Pola Makan Sehat Untuk Bebas Dari Segala Penyakit

Pola Makan Sehat Untuk Bebas Dari Segala Penyakit – Memiliki tubuh yang sehat merupakan sebuah anugerah yang patut untuk kita syukuri, karena kesehatan menjadi sesuatu yang paling berharga dan tidak akan pernah bisa tergantikan dengan apapun. Dengan memiliki tubuh yang sehat, tentunya kita semua dapat melakukan banyak hal dalam keseharian kita. Maka dari itu, mulai saat ini sebaiknya kita selalu menjaga kesehatan tubuh kita dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari dengan menjaga pola makan setiap hari dengan makanan-makanan sehat dan bergizi.

Pola Makan Sehat

Pola Makan Sehat

Sebagian dari kita mungkin masih banyak yang berfikir jika pola makan sehat itu hanya sebuah trend bagi kalangan tertentu saja, namun pada kenyataannya pernyataan tersebut salah dan sebenarnya menerapkan pola makan sehat itu menjadi suatu kebutuhan agar hidup lebih sehat dan terhindar dari penyakit baik itu penyakit ringan maupun berat.

Menerapkan pola makan sehat memang tidak dapat menjamin jika kita akan terbebas dari penyakit, namun setidaknya jika kita memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari mampu meminimalisir resiko kemungkinan seseorang terserang penyakit. Karena, sebagian besar jenis penyakit dapat disebabkan oleh faktor makanan yang tidak sehat.

Beberapa jenis penyakit yang dapat dipicu oleh suatu makanan yaitu seperti kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes dan juga stroke. Maka dari itu, dengan menghindari makanan-makanan tertentu yang dapat memicu penyakit tentu saja resiko terserang penyakit pun akan semakin kecil.

Jadi. Apakah anda sudah siap untuk mulai menerapkan pola makan sehat setiap hari?

Nah, bagi anda yang ingin memulai menerapkan pola makan sehat, mungkin beberapa makanan dibawah ini dapat anda jadikan daftar menu makanan anda sehari-hari.

  1. Konsumsi Sayuran dan Buah-Buahan

Sayur dan buah adalah makanan yang sangat menyehatkan dan sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Kedua jenis makanan ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik dan tinggi, bahkan di dalam buah dan sayur bisa dikatakan hampir tidak ditemukan kandungan-kandungan yang berbahaya bagi tubuh kita. Semua ini akan semakin baik lagi jika sayuran dan buah-buahahn yang kita konsumsi masih segar, sehingga kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya masih tinggi dan terjaga dengan baik. Nah, jika anda ingin mendapatkan sayur dan buah yang segar dengan memetik langsung dari pohonnya, maka bisa menanamnya dan hal ini dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Mengkonsumsi sayur dan buah segar setiap hari dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan sekaligus menjaga kondisi tubuh.

  1. Konsumsi Daging dan Ikan

Selain bisa kita dapatkan pada sayur dan buah, kandungan protein juga bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi daging dan ikan. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah segar setiap hari sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mampu memenuhi kebutuhnan protein harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Meski demikian, namun kita harus tetap membatasi konsumsi daging karena jika terlalu berlebihan tidak baik juga untuk kesehatan.

Selain itu, kandungan protein juga dapat kita peroleh dari tumbuh-tumbuhan atau protein nabati yang dapat kita peroleh dari kacang kedekai yang telah diolah menjadi tahu. Maka dari itu, ganti menu makanan harian anda dengan mengkonsumsi makanan kaya protein. Beberapa jenis daging dan ikan yang baik untuk dikonsumsi yaitu daging merah, dada ayam tanpa kulit, ikan salmon, ikan tuna dan lain-lain.

  1. Cukupi Karbohidrat Harian

Dengan tercukupinya kebutuhan karbohidrat harian tubuh dapat menjadi salah satu sumber tenaga, namun meski begitu tidak disarankan dikonsumsi secara berlebihan. Karbohidrat yang kita konsumsi akan nantinya akan diproses menjadi glukosa, sehingga jika kandungan glukosa di dalam tubuh tidak dapat di urai dapat memicu penyakit yang berbahaya yakni penyakit diabetes.

Maka dari itu, mulai saat ini konsumsi makanan berkarbohidrat secukupnya saja. Selain mengkonsumsi nasi, anda juga bisa menggantinya dengan jagung dan juga kentang sebagai sumber karbohidrat. Bahkan kentang dan jagung adalah sumber karbohidrat terbaik, karena kedua makanan ini lebih rendah gula sehingga sangat baik di konsumsi oleh para pasien diabetes. Bagi anda para pasien diabetes, sebaiknya kentang dan jagung tersebut harus di olah dengan cara di rebus.

  1. Hilangkan Kebiasaan Mengkonsumsi Junk Food Dan Makanan Tinggi Lemak

Salah satu jenis makanan yang harus anda hindari yaitu makanan seperti junk food dan juga makanan yang mengandung lemak tinggi. Kedua jenis makanan ini sangat tidak baik untuk dikonsumsi, apalagi jika dijadikan sebagai menu makan sehari-hari mengingat makanan tersebut saat ini telah menjadi makanan paling populer di dunia termasuk di Indonesia.

  1. Minum Air Putih Secukupnya

Semua organ tubuh kita memerlukan cairan tubuh yang cukup, sehingga tubuh tidak akan mengalami dehidrasi. Cairan di dalam tubuh bisa hilang ketika kita melakukan berbagai aktivitas dan ketika tubuh mengeluarkan keringat, sehingga untuk mengganti cairan tubuh yang hilang bisa dengan minum air putih yang cukup. Kata cukup dalam hal ini tergantung dari tingkat aktivitas yang kita lakukan, karena setiap orang memiliki tingkat aktivitas yang berbeda-beda. Untuk itu, anda bisa mengetahui sendiri seberapa banyak air putih yang harus anda minum. Manfaat air putih ini sangat banyak sekali bagi tubuh kita, diantaranya yaitu dapat mencegah dehidrasi, memperlancar sistem pencernaan dan juga menjaga kesegaran tubuh selama kita beraktivitas.

  1. Mengatur Jadwal Makan

Jadwal makan yang teratur merupakan hal yang sangat penting dalam menerapkan pola makan sehat, jadwal makan yang tepat yaitu sarapan pagi pada pukul 08.00 pagi, jadwal makan siang pada pukul 13.00 dan jadwal makan malam pada pukul 19.00. Mengatur jadwal makan yang tepat dan teratur memang menjadi hal penting yang harus di perhatikan, karena secara tidak langsung akan membuat kegiatan lainnya pun menjadi lebih teratur. Selain itu, jangan biasakan tidur setelah makan terutama di malam hari. Hal ini bertujuan agar organ-organ pencernaan di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dan dapat mencegah terjadinya penimbunan lemak.

Selain dapat mencegah berbagai jenis penyakit, menerapkan pola makan sehat pun dapat mencegah penumpukan lemak yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan berlebih (obesitas). Dengan menerapkan pola makan sehat diatas dengan baik dan tepat, maka anda dapat mengontrol kesehatan tubuh anda dengan baik dan meminimalisir resiko terserang berbagai jenis penyakit berbahaya dan bahkan mematikan seeprti hal nya penyakit kolesterol tinggi, diabetes, hipertensi, stroke dan juga penyakit jantung.

Bagaimana, sudah siapkan anda untuk menghilangkan kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan siap saji dan menggantinya dengan makanan sehat dan alami?

Demikianlah ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai pola makan sehat, semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel kesehatan di Sehat-natural.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

 

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • makan sehat
  • pola makan sehat
  • pola makan
  • pola makan tidak sehat penyakit
  • Pola makan yang sehat
  • Pola makan sehat itu seperti apa
  • makanan sehat tuk mencegah supaya tidak sakit
  • pola makanan sehat
  • makan bermacam macam makanan tidak sehat
  • Kita harus selalu menjaga kesehatan diantaranya dengan menjaga pola makan agar tidak terserang penyakit kwasiorkor mer
  • kita harus selalu menjaga kesehatan diantaranya dengan menjaga pola makan agar tidak terserang penyakit kwashiorkor merupakan penyakit
  • kita harus menjaga pola makan agar tidak terserang ariosklerosis arteriosklerosis merupakan kelaianan dalam sistem sirkulasi yaitu
  • polq makan sehat
  • cara makan sehat dalam kesehatan
  • cara menjaga agar bisa makan sehat setiap hari

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Pola Makan Sehat Untuk Bebas Dari Segala Penyakit | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: