13 Penyebab Telapak Kaki Dingin dan Cara Mengatasinya

Telapak Kaki Dingin

Telapak Kaki Dingin

13 Penyebab Telapak Kaki Dingin dan Cara Mengatasinya – Telapak kaki yang terasa dingin sering di alami oleh banyak orang, meskipun gejala yang dirasakan sama namun untuk penyebab telapak kaki dingin yang mereka alami bisa berbeda-beda. Rasa dingin yang terus-menerus dan cukup lama untuk kembali hangat merupakan suatu kondisi dimana ada jenis penyakit tertentu yang menjadi pemicunya.

Penyebab telapak kaki terasa dingin dalam jangka waktu yang cukup lama dapat disebabkan oleh banyak fakto, yaitu :

Penyebab Telapak Kaki Dingin

  1. Perubahan Suhu

Telapk kaki dingin sering kali disebabkan olah karena terjadi perubahan suhu udata yang menjadi terlalu dingin, sehingga dapat mempengaruhi peredaran darah pada pembuluh darah di bagian kaki dan dapat menyebabkan telapak kaki menjadi terasa dingin. Kondisi cuaca yang dingin dapat menyebabkan reseptor yang terdapat pada permukaan kulit memberikan sinyal kepada jaringan otak supaya segera memperkecil pembuluh darah pada kaki, sehingga kaki akan terasa sangat dingin.

  1. Pengaruh Diabetes

Penderita diabetes memiliki resiko mengalami kerusakan pada jaringan saraf pada kaki, sehingga dapat menyebabkan pasokan darah yang telah berisi oksigen menjadi mengerut dan mengalami penyumbatan, sehingga akibatnya telapak kaki menjadi terasa dingin.

  1. Kekurangan Zat Besi

Penyebab telapak kaki dingin bisa disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan asupan zat besi, sehingga dapat mempengaruhi terhadap produksi trombosit yang terus berkurang. Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan, maka dapat menyebabkan kaki terasa lemas dan dingin.

  1. Alergi Udara

Telapak kaki dingin juga bisa disebabkan oleh karena alergi udara dingin, seseorang yang memiliki alergi terhadap suhu dingin dapat membuat pembuluh darahnya gampang mengerut dan terjadi penyembitan. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, maka dapat beresiko pembuluh darah di kaki mengalami penyimbatan.

  1. Terganggunya Hormon Estrogen

Bagi wanita yang mengalami kondisi seperti ini, biasanya erat kaitannya dengan hormon estrogen yang berperan dalam mengatur suhu di dalam tubuh agar tetap dalam kondisi normal dan stabil. Jika hormon estrogen tersebut terganggu dikarenakan tengah hamil atau hadi, maka dapat mempengaruhi kestabilan dari hormon tersebut. Kondisi seperti ini dapat menimbulkan rasa dingin pada telapak kaki, karena pembuluh darah pada kaki mengalami penyumbatan.

  1. Kekurangan Asupan Vitamin B12

Seseorang yang mengalami kekurangan asupan vitamin B12, maka dalam jangka panjang dapat menyebabkan sel darah merah menjadi menurun dan dapat menyebabkan sirkulasi darah terganggu pada pembuluh darah di kaki. Dengan demikian, telapak kaki akan terasa sangat dingin dan kaku.

  1. Penyakit lupus atau autoimun

seseorang yang mengidap penyakit lupus atau autoimun, maka dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan dan kerusakan pada pembuluh darah di bagian kaki, sehinga telapak kaki akan terasa dingin.

  1. Sirkulasi darah yang tidak lancar

Jika rasa dingin terasa terus menerus dalam jangka waktu yang cukup lama, maka kondisi ini bisa juga disebabkan oleh karena sirkulasi darah di kaki tidak lancar. kasus seperti ini biasanya dapat dipicu oleh karena gaya hidup yang tidak sehat dan jarang berolahraga.

  1. Darah Rendah atau Anemia

Telapak kaki yang terasa dingin bisa disebabkan oleh karena adanya hambatan pada proses suplai darah menuju ke seluruh tubuh, sehingga kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya kemampuan untuk mensuplai darah yang didorong oleh jantung. Dengan demikian, produksi sel darah merah akan samakin sedikit, sehinga menyebabkan telapak kaki terasa dingin.

  1. Sindrom carpal tunnel

Bagi anda yang memiliki rutinitas yang cukup padat dan sering mengangkat beban berat setiap harinya, maka aktivitas tersebut dapat menyebabkan aliran darah pada telapak kaki sering tersendat-sendat sehingga akan terjadi tekanan berlebih pada bagian saraf kaki. Akibatnya, maka kaki akan terasa dingin, terasa kaku dan terasa dingin.

  1. Sering Mengkonsumsi minumal beralkohol

Terlalu sering minum minuman beralkohol dapat menyebabkan sirkulasi darah yang berisi oksigen terblokir akibat dari penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah, kondisi ini dapat menimbulka gejala pada telapak kaki yang terasa dingin.

  1. Kebiasaan Buruk Merokok

Kebiasaan merokok dalam jumlah yang berlebihan dan sudah berlangsung selama bertahun-tahun, maka dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah di sekitar kaki, sehingga dapat menyebabkan kaki terasa dingin.

  1. Konsumsi obat penurun darah tinggi

Mengkonsumsi obat darah tinggi dalam jumlah berlebih tanpa mengikuti anjuran dari dokter dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi terganggu, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tidak lancar.

Penyebab lainnya, yaitu :

  • Sindrom raynaud
  • Gangguan tiroid
  • Dehidrasi berat
  • Tekanan darah sering berubah ubah
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit jantung
  • Infeksi virus
  • Faktor usia
  • Aktifitas yang relatif statis

Cara Mengatasi Telapak Kaki Dingin Secara Alami

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi telapak kaki yang terasa dingin, diantarannya yaitu :

  1. Rendam kaki

Cara yang pertama, anda bisa merendam kaki di dalam baskom atau ember yang bersi air hangat dan dicampur dengan bahan alami lain seperti garam dan air perasan lemon. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur, dalam beberapa waktu akan ada hasilnya, peredaran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan kaki sudah tidak dingin lagi.

  1. Hindari Stres

Seseorang sering mengalami stres, maka dapat menyebabkan saraf dan aliran darah menjad ikut terganggu. Pada awalnya, bagian tubuh yan paling sering terserang yaitu sistem saraf dalam tubuh yang menuju kepala, tetapi kondisi ini juga dapat mempengaruhi peredaran darah lain menjadi terhambat dan akhirnya akan menyebabkan muncul rasa dingin pada bagian tubuh termasuk pada telapak kaki.

  1. Gunakan Kaos Kaki

Ketika telapak kaki anda terasa dingin dan kaku, maka sebaiknya gunakan kaos kaki ketika tidur di malam hari atau pada saat musim penghujan. Dengan begitu, maka telapak kaki anda akan terasa lebih hangat dan pastikan di dalam rumah anda memakai sandal agar terasa lebih nyaman dan tidak dingin saat menginjak keramik. Agar terasa lebih hangat dan nyaman, anda bisa mengoleskan minyak kayu putih terlebih dahulu sebelum memakai kaos kaki.

  1. Rajin Olahraga

Dengan rajin berolahraga, maka tubuh akan mendapatkan suplai oksigen lebih banyak dan dapat membantu mengontol pembuluh darah pada kaki agar tetap stabil. Selain itu, dengan rajib erolahraga suplai oksigen ke kaki juga akan terus tercukupi, sehingga anda akan terhindari dari rasa dingin pada telapak kaki.

  1. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Untuk mencegah telapak kaki terasa dingin, maka anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan vitamin tersebut yaitu seperti telur, ikan, kacang kedelai, susu dan juga keju. Mengkonsumsi makanan berprotein tinggi dapat membantu dalam melancarkan sirkulasi darah pada pembuluh darah dan juga melancarkan peredaran darah yang telah mengandung oksigen untuk kembali disebarkan ke seluruh tubuh.

  1. Konsumsi Makan Berserat Tinggi

Pastikan anda rutin mengkonsumsi makanan yang mengandug serat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran hijau seperti alpukat, bayam, pepaya, dan masih banyak lagi jenis buah dan sayur yang mengandung serat alami dalam kadar yang tinggi.

Itulah penjelasan singkat yang dapat kami uraikan untuk menambah pengetahuan bagi anda semua, semoga ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • telapak kaki dingin
  • penyebab telapak kaki dingin
  • obat tradisional kaki dingin
  • kaki dingin
  • cara mengatasi telapak kaki dingin kesehatan
  • penyebab kaki kedinginan
  • kaki terasa dingin kenapa ya cara mengatasi
  • kaki sering dingin kenapa ya
  • kaki selalu
  • kaki terasa dingin
  • kaki rasa dingin
  • kaki di
  • gejala apa kalau telapak kaki dingin dan apa obatnya
  • dingin di bagian kaki
  • cara mengatasi kaki dingin

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

13 Penyebab Telapak Kaki Dingin dan Cara Mengatasinya | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: