Penyebab Telapak Tangan Mengelupas & 11 Cara Mengatasinya

Penyebab Telapak Tangan Mengelupas

Penyebab Telapak Tangan Mengelupas

Penyebab Telapak Tangan Mengelupas –Telapak tangan yang mengelupas menjadi persoalan, karena menimbulkan rasa tidak nyaman, apabila terjadi secara berlebihan. Terdapat berbagai faktor penyebab kulit mengelupas. Oleh karena itu, Anda perlu untuk mengetahui penyebab telapak tangan mengelupas & cara mengatasinya, agar persoalan tersebut tidak berlanjut menjadi lebih serius. Kulit telapak tangan yang terkelupas tersebut dapat terjadi secara alami ataupun beragam persoalan lainnya. Apa sajakah penyebab terkelupasnya kulit telapak tangan? Bagaimanakah cara menanganinya? Artikel berikut merupakan jawaban untuk Anda. 

Penyebab Telapak Tangan Mengelupas & Cara Mengatasinya dengan Tepat

Proses pengelupasan telapak tangan terjadi karena pergantian kulit oleh beragam faktor. Memahami penyebab telapak tangan mengelupas & cara mengatasinya perlu dilakukan agar menimbulkan kenyamanan dalam beraktivitas. Faktor penyebabnya dapat berasal dari aktivitas sehari-hari, seperti kebiasaan untuk membawa barang berat, menggenggam bahan keras, ataupun tingkat sensitivitas kulit yang tinggi, seperti karena perubahan cuaca. Selain itu, bahan kimia juga merupakan salah satu faktor telapak tangan mengelupas, misalnya mencuci menggunakan deterjen, sabun cuci, pemutih pakaian, dan bahan pembersih lainnya, yang di dalamnya memang mengandung bahan kimia.

Adapun kulit yang terlalu kering dapat mengalami pengelupasan pada banyak bagian. Kulit pada telapak tangan yang kering juga dapat mengalaminya. Kulit kering tersebut bisa terjadi karena kurangnya konsumsi air, jenis kulit, ataupun terlalu sering terpapar sinar matahari. Faktor selanjutnya yang juga perlu diketahui adalah alergi. Apabila kulit mengalami alergi, maka dapat menimbulkan pengelupasan kulit akibat regenerasi kulit. Setelah mengetahui berbagai faktor penyebabnya, berikut ini cara mengatasi telapak tangan terkelupas.

  1. Rendam dengan Air Hangat

Merendam telapak tangan dengan air hangat dapat membuka pori-pori kulit, sehingga kelembaban kulit terjaga dan terhindar dari kulit kering. Dengan kelembaban yang cukup, maka kulit terhindar dari pengelupasan. Hal ini juga dapat diterapkan untuk kulit yang sudah terkelupas, di mana air hangat mampu melunakkan dan membantu kulit mengelupas tanpa menimbulkan luka.

  1. Menggunakan Pelembab Kulit

Mengetahui penyebab telapak tangan mengelupas & cara mengatasinya sangat diperlukan untuk mengatasi persoalan kulit terkelupas. Menggunakan pelembab kulit adalah salah satu cara menjaga kelembaban kulit, sehingga tidak mengalami pengelupasan.

  1. Mengonsumsi Madu

Madu merupakan bahan yang berkhasiat mengembalikan kelembaban kulit, sehingga menjaga kulit untuk tidak mudah mengelupas. Dalam penggunaannya, madu dapat dicampurkan dengan minyak zaitun. Caranya adalah dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dan oleskan pada area telapak tangan yang mengelupas.

  1. Memakai Kuning Telur

Pemahaman mengenai penyebab telapak tangan mengelupas & cara mengatasinya perlu dilakukan untuk menghindari kondisi yang lebih parah. Kuning telur dapat menanganinya. Kandungan protein di dalamnya mampu meregenerasi kulit, sehingga jaringan kulit lainnya tidak mati dan tidak akan mengelupas lagi.

  1. Menggunakan Mentimun

Mentimun mengandung vitamin C dan air yang cukup. Khasiatnya yang menjaga kelembaban kulit dan mengatasi peradangan mampu mengatasi persoalan telapak tangan terkelupas. Mengetahui penyebab telapak tangan mengelupas & cara mengatasinya dengan mengoleskan irisan mentimun ke kulit yang mengelupas tersebut secara rutin dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Menggunakan Air Perasan Jeruk Lemon

Jeruk lemon mengandung vitamin C yang memadai dapat membantu proses pengelupasan kulit dengan lebih cepat. Selain itu, kulit menjadi bersih dan halus. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan air perasan lemon dengan air hangat dan merendam telapak tangan ke dalam air tersebut selama beberapa menit.

  1. Memakai Minyak Zaitun

Kulit kering adalah salah satu penyebab telapak tangan mengelupas & cara mengatasinya adalah dengan minyak zaitun. Kandungan esensial dalam minyak ini berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit dan merawat jaringan kulit agar tetap kencang dan lembut. Cara penggunaannya adalah oleskan minyak pada area telapak tangan yang kulitnya mengelupas secara merata. Setelah itu, diamkan hingga mengering sendiri. Dengan demikian, jaringan kulit akan kembali sehat.

  1. Menggunakan Susu Hangat

Susu mempunyai berbagai kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, yaitu protein, vitamin E, dan nutrisi lainnya. Oleh karena itu, konsumsi susu hangat dapat mengembalikan jaringan kulit menjadi kencang, sehingga kejadian kulit mengelupas dapat ditangani. Untuk penanganan secara eksternal, yaitu dengan merendam telapak tangan ke dalam susu hangat yang diletakkan di sebuah baskom. Rendam hingga 5 menit dan bilas dengan air bersih.

Baca Juga :

  1. Menggunakan Telur, Madu, dan Almond

Kombinasi antara telur, madu, dan almond dapat mengatasi penyebab telapak tangan mengelupas & cara menanganinya dapat dilakukan dengan mencampurkan ketiga bahan tersebut. Cara membuat campurannya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh madu, tumbukan halus kacang almond, dan kuning telur. Setelah campuran jadi, Anda dapat mengoleskan campuran tersebut pada telapak tangan dan menggosokkannya secara merata. Lalu, diamkan hingga 20 menit. Selanjutnya, bilas telapak tangan dengan air hangat sampai bersih.

  1. Memakai Scrub Garam

Selain berfungsi sebagai bumbu dapur, garam mempunyai khasiat untuk menangani telapak tangan yang mengelupas. Khasiat garam adalah mampu mengangkat dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan mengelupas. Sebagai langkah efektif, maka pembuatan scrub garam dapat dipilih. Scrub garam tersebut dibuat dengan mencampurkan garam dengan jeruk lemon. Proses regenerasi kulit menjadi lebih cepat dan masalah pengelupasan kulit telapak tangan dapat teratasi. Cara penggunaannya adalah dengan melarutkan garam dengan air perasan lemon. Berikutnya, gosokkan campurannya pada telapak tangan dan diamkan selama 15 menit. Jika sudah mengering, maka bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin, sehingga telapak tangan tidak mengelupas serta tetap halus dan lembut.

  1. Mengurangi Minuman Tertentu

Makanan dan minuman dapat menjadi faktor yang menjadikan kulit telapak tangan mengelupas. Pengelupasan kulit adalah salah satu reaksi sensitivitas kulit, karena sudah mengonsumsi makanan ataupun minuman yang menimbulkan alergi. Beberapa jenis minuman mengandung kafein, soda, dan alkohol berpotensi mengurangi kelembaban kulit. kelembaban kulit yang berkurang tersebut menimbulkan kulit kering dan mudah mengelupas. Oleh karena itu, mengurangi dalam mengonsumsi minuman, seperti kopi, minuman soda, dan minuman anggur ataupun minuman beralkohol lainnya, dapat menjaga kelembaban kulit, sehingga tidak mengelupas. Selain itu, konsumsi minuman yang mengandung ketiga zat tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Pengelupasan kulit pada telapak tangan dapat menjadi serius apabila tidak segera ditangani. Ketidaknyamanan akibat kondisi telapak tangan yang kasar akibat kulit mengelupas juga mengganggu aktivitas sehari-hari. perlu diperhatikan, apabila pengelupasan kulit terus berlanjut akibat mengesampingkan sebabnya dan tidak ditangani secara serius, maka keadaan kulit semakin parah karena banyak yang terkelupas.

Akhirnya, kulit menjadi tipis dan mudah terluka. Untuk menghindari keadaan tersebut, maka perhatian dan pemahaman terkait penyebab telapak tangan mengelupas & cara mengatasinya perlu dilakukan. Beberapa cara penanganan secara efektif dan menyehatkan tersebut juga perlu untuk dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, guna menghasilkan output yang optimal.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • kulit telapak tangan mengelupas
  • telapak tangan mengelupas
  • Kulit tangan mengelupas
  • kulit tangan mengelupas dan kering
  • telapak tangan ganti kulit
  • penyebab kulit telapak tangan mengelupas
  • telapak tangan terkelupas
  • kulit telapak tangan terkelupas
  • cara mengatasi kulit telapak tangan mengelupas
  • penyebab kulit tangan mengelupas
  • obat telapak tangan mengelupas
  • penyebab telapak tangan terkelupas
  • kulit tangan terkelupas
  • obat kulit tangan mengelupas
  • kenapa kulit telapak tangan mengelupas

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Penyebab Telapak Tangan Mengelupas & 11 Cara Mengatasinya | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: