Penyebab Telinga Berdenging Secara Medis

Telinga Berdenging

Telinga Berdenging

Penyebab Telinga Berdenging Secara Medis – Pernahkah anda mendengarkan suara berdenging di telinga anda? Banyak masyarakat yang sering mengkait-kaitkan jika telinga berdenging merupakan sebuah pertanda tertentu yang akan terjadi. Padahal ternyata suara tersebut dalam dunia medis dikenal dengan sebutan Tinnitus.

Tinnitus ini dapat terjadi dengan ditandai terdengarnya dingingan atau dengungan yang berasal dari dalam telinga, namun suara tersebut biasanya akan hilang dengan sendirinya atau bisa juga bertahan cukup lama. Pada kasus yang pernah terjadi, 1 dari 100 orang pernah mengalami telinga berdenging bahkan dengingan tersebut sering kali mengganggu konsentrasi sehingga dapat membuat seseorang yang mengalaminya susah tidur hingga depresi.

Tinnitus akan terdengar semakin keras pada saat kita sedang berada di suatu tempat yang sunyi dan hening, bahkan para penderitanya akan lebih sensitif terhadap jenis suara yang sebenarnya suara tersebut masih tergolong normal bagi banyak orang. Kondisi seperti ini dalam dunia medis dikenal dengan istilah hyperacusis, namun jika suara tersebut hanya dapat terdengar oleh anda saja, maka anda mengalami telah mengalami tinnitussubyektif.

Kondisi seperti ini dapat disebabkan oleh karena adanya masalah pada telinga bagian luar, bagian tengah ataupun bagian dalam telinga. Selain itu, adanya gangguan pada saraf pendengaran atau juga bisa pada bagian otak menjadi salah satu pemicu utamanya. Tetapi jika suara tersebut masih bisa didengar oleh dokter, maka anda sudah terkena tinnitus objektif. Kondisi yang bisa dikatakan cukup langka ini dapat disebabkan oleh karena adanya masalah pada sistem pembuluh darah, kondisi kesehatan telinga bagian dalam atau karena terjadinya kontraksi otot.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak ulasan mengenai penyebab tinnitus. Penyebab tinitus sendiri terbagi menjadi dua penyebab utama, diantaranya yaitu :

Penyebab Tingkat Ringan

Berikut ini merupakan beberapa penyebab terdengarnya suara berdenging pada telinga tingkat ringan, diantaranya yaitu :

  • Akibat dari sering mendengarkan musik atau suara yang sangat keras. Pada beberapa kasus yang pernah terjadi jika penyakit tinnitus akan menjadi penyakit permanen apabila terlalu lama mendengatkan suara yang keras.
  • Telinga berdenging juga bisa disebabkan oleh karena efek dari konsumsi obat-obatan tertentu seperti minum obat aspirin, antibiotik dan juga kina.
  • Tubuh yang mengalami kekurangan nutrisi seperti zat besi, maka mereka memiliki resiko yang cukup tinggi untuk menderita penyakit Tinnitus.
  • Tinnitus juga bisa disebabkan oleh infeksi virus, jika infeksi tersebut segera di obati, maka suara tersebut akan berkurang dan hilang.
  • Gangguan telinga ini juga bisa disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menumpuk di dalam telinga, sehingga anda perlu secara rutin dan teratur membersihkan kotoran yang bada di dalam lubang telinga.
  • Stres dan depresi
  • Terjadinya penuruan terhadap daya pendengaran seiring dengan bertambahnya usia, bahkan kondisi ini bisa terjadi pada seseorang yang berusia diatas 60 tahun.
  • Telinga berdenging juga bisa disebabkan oleh karena postur tubuh, ketika kita bangkit dari posisi duduk ataupun sedang tidur, maka pergerakan tersebit dapat menyebabkan terjadinya tekanan pada saraf, otot dan juga pembuluh darah yang berada disekitar telinga.

Faktor dan Penyebab Serius

Tinnitus juga bisa disebabkan oleh karena adanya masalah kesehatan yang serius, seperti :

  • Adanya penyakit kanker atau tumor di kepala ataupun leher, sehingga dapat menyebabkan sistem pembuluh darah di bagian kepala ataupun leher menjadi tertekan.
  • Akibat dari tekanan darah tinggi.
  • Bisa juga disebabkan oleh karena terjadinya Aterosklerosis atau penyempitan pada pembuluh darah di bagian telinga akibat dari penumpukan kadar kolesterol. Seiring bertambahnya usia dan tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat menyebabkan pemuluh darah utama yang berada dekat dengan telinga di bagian tengah dan juga bagian dalam telah kehilangan tingkat elastisitasnya. Kondisi ini membuat sirkulasi darah menjadi semakin kuat dan terdengar hingga ke telinga.
  • Telinga yang berdenging juga bisa disebabkan oleh karena adanya suatu penyakit yang bernama Meniere yang disebabkan karena adanya tekanan pada koklea, yaitu struktur yang terdapat pada bagian dalam telinga. Kondisi ini dapat menyebabkan kepala sering pusingn atau vertigo, hilangnya daya pendengaran dan juga tinnitus.
  • Penyakit tumor neuroma akustik, yaitu adanya tumor jinak yang berkembang di bagian saraf kranial yang berjalan dari otak menuju ke telinga bagian dalam. Bahkan kondisi ini dapat mempengaruhi daya pendengaran anda.

Lalu, tindakan seperti apa yang harus segera dilakukan?

Jika anda mengalami kondisi seperti ini, maka sebaiknya segera lakukan tindakan dengan mengkonsultasikannya dengan dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Kemungkinan dokter akan melakukan pemeriksaan dengan menggunakan alat otoskop untuk memeriksa telinga anda. Setelah itu, dokter kemudian akan melakukan pemeriksaan pada pendengaran anda untuk memastikan adanya gangguan pendengaran atau tidak. Dalam melakukan pemeriksaan pada kasus Tinnitus atau telinga berdenging ini diantaranya yaitu otoacoustic emissions yang khusus untuk dilakukan pada anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa akan menggunakan alat pure tone audiometry. Sebagai tindakan lanjutan, kemungkinan juga akan dilakukan pemeriksaan dengan melakukan scanner pada otak.

Langkah berikut ini juga akan membantu mengurangi suara dengingan pada telinga, seperti :

  • Melakukan Relaksasi

Sering merasa cemas dan stres ternyata dapat memperparah kondisi tinnitus. Maka dari itu, cobalah untuk berpikir lebih tenang dan mencoba untuk melakukan relaksasi agar dapat mengurangi beban pikiran yang menyebabkan stres. Selain itu, anda juga bisa mencoba untuk mencari hiburan dengan pergi berlibur bersama keluarga untuk membantu mengalihkan beban pikiran yang sedang anda alami.

  • Konsumsi Obat Antidepresan

Jika anda merasa sulit untuk menghilangkan bebas pikiran yang membuat anda stres, maka solusi terbaiknya yaitu dengan mengkonsumsi obat antidepresan. Sebelum anda mengkonsumsi obat antidepresan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu untuk mendapatkan anjuran dosis yang tepat untuk anda.

  • Hindari berada di ruangan yang hening

Berdiam diri di ruangan yang hening dapat membuat suara dengingan terdengar sangat jelas, untuk menghindarinya anda bisa mendengarkan suara musik dengan volume rendah. Cara ini dapat membantu anda untuk mengalihkan suara dengingan yang anda rasakan, lakukan cara ini ketika akan tidur.

  • Menggunakan Alat Bantu Pendengaran

Setelah anda melakukan konsultasi dengan dokter THT, anda mungkin akan dianjurkan untuk memakai alat bantu pendengaran. Manfaat menggunakan alat ini dapat membuat suara-suara normal terdengar dengan sangat jelas dan mengalahkan suara dengingan yang sering anda dengarkan. Alat bantu ini sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah pendengaran seperti tinnitus atau bahkan mereka yang tuli.

Bagi anda yang mengalami telinga berdenging, maka sebaiknya segera periksakan kondisi kesehatan anda ke dokter spesialis THT agar penyebab dari masalah tersebut dapat diketahui, sehingga bisa segera dilakukan penanganan dan pengobatan dengan tepat dan kondisi tinnitus tidak semakin parah.

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai kondisi dimana anda sering mengalami telinga berdenging, semoga ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua.

kata untuk mencari artikel ini:
  • cara mengobati kuping berdenging secara medis
  • obat ampuh pilek

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Penyebab Telinga Berdenging Secara Medis | Khumaira | 4.5
error:
%d bloggers like this: