Inilah Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Cara-Mengatasi-Rambut-Kering

Cara Mengatasi Rambut kering – Salah satu masalah pada rambut selain rambut rontok, ada juga masalah rambut kering. Rambut kering bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Keringnya rambut bisa dipengaruhi saat rambut tidak lagi menghasilkan minyak rambut dengan alami. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya sering berjemur, kebiasaan menggunakan pengering rambut, serta kesalahan memilih produk perawatan rambut.

Penyebab Rambut Kering

Masalah rambut kering bisa dialami oleh laki-laki maupun oleh perempuan. Namun yang sering mengeluh dengan problem keringnya rambut ini adalah kebanyakan kaum perempuan. Hal tersebut bisa dipahami karena perempuan cenderung banyak menggunakan berbagai produk perawatan untuk rambutnya yang terkadang salah dalam memilih produk perawatn rambut. Beberapa kandungan bahan kimia pada produk perawatan rambut seringkali menyebabkan rambut kering, rapuh, maupun kusam. Rambut kering juga bisa diakibatkan oleh kondisi tertentu seperti saat terkena penyakit tertentu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan rambut menjadi kering, kusam, maupun rapuh:

  1. Produk Perawatan Rambut yang tidak cocok

Salah satu penyebab yang umum terjadi yang dapat menyebabkan rambut kering adalah penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok maupun produk perawatan rambut yang banyak mengandung bahan kimia tertentu. Penggunaan produk perawatan rambut yang salah secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan rambut seperti rambut menjadi kering, kusam, bercabang,rapuh, bahkan bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Usahakan untuk selektif dalam memilih produk perawatan rambut agar tidak terjadi kerusakan pada rambut. Sebaiknya pilih bahan alami atau bahan herbal yang digunakan untuk melakukan perawatan rambut.

  1. Pengaruh cuaca lingkungan

Salah satu penyebab keringnya rambut juga bisa diakibatkan oleh cuaca lingkungan anda. Rambut yang terlalu lama terpapar oleh sinar matahari yang panas dapat menyebabkan keringnya rambut.

  1. Adanya perubahan hormon

Penyebab lain yang dapat menyebabkan kering dan rapuhnya rambut adalah perubahan hormon yang terjadi pada tubuh kita. Perubahan hormon dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu saat dalam masa kehamilan, mengonsumsi pil KB, serta ketika menopause.

  1. Penggunaan alat penata rambut

Kebiasaan penggunaan alat penata rambut seperti hair dryer (alat pengering rambut), maupun alat catok rambut berpengaruh terhadap kondisi rambut. Penggunaan yang terlalu sering akan menyebabkan kesehatan rambut terganggu diantaranya rambut menjadi kering dan bercabang. Hal ini dikarenakan alat-alat penata rambut ini bekerja dengan suhu yang lumayan tinggi.

  1. Kekurangan nutrisi pada rambut

Seperti halnya tubuh kita, rambut juga perlu nutrisi agar rambut tetap sehat dan terjaga. Nutrisi rambut bisa berupa vitamin rambut untuk menjaga kesehatan rambut. Rambut yang kurang nutrisi dan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah rambut seperti rambut kering, rambut kusam, rapuh dan lainnya.

  1. Pengaruh perawatan medis tertentu

Melakukan beberapa perawatan medis ternyata dapat berdampak pada kesehatan rambut. Perawatan medis tersebut seperti pengobatan untuk penyakit kardiovaskular, penyakit hepatitis, kolesterol tinggi, eczema, serta diabetes dapat berpengaruh pada kesehatan rambut diantaranya rambut menjadi rapuh serta kering.

Cara Mengatasi Rambut Kering Secara Alami

Setelah anda memahami beberapa penyebab rambut kering serta rapuh, anda juga perlu mengetahui apa saja bahan alami atau herbal yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi atau menghilangkan rambut kering. Berikut ini adalah beberapa bahan herbal alami yang bisa anda gunakan untuk mengobati rambut kering:

  1. Minyak Olive

Salah satu bahan alami yang bisa anda pakai untuk mengatasi rambut kering secara alami adalah dengan menggunakan minyak olive atau Olive Oil. Anda dapat menggunakan minyak olive untuk perawatan pada rambut kering anda. Caranya adalah dengan menghangatkan olive oil secukupnya, lalu gunakan minyak olive tersebut dengan mengoleskan pada kulit kepala dengan jari-jari, sambil memijat kepala anda. Lakukan pijatan dengan perlahan, selama beberapa saat, lalu setelah itu bilas rambut anda dengan shampoo untuk membersihkannya.

  1. Buah Alpukat

Salah satu buah yang bisa anda manfaatkan sebagai bahan perawatan rambut adalah buah alpukat. Buah alpukat dapat anda pakai sebagai masker untuk rambut anda. Caranya, sediakan buah alpukat secukupnya. Lalu ambil dagingnya. Kemudian tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa dan ¼ gelas susu. Lalu usapkan pada pangkal rambut hingga ujung rambut. Lalu tutup kepala anda dengan menggunakan shower cap selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan menggunakan air bersih.

  1. Minyak Kelapa

Selain minyak olive atau olive oil, anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut kering. Cara penggunaannya mudah saja, gunakan minyak kelapa dengan mengoleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut, oleskan sambil melakukan pijatan perlahan. Setelah itu diamkan hingga semalam lalu bilas dengan air bersih untuk menghilangkan minyak tersebut.

  1. Telur

Bahan makanan yang bisa anda manfaatkan untuk perawatan rambut salah satunya adalah menggunakan telur. Bagian telur yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan rambut kering adalah bagian kuning telur. Kuning telur ini memiliki manfaat sebagai kondisioner alami serta untuk melembutkan rambut secara alami.

Cara menggunakannya cukup mudah, sediakan 2 butir telur. Lalu ambil kuning telurnya dan campurkan dengan minyak olive atau olive oil. Lalu aduk hingga merata. Setelah tercapur merata lalu oleskan pada rambut anda. Setelah dioleskan dengan merata, tutup kepala anda dengan shower cap, dan biarkan selama 1 jam. Setelah 1 jam bilas dengan air bersih. Sedangkan putih telur memiliki manfaat untuk melembutkan rambut yang kasar dan kering.

  1. Yogurt

Salah satu bahan yang merupakan olahan dari susu yang bisa anda gunakan untuk mengatasi atau menghilangkan masalah rambut kering adalah yogurt. Yogurt ini adalah salah satu bahan kondisioner alami untuk rambut. Anda juga dapat menggunakan yogurt sebagai masker alami untuk rambut. Cara menggunakannya, gunakan yogurt dengan mengoleskan pada kulit kepala. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih untuk membersihkannya.

  1. Buah Pisang

Selain buah alpukat, buah yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan rambut kering adalah buah pisang. Buah pisang memliki beberapa kandungan, diantaranya seperti antioksidan, potassium, serta vitamin yang berguna untuk merawat rambut kering. Cara menggunakannya, sediakan 2 buah pisang atau lebih. Lalu haluskan dengan blender, tambahkan madu, minyak kelapa serta minyak olive secukupnya. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

  1. Madu

Madu juga bisa anda gunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah rambut seperti rambut kering. Cara menggunakannya, sediakan 2 sendok makan madu, 1 sendok makan minyak kelapa, 1 sendok makan yogurt. Campurkan bahan-bahan tersebut dengan mengaduknya secara merata lalu hangatkan. Lalu oleskan pada rambut dari pangkal rambut hingga ujung rambut. Lalu tutup kepala anda dengan shower cap. Diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu cuci rambut anda dengan air bersih.

Anda juga bisa menggunakan madu untuk masker rambut anda. Caranya, dengan mencampurkan setengah gelas madu dengan 3 sendok makan minyak olive. Lalu oleskan secara merata pada rambut serta kulit kepala. Tutup kepala dengan menggunakan handuk basah dan diamkan selama setengah jam. Lalu setelah itu bersihkan rambut anda dengan shampoo dan bilas dengan air bersih.

Tips untuk mengatasi dan mencegah rambut kering

  • Selalu cucui rambut dengan air dingin
  • Hindari mencuci rambut terlalu sering
  • Hindari mengikat rambut terlalu erat
  • Hindari menyisir rambut dengan sisir plastik
  • Jangan menyisir rambut saat rambut dalam keadaan basah
  • Jangan terlalu sering mngeringkan rambut dengan mesin pengering rambut
  • Pakailah kondisioner alami setelah mencuci rambut
  • Hindari rambut terlalu sering terpapar sinar matahari
  • Hindari terlalu sering menggunakan catok rambut
  • Gunakan vitamin rambut untuk menjaga kesehatan rambut
Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • cara membuat minuman menyembuhkan pilek dan batuk
  • cara mengatasi kaum rambut terlalu tinggi
  • rambut kering penyebab kerontokan

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Inilah Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya Secara Alami | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: