10 Penyebab Rambut Rontok Yang Wajib diketahui

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok

10 Penyebab Rambut Rontok – Tahukah anda, kenapa banyak orang yang bisa mengalami rambut rontok? Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang sering di alami banyak orang, bahkan yang lebih parahnya lagi dalam satu hari mereka ada yang mengalami rambut rontok sebanyak 50 sampai dengan 100 helai rambut perharinya, sungguh menyeramkan bukan? Sebelum mencari solusi untuk mengatasi rambut rontok, maka sebaiknya anda cari tau terlebih dulu apa penyebab dari kerontokan yang terjadi. Dengan demikian, anda bisa mencari solusi terbaiknya.

Perlu anda ketahui bahwa pria cenderung beresiko mengalami kebotakan dibandingkan dengan wanita, meski demikian wanita juga bisa mengalami penipisan pada rambut. Ada banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok, untuk lebih jelasnya simak ulasan lenglapnya dibawah berikut ini.

Faktor Penyebab Rambut Rontok

Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok yang umum di alami banyak orang baik pada pria maupun wanita, yaitu :

  1. Faktor Keturunan (Genetik)

Masalah rambut rontok yang disebabkan oleh karena faktor keturunan (genetik) merupakan penyebab yang paling umum dialami banyak orang. Faktor gen ini bisa diturunkan dari salah satu anggota keluarga yang pernah mengalami kerontokan pada rambut, bagi wanita yang memiliki riwayat penipisan rambut genetik dapat mengalami penipisan rambut pada bagian garis rambut. Meskipin kondisi seperti ini umumnya mulai terjadi pada usia diatas 50 tahun, namun tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi pada usia diatas 20 tahun.

Meski demikian, pada saat terjadi kerontokan rambut akan berbarengan dengan tumbuhnya rambut baru yang berukuran sama. Tetapi rambut baru yang tumbuh tersebut memiliki tekstur yang lebih halus dan tipis dibandingkan dengan rambut yang telah rontok. Hal ini dikarenakan folikel rambut tersebut akan semakin mengecil dan dalam akhirnya pertumbuhan rambut pun akan berhenti dan berujung pada kebotakan. Untuk mencegah terjadinya kebotakan, maka anda bisa mengkonsumsi vitamin atau obat penumbuh rambut namun bagi wanita hami dan menyusui dilarang untuk mengkonsumsinya.

  1. Asupan Vitamin A Berlebih

Menurut informasi yang kami dapatkan menjelaskan bahwa terlalu banyak mendapatkan asupan vitamin A baik dari obat-obatan maupun makanan dapat memicu terjadinya kerontokan pada rambut. Untuk mengatasi kerontokan akibat dari kelebihan vitamin A ini dapat diatasi dengan mengurangi kadar vitamin A menuju ke batas normal. Batas normal angka kebutuhan asupan vitamin A pada orang dewasa dan anak-anak usia diatas 4 tahun yaitu sekitar 2,500 – 10,000 IU.

  1. Kekurangan Vitamin B

Selain bisa disebabkan karena kelebihan asupan vitamin A, rambut rontok juga bisa disebabkan oleh karena kekurangan vitamin B. Meskipun sangat jarang terjadi, tetapi untuk mengatasi kerontokan yang disebabkan oleh karena kekurangan vitamin B ini sangat mudah untuk diatasi yaitu dengan perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin B (ikan, daging, kentang, labu, jagung, kacang polong dan ubi) atau dengan minum suplemen vitamin B.

  1. Kekurangan protein

Jika tubuh mengalami kekurangan asupan protein, maka tubuh akan mengambil jatah protein dari polikel rambut sehingga dapat menyebabkan berhentinya pertumbuhan rambut baru. Gejala dari kerontokan rambut yang disebabkan kekurangan asupan protein ini akan mulai nampak 2 sampai 3 bulan ketika terjadi penurunan kadar protein dalam tubuh.

Untuk mengatasinya cukup mudah, anda hanya perlu menambah asupan makanan yang kaya akan kandungan protein seperti telur, daging dan ikan. Sedangkan bagi anda yang merupakan seorang vegetarian, maka perbanyak konsumsi makanan sumber protein seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tempe, tahu dan juga chickpea.

  1. Stress

Berbagai masalah pada gangguan fisik ataupun mental yang menyebabkan seseorang mengalami stres berat bisa menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut meskipun kondisi ini hanya bersifat sementara, kondisi ini disebut dengan Telogen Effluvium. Untuk kaum wanita yang mengalami stres akan mulau menyadari jika dirinya mengalami kerontokan pada rambut sekitar 6 bulan setelah mengalami stress. Cara mengatasi rambut rontok akibat stres dapat kembali membaik dengan sendirinya, hanya saja proses ini sangat memerlukan waktu.

  1. Anemia

Seseorang yang mengalami anemia tidak hanya akan mengalami gejala seperti kelelahan, tubuh terasa lemah, kulit pucat dan pusing. Selain itu, penyakit anemia juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut dan kondisi ini sering kali dialami oleh para wanita usia 20-49 tahun. Cara mengatasi rambut rontok akibat dari anemia yaitu dapat dilakukan dengan mencukupi asupan zat besi mulai dari mengkonsumsi makanan seperti daging merah, hati sapi, ikan, sayuran hijau, biji-bijian. Untuk reaksi yang lebih cepat, anda bisa minum suplemen atau vitamin penambah darah yang bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik.

  1. Gangguan Kelenjar Tiroid

Penyakit Hypotiroidisme merupakan jenis penyakit dimana tidak bekerjanya kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon yang berkaitan dengan sistem metabolisme, pertumbuhan dan juga perkembangan tubuh. Penyakit ini dapat menyebabkan timbulnya beberapa gejala seperti peningkatan berat badan secara tiba-tiba, sembelit, kelelahan, depresi dan juga kerontokan pada rambut. Penyakit ini lebih sering dialami oleh wanita berusia 50-an.

Cara mengatasi rambut rontok akibat penyakit Hypotiroidisme sebaiknya anda mengkonsultasikannya dengan dokter, mungkin dokter akan memberikan obat-obatan untuk mengembalikan kadar hormon agar dapat kembali ke batas normal. Setelah kadar hormon dalam tubuh telah kembali normal, maka pertumbuhan rambut akan kembali normal dan rambut pun akan semakin kuat.

  1. Penyakit autoimun

Alopecia areata merupakan suatu kondisi dimana terjadi gangguan pada autoimun dalam tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh menganggap jika rambut sebagai partikel asing yang dapat berbahaya dan akhirnya akan berbalik menyerang folikel rambut. Penyebab utama dari penyakit ini memang masih belum jelas, tetapi Alopecia areata sendiri dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita. Beberapa ilmuan beranggapan jika penyakit ini termasuk ke dalam gangguan stres.

Salah satu gejala yang ditimbulkan dari gangguan ini yaitu terjadinya kerontokan pada rambut di kulit kepala bahkan bisa menyebabkan rambut rontok berlebih yang berujung mengalami kebotakan. Cara untuk mengatasinya harus rutin melakukan pemeriksaan dokter, karena jika dibiarkan saja dapat menyebabkan timbul masalah kesehatan lain yang lebih serius.

  1. Kulit kepala yang tidak sehat

Memiliki kulit kepala yang tidak sehat memang dapat memicu munculnya berbagai masalah rambut dan kulit kepala, salah satunya rambut rontok. Kondisi kulit kepala yang menyebabkan terjadinya kerontokan bisa termasuk psoriasis, dermatitis seboroik dan infeksi jamur. Cara untuk mengatasi masalah ini tergantung dari kondisi yang sedang dialami, sehingga pengobatannya pun bisa berbeda-beda. Solusi terbaiknya yaitu dengan memeriksakan kondisi kesehatan kulit kepala, dokter akan memberikan resep obat sesuai dengan gejala-gejala yang di alami.

  1. Terlalu sering menata rambut

Peyebab rambut rontok lainnya yang sering terjadi yaitu disebabkan oleh karena terlalu sering menata rambut seperti mewarnai rambut, mencatok rambut dan perlakukan lain pada rambut yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada rambut.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok yang umum terjadi, dengan mengetahui penyebab dari rambut rontok yang anda alami, maka anda bisa mencari solusi terbaik yang tepat untuk mengatasinya secara maksimal.

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

10 Penyebab Rambut Rontok Yang Wajib diketahui | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: