8 Pewarna Makanan Alami Yang Aman Konsumsi

Pewarna Makanan Alami

Pewarna Makanan Alami

Daftar Pewarna Makanan Alami

8 Pewarna Makanan Alami Yang Aman Konsumsi – Jika anda sedang mencari pewarna makanan yang aman untuk kesehatan, maka pilihlah cara alami yang terbukti lebih sehat dan bebas dari efek samping. Meskipun pewarna makanan sintetis sudah lulus uji kelayakan dari BPOM, tetapi sampai saat ini masih saja banyak orang yang merasa resah dan takut memakai pewarna makanan sintetis. Namun untuk meminimalisir terjadinya resiko, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan pewarna makanan dari bahan alami yang lebih aman dan menyehatkan.

Seperti yang kita tahu bahwa pewarna makanan sendiri merupakan salah satu zat aktif yang digunakan sebagai pewarna makanan ataupun minuman. Tampilan warna yang dihasilkan dari pewarna sintetis memang lebih menarik dan bervariasi, pewarna tersebut terdiri dari beberapa bentuk mulai dari serbuk, pasta, cairan dan juga gel. Dari beberapa jenis dan merk pewarna sintetis ini ada yang diperbolehkan namun harus dibatasi dalam penggunaannya.

Pada pewarna sintetis mengandung beberapa bahan seperti tartrazin, hijau FCF, cokelat HT, merah allura, karmoisin dan masih banyak lagi bahan lainnya yang digunakan. Penggunaan secara berlebihan dan sering akan berdampak buruk bagi ksehatan tubuh, sehingga penggunaannya haruslah dibatasi. Namun jika anda ingin terbebas dari resiko penggunaan pewarna makanan tersebut, maka mulai dari sekarang ganti pewarna makanan yang biasa anda gunakan dengan bahan-bahan alami dari alam yang terbukti lebih sehat.

Pewarna makanan alami juga tidak kalah bagus dan mampu menghasilkan warna yang menarik, bahkan pewarna alami mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh baik anak-anak maupun dewasa. Penasaran, bahan alami apa saja yang bisa digunakan sebagai pewarna alami? Simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

Daftar Pewarna Makanan Alami Yang Aman Digunakan

  • Warna Merah
Umbit Bit

Umbit Bit

Jika anda membutuhkan pewarna makanan alami berwarna merah, maka untuk mendapatkannya anda bisa menggunakan bahan dari umbi bit. Umbit Bit merupakan salah satu jenis saturan yang mengandung gizi cukup tinggi dan memiliki warna merah yang cukup kuat. Selain itu, warna merah dari umbi bit ini cukup cerah dan yang paling penting dengan menambahkan warna merah dari umbi bit tidak akan mempengaruhi rasa dari makanan yang kita buat.

Cara membuat pewarna makanan warna merah dari umbi bit yaitu dengan menghaluskan umbit bit seperti kita membuat minuman jus atau anda juga bisa merebusnya dengan air yang sedikit saja sampai air rebusannya berwarna merah pekat. Setelah itu, air rebusan atau air jus umbi bit tersebut bisa dicampurkan dengan bahan makan yang akan kita buat.

  • Warna Oranye
manfaat dan khasiat wortel bagi kesehatan

Wortel

Untuk membuat pewarna makanan berwarna oranye, maka bahan alami yang bisa digunakan yaitu dengan wortel. Cara membuat pewarna makanan darui wortel juga sama dengan cara diatas yaitu dengan metode jus, namun karena wortel memiliki rasa sedikit manis sebaiknya pilih kue yang cocok dengan warna oranye dari wortel ini.

  • Warna Kuning
Kunyit

Kunyit

Bahan makanan atau bahan alami yang memiliki warna kuning pekat dan sering digunakan sebagai bahan pewarna makanan alami berwarna kuning yaitu kunyit, bumbu dapur ini sudah sering digunakan untuk memasak masakan berkuah dan bersantan. Selain bisa didapat dari kunyit, pewarna makanan alami berwarna kuning juga bisa didapatkan dari bahan lain seperti labu kuning ataupun dari singkong kuning.

  • Warna Hijau
daun pandan

daun pandan

Kemudian jika anda sedang mencari pewarna makanan yang memiliki warna hijau yaitu bisa menggunakan bahan makan seperti bayam, di dalam daun bayam mengandung zat hijau yang pekat dan kua. Zat hijau tersebut berasal dari kandungan zat klorofil yang dapat memberikan warna hijau yang cerah dan menarik. Selain menggunakan bayam, anda juga bisa menggunakan bahan alami lain seperti daun cingcau, daun pandan atau daun dodi.

Cara membuatnya cukup mudah, anda hanya perlu menumbuk daun bayam atau daun lain yang telah kami sebutkan tadi. Kemudian rendam dengan sedikit air dan remas-remas sampai airnya berubah menjadi hijau pekat. Saring dan gunakan air saringannya sebagai bahan campuran pada makanan yang akan diwarnai.

  • Warna Biru
kubis

kubis

Jika anda ingin membuat pewarna makanan berwarna biru, maka anda bisa memanfaatkan kubis yang dapat menghasilkan warna biru cerah dan alami. Namun dalam proses pembuatannya, diperlukan kesabaran ekstrak.

Cara membuatnya yaitu :

Pertama-tama siapkan panci berukuran besar dan isi dengan air sebanyak 6 gelas. Setelah itu, masukan potongan kubis dan rebus hingga mendidih. Jangan lupa untuk menutup panci dengan rapat dan gunakan api kecil saja. Setelah air mendidih, angkat dan saring air rebusan kubis tersebut untuk digunakan sebagai pewarna makanan alami. Pada awalnya air akan berwarna ungu, namun beri sedikit baking soda dan air akan berubah warna menjadi biru cerah.

  • Merah Muda
buah strawberry

buah strawberry

Jika anda membutuhkan pewarna makanan berwarna merah muda dan mengambil dari buah bit, maka hasilnya tidak akan begitu bagus. Warna merah muda atau pink bisa anda dapatkan dari buah strawberry atau raspberry.

Cara membuatnya yaitu dengan menghaluskan buah strawberry menggunakan blender, lalu saring jus buah strawberry tersebut menggunakan saringan yang halus. Setelah itu, panaskan hasil saringan tadi diatas api kecil agar warnanya menjadi lebih kuat. Selain memiliki warna yang bagus, aroma dari pewarna makanan alami ini juga lebih segar.

  • Warna Ungu
Kembang sepatu

Kembang sepatu

Jika anda membutuhkan perwarna makanan berwarna ungu, maka bisa anda dapatkan dari bahan alami kembang sepatu. Kembang sepatu merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki warna yang cantik, warna ungun yang dihasilkannya lebih cerah dan kuat, bahkan kandungan nutrisi yang terkandung di dalam bunga sepatu ini cukup banyak dan baik bagi kesehatan tubuh. Maka selain dapat dijadikan sebagai bahan pewarna makanan alami, tubuh pun akan terhindari dari berbagai jenis penyakit seperti darah tinggi, penyakit jantung, kanker dan juga stroke dengan mengkonsumsi makanan yang menggunakan pewarna dari bunga sepatu ini.

Cara membuatnya yaitu, siapkan beberapa kuntum bunga sepatu segar, kemudian haluskan dan campurkan dengan sedikit air. Setelah itu, peras airnya dan gunakan sebagai bahan pewarna makanan yang akan anda buat.

  • Warna Cokelat
biji coklat

biji coklat

Siapa coba yang tidak suka dengan cokelat? Hampir semua orang pastinya suka dengan makanan yang satu ini. Selain memiliki rasa yang enak dan manis, cokelat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. cokelat sendiri sering dijadikan sebagai bahan campuran dalam membuat kue ataupun roti. Untuk mendapatkan pewarna makanan berwarna cokelat, anda bisa memanfaatkan biji dari buah cokelat.

Cara membuatnya yaitu, siapkan biji coklat yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, kemudian giling sampai halus dan campurkan dengan bahan makan yang akan anda buat.

Nah, itulah beberapa bahan-bahan pewarna makanan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mewarnai adonan atau bahan makanan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • pewarna makanan
  • pewarna makanan alami
  • pewarnamakananalami
  • pewarna alami warna hijau & merah
  • pewarna makanan yang aman
  • pewarna
  • merk pewarna makanan yang sehat
  • bahan pewarna makanan yang aman bagi tubuh
  • merk apa saja yang buat pewarna makanan
  • merek pewarna makanan yang aman dikonsumsi
  • membuat pewarna makanan alami
  • makanan sehat berasal dari pewarna
  • makanan apakah yang aman bagi tubuh selain obat herbal
  • warna makanan yg aman
  • bisa ga kalau pewarna makanan merah di ganti dengan rasa strawberry

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

8 Pewarna Makanan Alami Yang Aman Konsumsi | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: