Penyebab Penyakit Stroke Yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Stroke

Penyebab Stroke

Penyebab Penyakit Stroke – Stroke adalah suatu kondisi dimana terjadinya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah yang berfungsi sebagai pemasok darah ke otak, jika terjadi demikian bisa berakibat fatal sehingga menyebabkan kematian terhadap sel-sel yang ada di area otak. Stroke memang menjadi masalah kesehatan yang sangat serius, sehingga penderitanya sangat membutuhkan penanganan cepat.

Ketika terjadi sumbatan atau terputusnya aliran pasokan darah yang membawa oksigen, maka sel-sel di dalam otak akan mati. Oleh karena itu, semakin cepat penangan dilakukan tentunya resiko terjadinya kerusakan sel pun bisa di minimalisir dan bahkan resiko kematian pun bisa dhindari. Jika anda merasa mengalami gejala-gejala serangan stroke, maka sebaiknya segera kunjungi dokter atau rumah sakit terdekat agar dapat segera mendapatkan penanganan medis.

Lalu, apa saja gejala stroke yang umum terjadi?

Gejala Stroke

Ada beberapa gejala yang umum dialami oleh seseorang yang terserang stroke, diantaranya seperti :

  • Penderita akan mengalami kesulitan dalam berbicara atau bahkan tidak bisa berbicara sama sekali meski mereka terlihat sadar.
  • Posisi mata dan mulut di bagian sisi wajah tampak menurun.
  • Salah satu bagian tubuh mengalami kelumpuhan terlebih pada bagian lengan, sehingga penderita stroke sering kali mengalami kesulitan untuk mengangkat salah satu lengannya dan bahkan juga bisa terjadi pada kedua lengannya.

Perhatian :

Jika anda atau salah satu dari anda mengalami gejala-gejala diatas, maka segera kunungi dokter atau rumah sakit terdekat untuk segera mendapatkan penanganan medis.

Latar Belakang Penyakit Stroke

Otak manusia akan berfungsi dengan baik apabila suplai darah yang membawa oksigen dan nutrisi lainnya yang telah disediakan mengalir dengan lancar. namun jika alirannya terhambat atau bahkan terputus, maka seseorang yang terserang penyakit stroke bisa meninggal dunia.

Penyakit stroke sendiri terdiri dari beberapa tipe menurut jenisnya, yaitu :

  • Jika dilihat dari penyebabnya, penyakit stroke terdiri dari dua jenis yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik. Jenis stroke iskemik merupakan penyakit stroke yang disebabkan oleh karena terjadinya pemutusan terhadap pasokan darah yang disebabkan olah karena gumpalan darah, sdangkan untuk jenis stroke hemoragik bisa menyerang apabila pembuluh darah yang bekerja memasok darah menuju ke otak telah pecah.
  • Stroke Ringan atau lebih dikenal dalam dunia medis dengan sebutan TIA (Transient Ischemic Attack). Jenis penyakit stroke ini bisa terjadi ketika terjadi gangguan sesaat terhadap pasokan darah menuju ke otak, kondisi seperti ini sering kali menyebabkan penderitanya mengalami pusing dan sakit kepala, daya penglihatan menjadi kabur, daya penglihatan ganda, tubuh terasa lemas danb mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.
  • Meskipun gejala stroke yang ditimbulkan hanya sesaat, namun tetap saja harus segera ditangani dengan baik, karena gejala ini bisa menjadi sebuah peringatan ketika akan terjadi serangan stroke yang lebih parah.

Bagi orang-orang yang sering merokok, jarang melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan juga memiliki pola makan yang tidak sehat ternyata sangat rentan dan beresiko tinggi terserang stroke. Tidak hanya itu, bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan gangguan pada sirkulasi darah yang disebabkan oleh karena tekanana darah tinggi juga sangat beresiko menderita stroke.

Penyebab Stroke

Sebenarnya sebagian besar dari penyebab stroke sendiri masih dapat dicegah dengan cara menerapkan pola hidup yang sehat. Kendati demikian, ada beberapa penyebab penyakit stroke yang tidak bisa diubah dalam mencegahnya yaitu :

  • Bagi anda yang pernah menderita penyakit TIA (Transient Ischemic Attack) atau disebut dengan stroke ringan dan juga serangan jantung, maka resiko anda untuk menderita penyakit stroke yang serius akan lebih tinggi.
  • Resiko lain anda bisa terserang stroke yang lebih tinggi apabila di dalam riwayat keluarga anda ada yang pernah menderita penyakit stroke.
  • Resiko terserang penyakit stroke rentan menyerang pada usia diatas 65 tahun, meskipun sebagian kasus ada yang terserang di usia yang lebih muda.
  • Bagi anda yang didiagonsa menderita penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi sangat rentan terkena penyakit stroke.

Stroke iskemik

Stroke iskemik bisa terjadi pada saat sirkulasi darah tersumbat atau terhenti akibat dari terbentuknya gumpalan darah, darah sangat mudah menggumpal pada saluran pembuluh darah dimana adanya timbunan kadar kolesterol atau akibat dari adanya kerusakan pada dinding pembuluh darah arteri.

Ada beberapa hal yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan pembuluh darah yang dapat memicu seseorang terserang penyakit stroke iskemik, yaitu :

  • Menderita tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Menderita kadar kolesterol tinggi
  • Menderita penyakit diabetes atau kadar gula darah yang terlalu tinggi dan tidak dapat terkontrol dengan baik oleh tubuh, sehingga dapat berdampak buruk bagi kesehatan pada dinding pembuluh darah.

Detak dari organ jantung yang tidak teratur atau dikenal dalam istilah medis dengan sebutan fibrilasi atrium merupakan salah satu penyebab seseorang terserang penyakit stroke iskemik. Akibat dari detak jantung yang tidak teratur, maka sirkulasi darah pada penderita fibrilasi atrium bisa terganggu dan menyebabkan serangan stroke iskemik.

Pada pembuluh darah arteri juga bisa mengalami penyempitan seiring dengan bertambahnya usia, bahkan proses penyempitan pada pembuluh darah arteri akan menjadi lebih cepat jika anda :

  • Memiliki berat badan berlebih (obesitas)
  • Sering mengkonsumsi alkohol secara berlebihan
  • Sering merokok
  • Memiliki kadar kolesterol tinggi
  • Memiliki riwayat penyakit jantung dan diabetes dalam keluarga

Bagi mereka yang masih berusia muda, resiko terserang penyakit stroke iskemik akan semakin meningkat akibat dari penggunaan obat-obatan tertentu dan juga akibat dari cedera di kepala yang baru terjadi.

Stroke Hemoragik

Penyakit Stroke Hemoragik bisa menyerang pada saat mengalami pecah pembuluh darah di otak dan tejadi pendarahan. Jika pendarahan yang terjadi pada permukaan otak mencapai lima persen, maka pendarahan tersebut dikenal istilah pendarahan subarachnoid. Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi penyebab paling utama dari penyakit stroke hemoragik. Hal ini dikarenakan, tekanan darah yang terlampau tinggi akan menjadikan arteri yang ada di area otak akan melemah sehingga sangat rentan pecah.

Penyebab tekanan darah tinggi umumnya disebabkan oleh kebiasaan merokok, jarang berolahraga, konsumsi alkohol secara berlebihan, memiliki berat badan berlebih dan juga stres. Selain itu, penderita penyakit diabetes, aritmia (ritme detak jantung yang tidak teratur) dan juga penyakit katup jantung juga sangat rentan terserang penyakit stroke hemoragik.

Serangan stroke hemoragik dapat menyerang akibat dari pecahnya pembuluh darah yang telah membengkak dan menggelembung atau dikenal dalam istilah medis dengan sebutan aneurisma. Mengalami trauma atau cedera pada bagian kepala ternyata dapat menjadi salah satu penyebab dari penyakit stroke hemoragik. Medki demikian, pada beberapa kasus juga pernah terjadi pendarahan di dalam selaput otak meski tidak ada tanda-tanda adanya trauma. Kondisi seperti ini biasanya sering dialami oleh para orang tua dan kondisi tersebut dikenal dengan istilah hematoma subdural.

Selain itu, anda juga harus berhati-hati ketika akan mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu seperti obat untuk mencegah pembekuan darah atau jenis obat antikoagulan karena dapat memicu penyakit stroke hemoragik dengan membuat darah akan sangat sulit menggumpal. Sehingga, jika terjadi pendarahan akan sulit berhenti.

Demikianlah ulasan yang dapat kami paparkan mengenai penyebab stroke, semoga ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi anda semua.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • penyebab yg paling cepat setrok

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Penyebab Penyakit Stroke Yang Perlu Anda Ketahui | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: