan yaitu disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan oksigen. Di tempat keramaian yang menyebabkan orang berdesak-desakan, maka pasokan oksigen akan menjadi lebih sedikit. Akibatnya aliran darah dalam tubuh yang menuju ke otak akan berkurang, kondisi inilah yang menyebabkan seseorang mengalami kehilangan kesadarannya secara tiba-tiba.

  1. Cuaca Ekstrem

Kondisi cuaca yang sangat ekstrem terlebih pada saat cuaca sedang panas menyengat membuat seseorang akan mengalami ketidakseimbangan terhadap sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme tubuh yang tidak seimbang dapat membuat seseorang mengalami kehilangan keseimbangan, sehingga dapat menyebabkan seseorang pingsan dan kehilangan kesadaran. Cuaca yang terlampau panas dapat membuat suhu tubuh semakin meningkat dan tingkat stres akan semakin meningkat, sehingga akan membuat konsentrasi berkurang dengan drastis.

  1. Dehidrasi

Orang yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan pendangan menjadi berkunang-kunang, kemudian akan jatuh pingsan. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka aliran darah dan oksigen yang menuju ke seluruh tubuh akan terhambat. Fungsi dari cairan dalam tubuh sangat bermanfaat untuk membantu dalam melancarkan peredaran darah dan oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Berkurangnya jumlah cairan di dalam tubuh dapat membuat sel-sel dan juga organ tubuh tidak akan mampu untuk menyerap nutrisi dari makanan dengan baik.

  1. Kelaparan

Ketika seseorang mengalami kelaparan, maka tubuhnya akan menjadi sangat lemas dan mudah sekali jatuh pingsan. Alasanya, ketika tubuh dalam kondisi tidak sadarkan diri, maka kadar glukosa dalam tubuh akan menurun secara drastis. Kondisi ini tentu dapat membuat tubuh seseorang menjadi lemas dan bisa menyebabkan hilang kesadaran. Kadar glukosa ini sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi dapat dipecah oleh hormon insulin dalam tubuh, sehingga jika anda jarang makan atau mengalami kelaparan maka sama saja dengan tubuh tidak mempunyai pasokan sumber energi.

  1. Perubahan Posisi Tubuh Secara Mendadak

Selain beberapa penyebab diatas, pingsan juga bisa disebabkan oleh karena melakukan perubahan posisi tubuh yang dilakukan secara mendadak. Misalnysa seperti setelah lama duduk atau jongkok, kemudian tubuh berdiri secara mendadak. Maka hal tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami pusing dan bahkan menyebabkan seseorang mengalami pingsan, ini dikarenakan aliran darah tertahan di daerah kaki sehingga membuat otak kekurangan aliran darah. Maka akibatnya, kepala akan terasa pusing dan bahkan pingsan.

  1. Anemia

Penyebab pingsan lainnya yang jarang diketahui banyak orang yaitu disebabkan oleh karena menderita penyakit anemia atau tekanan darah rendah. Salah satu gejala anemia yaitu sering mengalami pusing dan bahkan pingsan. Penyakit ini bisa di alami oleh siapa saja mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan juga lansia. Untuk mengatasi anemia, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber zat besi atau dengan mengkonsumsi vitamin penambah darah jika memang diperlukan.

  1. Perubahan Terhadap Irama Jantung

Perubahan pada ritme atau irama jantung ini bisa menyebabkan seseorang mengalami pingsan, karena kondisi ini dapat menyebabkan tejadinya seseorang mengalami fluktuasi. Fluktuasi dapat dipengaruhi oleh jumlah darah yang akan di pompa untuk dialirkan menuju ke seluruh organ tubuh, proses ini dapat menyebabkan berkurangnya jumlah pasokan darah yang akan di alirkan ke otak. Jumlah darah yang berkurang, maka pasokan oksigen juga akan ikut berkurang. Kondisi inilah yang dapat membuat seseorang mengalami pingsan, kondisi ini juga biasanya sering di alami oleh mereka yang menderita penyakit jantung.

  1. Shock atau Kaget

Mungkin anda pernah melihat adegan dalam film atau sinetron yang setelah mendegar kabar buruk, ia langsung pingsan? Kondisi ini sebenarnya bisa terjadi pada semua orang yang pernah mengalami trauma yang dapat menekan kondisi jantung. Shock sendiri merupakan suatu kondisi dimana seseorang merasa sangat kaget, sehingga membuat kerja organ jantung terganggu, bahkan shock ini akan sangat berbahaya dan bahkan menyebabkan seseorang meninggal dunia apabila orang tersebut memiliki riwayat penyakit jantung koroner. Shock akan mudah sekali membuat seseorang mengalami pingsan, namun kondisinya akan lebih cepat kembali pulih atau bisa juga terjadi secara berulang tergantung dari penyebab shock itu sendiri.

  1. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Seseorang yang menderita penyakit hipertensi juga bisa mengalami pingsan ketika tekanan darahnya sedang meningkat. Penyakit hipertensi sendiri bisa menimbulkan gejala seperti sering pusing, leher terasa kaku, jantung berdebar kencang, emosi tidak stabil dan pandangan terasa berkunang-kunang. Kondisi tekanan darah yang terlampau tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah di otak akan mengalami tekanan secara berlebih, sehingga kondisi ini dapat membuat seseorang mengalami pingsan. Lebih parahnya lagi, pingsan tersebut dapat berujung terhadap serangan stroke atau serangan jantung.

  1. Kehamilan

Penyebab pingsan berikutnya yaitu bisa terjadi pada saat wanita sedang hamil. Pingsan ini biasanya sering terjadi pada wanita yang tengah hamil muda, sedangkan pada wanita yang hamil tua jarang sekali terjadi. Penyebab pingsan saat sedang hamil ini bisa berbeda-beda, misalnya saja disebabkan oleh karena gejala anemia, kurangnya asupan gizi dan juga dapat disebabkan oleh karena posisi tidur yang telentang dalam jangka waktu lama.

Selain itu, gejala morning sickness yang berlebihan bisa menyebabkan wanita yang sedang hamil muda mengalami pingsan secara tiba-tiba. Oleh karena itu, sangat disarankan ibu hamil untuk menghindari mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas dan juga makanan yang dapat menyebabkan mual. Alangkah lebih baik jika ibu hamil mudah banyak mengkonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan kandungan vitamin B untuk mencegah ibu hamil mengalami anemia.

Penyebab Pingsan Lainnya :

  1. Pingsan juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti :
  2. Cairan elektrolit tidak seimbang dalam tubuh
  3. Efek samping akibat mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  4. Sering mengkonsumsi alkohol dan obat terlarang
  5. Pengaruh obat bius

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai beberapa penyebab pingsan yang perlu anda ketahui. Dengan anda mengetahui penyebabnya, maka anda bisa menagntisipasinya dengan baik. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

15 Penyebab Pingsan Yang Perlu Anda diketahui | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: