Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat

Telapak Tangan Berkeringat

Telapak Tangan Berkeringat

Telapak Tangan Berkeringat sering kali membuat seseorang merasa kurang percaya diri dan malu ketika bersalaman. Untungnya, kondisi ini dapat dengan mudah diobati. Namun sebelum mengulas tentang cara mengobatinya, admin akan sedikit mengulas tentang penyebab telapak tangan berkeringat.

Telapak tangan yang sering berkeringat bisa menjadi suatu pertanda jika anda menderita yang namanya Primary Focal Hyperhidrosis, kondisi ini merupakan suatu tanda dimana tubuh hanya mengeluarkan keringat berlebih pada bagian tubuh tertentu saja. misalnya saja pada bagian tubuh seperti pangkal paha, ketiak, telapak kaki atau telapak tangan dan umumnya yang berkeringan bukan hanya satu bagian tubuh saja melainkan terjadi pada keduanya.

Lalu, apa saja yang menyebabkan telapak tangan sering berkeingat?

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan telapak tangan sering berkeringat, bahkan sebagian orang menganggap jika telapak tangan berkeringat dapat menjadi suatu tanda jika orang tersebut menderita penyakit jantung. Tetapi anggapan tersebut tidaklah benar dan hanya mitos. Kondisi telapak tangan yang sering berkeringat tidak memiliki kaitan dengan kondisi lainnya, tidak menandakan suatu jenis penyakit tertentu dan bukan pula penyebab dari suatu jenis penyakit atau akibat dari interaksi obat tertentu. Pada dasarnya, seseorang yang sering mengalami berkeringat pada telapak tangannya sebenarnya tidak ada masalah pada kesehatannya, hanya saja jumlah keringat yang dikeluarkan tubuh terlalu banyak atau terlalu berlebihan.

Lalu, kenapa telapak tangan sering mengeluarkan keringat berlebih? Dalam menjawab pertanyaan tersebut, para ahli medis pun masih belum mengetahui penyebab pasti dari kondisi ini. Namun mereka berasumsi jika faktor penyebab utama dari kondisi ini yaitu disebabkan oleh karena adanya masalah kecil pada fungsi sistem saraf. Saraf secara otomatis akan mengaktifkan kelenjar keringan pada tubuh kita jika tubuh terlalu bersemangat, gugup, emosional, cemas, terlalu banyak bergerak, merasa kepanasan, akibat mengkonsumsi makanan pedas atau bisa juga dipengaruhi oleh perubahan hormon dalam tubuh. ketika sistem saraf bereaksi secara berlebihan, maka tubuh kita pun dapat mengeluarkan keringat berlebih, begitupun pada telapak tangan.

Dari beberapa kasus yang pernah terjadi, telapak tangan yang sering berkeringat dapat terjadi dikarenakan faktor keturunan dari keluarga. Maka dari itu, faktor genetik atau keturunan dapat menjadi salah satu penyeban telapak tangan sering mengeluarkan keringat. Namun yang jelas, kondisi seperti ini bisa terjadi pada siapa saja baik pada kaum pria maupun wanita. Kondisi ini juga biasanya sering berkembang pada mereka yang berusia 25 tahun, namun tidak sedikit orang yang mengalami keringat berlebih pada usia anak-anak dan remaja.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Bagi anda yang merasa terganggu dengan kondisi ini, maka anda bisa mencoba mengatasi telapak tangan berkeringat dengan salah satu cara dibawah berikut ini.

  • Untuk mengurangi keringat berlebih yang keluar dari telapak tangan, sebaiknya anda menghindari beberapa faktor penyebab utamanya seperti mengkonsumsi makanan pedas atau terlalu aktif bergerak di luar rumah yang dapat menyebabkan anda merasa kepanasan.
  • Selain itu, anda juga bisa mengobatinya dengan mengoleskan salep yang mengandung aluminium chloride hexahydrate 20% yang berkhasiat untuk mencegah terbukanya pori-pori keringat. Namun sebaiknya mintalah saran dokter sebelum menggunakan salep ini, karena dapat menyebabkan atrofi (penyusutan) terhadap sel-sel yang memproduksi keringat dan tidak disarankan digunakan oleh mereka yang memiliki alergi terhadap zat yang terkandung pada salep ini. Selain itu, jangan gunakan salep ini pada bagian kulit tangan yang terdapat luka dan iritasi.
  • Obati dengan metode pengobatan iontophoresis, yaitu jenis pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan stimulasi listrik. Dalam mengobati telapak tangan berkeringat, maka tangan akan dimasukan ke dalam wadah yang berisi air dan kemudian air tersebut akan dialirkan arus listrik bertegangan rendah yang dihasilkan oleh mesin khusus. Meskipun metode pengobatan ini tidak berbahaya, namun iontophoresis dapat menimbulkan efek kesemutan. Sebelum melakukan pengobatan dengan cara ini, ada baiknya jika anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter dan tidak dianjurkan digunakan pada ibu hamil, sedang menjalani pemeriksaan dengan alat pacu jantung atau bagi yang pernah memasang implan logam dalam tubuh.
  • Apabila ketiga cara diatas masih juga belum berhasil, maka solusi atau jalan terakhir untuk mengobati telapak tangan berkeringat ini bisa dilakukan dengan tindakan operasi. Operasi ini dilakukan dengan mengangkat kelenjar keringat pada bagian ketiak, memotong beberapa bagian saraf yang berjalan pada bagian sisi samping tulang belakang yang berfungsi untuk mengatur kelenjar keringat pada bagian tangan. Tetapi tindakan operasi ini sangatlah beresiko tinggi dan sangat jarang dilakukan.

Jika anda memang merasa malu atau minder dengan kondisi ini, maka jangan ragu untuk mengkonsultasikannya dengan dokter. Terlebih jika produksi keringat berlebih tersebut terjadi pada seluruh tubuh dan dalam jumlah yang sangat banyak dan disertai dengan insomnia, sering merasa haus, kelelahan, sering buang air kecil dan batuk.

Selain dengan cara-cara diatas, cara mengatasi telapak tangan sering berkeringat juga bisa diatasi dengan cara alami. Ada beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasinya. Berikut beberapa bahan alami dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat Secara Alami

  1. Gunakan Baking Soda
Masker Baking Soda Murni

Baking Soda Murni

Baking soda merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi telapak tangan yang sering berkeringat. Kandungan alkalin yang terdapat pada baking soda ini cukup efektif untuk mengurangi produksi keringat berlebih pada telapak tangan dan juga kaki.

Caranya yaitu :

Pertama-tama bersihkan tangan dengan merendamnya di dalam wadah yang berisi air hangat minimal selama 10 menit. Setelah itu, campurkan 2 sendok teh baking soda dengan air hangat secukupnya dan aduk rata. Kemudian, oleskan krim tersebut pada telapak tangan sambil digosok-gosokan secara perlahan. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air mengalir. Lakukan pengobatan ini setiap hari sampai sembuh.

  1. Gunakan Air Mawar
Air Mawar

Air Mawar

Air mawar memang sudah sangat dipercaya memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan maupun perawatan kecantikan. Salah satu manfaat air mawar ini yaitu dapat mengatasi telapak tangan yang sering berkeringat, caranya yaitu cukup dengan membasahi kapas dengan air mawar dan gosokkan pada telapak tangan secara merata. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air mengalir sampai bersih.

  1. Gunakan Tepung Jagung atau Bedak Bayi
Tepung Jagung

Tepung Jagung

Bahan alami berikutnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi telapak tangan berkeringat yaitu dengan menggunakan tepung jagung dan bedak bayi. Caranya cukup dengan membalurkannya pada telapak tangan dan kaki yang sebelumnya telah dibersihkan terlebih dahulu, biarkan selama beberapa menit agar menyerap keringat berlebih. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sampai sembuh.

  1. Gunakan Jus Tomat
Obat Jerawat Alami Tomat

Tomat

Minum jus tomat minimal segelas sehari dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih dari dalam tubuh, atau anda juga bisa dengan cara mengoleskan jus tomat secara merata pada telapak tangan secara merata. hal ini dikarenakan, di dalam tomat mengandung sodium yang dapat mengontrol produksi keringat berlebih.

  1. Gunakan Kentang
Obat Jerawat Tradisional Kentang

Kentang

Kentang juga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi keringat berlebih pada telapak tangan. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu membalurkan parutan kentang pada telapak tangan, lalu diamkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih.

Bagaimana, cukup mudah bukan?

Demikainlah cara mengatasi telapak tangan berkeringat yang bisa anda coba lakukan dirumah, cara ini terbukti lebih aman dibandingkan dengan cara menggunakan obat-obatan kimia apalagi dengan tindakan operasi.

Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • penyebab telapak tangan berkeringat
  • cara mengobati telapak tangan yg yg tdk bisa bergerak
  • cara menyembuhkan telapak tangan berkeringat dengan baking soda
  • penyebab dan cara mencegah tangan berk
  • penyebab telapak ta

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Penyebab dan Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: