Telapak Kaki Sakit? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Telapak Kaki

Telapak Kaki

Telapak Kaki Sakit – Rasa sakit yang muncul pada telapak kaki dikenal dalam istilah medis dengan sebutan Plantar Fasciitis, rasa sakit ini bisa disebabkan oleh banyak faktor dan kondisi ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari bagi penderitanya. Rasa sakit pada telapak kaki ini biasanya akan semakin parah pada pagi hari, terlebih ketika bangun tidur dan ketika menapakan kaki ke lantai.

Penyebab Telapak Kaki Sakit

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan telapak kaki sakit atau Plantar Fasciitis, yaitu :

  1. Memiliki Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Rasa sakit seperti tertusuk duri yang muncul pada telapak kaki ini dapat disebabkan oleh karena faktor kegemukan atau berat badan berlebih. Hal ini dikarenakan, akibat dari beban berat tubuh yang terlalu berlebihan, maka telapak kaki akan sering menerima beban terlalu berat, sehingga menyebabkan telapak kaki terasa sakit.

  1. Kehamilan

Bagi ibu hamil memiliki resiko menderita rasa sakit pada telapak kaki, karena berat badan ibu hamil akan terus bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Setelah menginjak usia 9 bulan, berat tubuh akan semakin meningkat dan menyebkan telapak kaki rasa sakit pada saat berjalan.

  1. Faktor Usia

Bagi kalangan orang yang berusia diatas 40 tahun lebih sering menderita rasa sakit pada telapak kaki seakan seperti tertusuk duri.

  1. Berdiri Terlalu Lama

Mungkin sebagian dari anda sering bekerja dengan posisi berdiri seharian, terlalu lama berdiri ini dapat menyebabkan Plantar Fasciitis atau rasa sakit pada telapak kaki.

  1. Ukuran Sepatu

Plantar Fasciitis juga dapat disebabkan oleh karena memakai sepatu yang ukurannya terlalu kecil dalam jangka waktu yang terlalu lama. Untuk itu, pastikan ukuran sepatu yang anda pakai pas dan nyaman di kaki anda meski dipakai seharian.

  1. Melakukan Aktivitas Tertentu

Penyebab Plantar Fasciitis atau telapak kaki sakit juga bisa disebabkan oleh karena sering melakukan aktivitas tertentu seperti melakukan tari balet, aerobik, jalan kaki atau berlari terlalu jauh. Hal ini dikarenakan, pada saat melakukan aktivitas tersebut, kaki akan mendapatkan tekanan yang banyak, sehingga menyebabkan munculnya rasa sakit.

  1. Bentuk Kaki

Jika anda memiliki bentuk kaku yang datar, maka anda memiliki resiko menderita rasa sakit pada telapk kaki. Selain itu, bentuk kaki yang memiliki lengkungan tinggi juga memiliki resiko untuk mengalami rasa sakit tersebut.

Gejala Plantar Fasciitis

Umumnya gejala yang ditimbulkan pada penderita Plantar Fasciitis yaitu munculnya rasa sakit pada telapak kaki dan kebanyakan menyerang telapak kaki dekat tumit, kondisi seperti ini dapat terjadi pada kedua kaki dan rasa sakit yang dirasakannya seperti tertusuk duri. Rasa sakit yan paling parah sering terjadi pada saat bagun tidur di pagi hari, terutama pada saat menginjakan kaki ke lantai.

Untuk memastikan jika rasa sakit yang diderita disebabkan oleh Plantar Fasciitis, maka anda bisa mengenalinya dari beberapa gejala berikut ini.

  • Telapak kaki akan terasa sakit dan nyeri pada saat naik tangga.
  • Rasa sakit yang diderita akan terus meningkat setiap harinya.
  • Rasa sakit paling parah biasanya akan terjadi di pagi hari pada saat bagun tidur, namun setelah melangkah beberapa langkah rasa sakit akan berkurang.
  • Rasa sakit biasa di alami pada satu kaki atau bahkan dua kaki.
  • Rasa sakit akan semakin memburuk ketika terlalu sering berdiri, berjalan dan juga berlari.

Jika anda sudah merasa tidak nyaman dan rasa sakit semakin parah, maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan dokter. Jika anda tidak segera mengatasinya, maka dapat beresiko mengalami masalah yang serius seperti mengalami peradangan, pembangkakan dan rasa nyeri yang berkelanjutan.

Cara Diagnosa dan Pengobatan Plantar Fasciitis

Ketika rasa sakit telapak kaki sudah terasa mengganggu, maka metode diagnosa sangat dianjurkan untuk segera dilakukan agar dapat diketahui penyebab utama dari rasa sakit yang anda derita. Ketika akan melakukan pemeriksaan, dokter biasanya akan menanyakan gejala-gejala yang dirasakan, riwayat kesehatan anda dan juga aktivitas apa saja yang biasa anda lakukan setiap harinya. Jika memang diperlukan, biasanya dokter akan meminta kepada pasien untuk melakukan prosedur USG atau X-ray pada kaki pasien. Hal ini bertujuan untuk membantu memastikan penyebab utama jika dirasa masih kurang meyakinkan.

Cara Pengobatan Secara Medis

Jika rasa sakit pada telapak kaki yang anda derita positif Plantar Fasciitis, maka dapat segera dilakukan pengobatan medis untuk mengurangi rasa sakit dan sekaligus menyembuhkannya. Berikut ini beberapa metode pengobatan yang biasa dilakukan oleh dokter pada penderita Plantar Fasciitis, diantaranya yaitu :

  1. Suntik Steroid

Langkah pengobatan medis utama yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan suntikan kortikosteroid pada bagian telapak kaki. Selain itu, dokter juga kemungkinan akan menganjurkan pasien untuk memakai ulrasound atau USG untuk mencari letak yang tepat untuk melakukan penyuntikan.

  1. Terapi gelombang kejut extracorporeal

Langkah pengobatan lainnya yang biasa dilakukan yaitu dengan melakukan Terapi gelombang kejut extracorporeal, metode pengobatan ini dilakukan sebagai alternatif lain jika pengobatan konservatif sudah tidak efektif.

  1. Fisioterapi

Saat melakukan pengobatan ini, maka pasien sebaiknya harus didampingi dan diarahkan oleh tim medis yang sudah ahli dalam hal ini. Hal ini dikarenakan, tanpa adanya bantuan dari fasioterapis yang sudah profesional metode ini sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan sendiri.

  1. Tindakan Operasi

Lahkah pengobatan medis yang terakhir yaitu dengan melakukan tindakan operasi. Metode ini dilakukan jika pasien sudah menderita Plantar Fasciitis kronis, tetapi pasien Plantar Fasciitis yang melakukan ini masih sangat jarang. Proses pembedahan yang dilakukan yaitu bertujuan untuk melepaskan Plantar Fascia dari tulang tumit.

Cara Mengobati Plantar Fasciitis Di Rumah

Jika telapak kaki sakit masih belum terlalu parah dan masih tahap gejala ringan, maka anda masih bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah.

Caranya yaitu :

  • Pertama-tama bersihkan kaki anda dan kompres telapak kaki dengan air es minimal selama 15 menit, pengobatan ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan lakukan minimal 3 kali sehari.
  • Hindari aktivitas-aktivitas yang dapat menyebabkan telapak kaki terasa sakit, termasuk kegiatan olahraga sekalipun.
  • Gunakan sepatu dengan ukuran yang pas dan nyaman di kaki anda, karena jika terlalu sempit akan memperparah rasa sakit yang anda derita.
  • Selalu gunakan alas kaki yang empuh dan nyaman di kaki, anda juga bisa memakai sandal refleksi.
  • Gunakan bantalan sepatu yang empuk yang memiliki bentuk melengkung.
  • Konsumsi jenis obat-obatan yang bersifat anti inflamasi untuk meredakan rasa sakit seperti Ibuprofen atau Naproxen.
  • Sering melakukan olahraga ringan seperti melakukan peregangan dan senam.
  • Jangan lupa selalu gunakan sandal saat berada di dalam rumah ketika jalan-jalan dan berdiri selama berada di dalam rumah.

Itulah sedikit penjelasan mengenai telapak kaki sakit (Plantar Fasciitis), semoa informasi ini dapat bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • telapak kaki sakit
  • cara mengobati telapak kaki sakit
  • penyebab nyeri pd telapak kaki
  • obat sakit telapak kaki
  • obat sakit boyok ampuh
  • nyeri pada telapak kaki
  • mengobati telapak kaki sakit
  • kenapa telapak kako sakit saat dijalankan
  • kenapa sakit telapak kaki
  • cara pengobatin telapak sakit
  • cara mengobati telapak
  • cara menghilangkan sakit di telapak kaki akibat sepatu
  • cara mengatasi telapak kaki
  • cara mengatasi nyeri telapak kaki dan diatas telapalk tangan secara alami
  • tip mengatasi sakit telapak kaki

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Telapak Kaki Sakit? Penyebab dan Cara Mengatasinya | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: