Tips Ampuh Meredakan dan Mencegah Sakit Gigi

tips meredakan dan mencegah sakit gigi

img : wikipedia.org

Tips Meredakan Sakit Gigi – Sakit gigi merupakan salah satu masalah yang membuat aktivitas sehari-hari bisa terganggu, apalagi terutama saat kita mengonsumsi makanan tertentu. Seringkali terasa nyeri dan cenut-cenut. Selain itu, sakit gigi juga menyebabkan sakit dan nyeri saat kita sedang berbicara dengan teman atau orang lain.

Pada umumnya timbulnya sakit gigi disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau kuman pada gigi yang berlubang dan gusi. Untuk mengurangi sakit gigi, anda perlu meredakan nyeri sakit gigi tersebut.

Lalu, bagaimana tips meredakan nyeri akibat sakit gigi? dan bagaimana cara mencegah sakit gigi?

Untuk mengetahuinya, simak terus pembahasannya pada artikel ini

Tips & Cara Meredakan Nyeri Sakit Gigi

Anda bisa menerapkan beberapa cara untuk meringankan nyeri akibat sakit gigi. Berikut ini adalah beberapa tips meredakan sakit gigi anda

1. Berkumur dengan air hangat

Hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk membantu meredakan nyeri saat sakit gigi adalah dengan berkumur menggunakan air hangat. Hal ini dilakukan untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi terutama gigi yang berlubang. Sisa-sisa makanan tersebut bisa menimbulkan bakteri yang memperparah sakit pada gigi jika tidak segera dibersihkan. Gunakan air hangat untuk berkumur, jangan menggunakan air dingin atau air yang panas.

2. Menempelkan Kompres dingin pada pipi

Tips sederhana lain yang bisa anda lakukan untuk membantu meredakan rasa sakit gigi adalah dengan mengkompres bagian luar mulut atau pada pipi yang terasa nyeri akibat sakit gigi. cara ini berguna untuk membantu mengurangi sakit gigi dengan mematikan rasa sakit pada gigi.

3. Berkumur Menggunakan air garam

Cara alternatif lain yang bisa anda lakukan untuk meredakan sakit gigi adalah dengan berkumur-kumur menggunakan air garam. Berkumur dengan air garam berguna untuk melawan bakteri penyebab sakit gigi. hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi lebih parah pada gigi oleh bakteri. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok garam dengan air hangat satu gelas. Lalu gunakan air garam tersebut untuk berkumur-kumur. Setelah selesai berkumur lalu buang, jangan sampai menelan air kumur-kumur tersebut.

4. Mengoleskan campuran minyak zaitun dan cengkeh

Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun dan minyak cengkeh untuk meredakan rasa nyeri pada gigi. Caranya, campurkan secukupnya kedua jenis minyak yaitu minyak zaitun dan minyak cengkeh pada suatu wadah. Lalu, celupkan kapas pada campuran kedua minyak tersebut. Kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

5. Menempelkan Teh celup pada bagian yang sakit

Teh celup bisa anda manfaatkan untuk membantu meringankan sakit gigi. hal ini karena pada teh mengandung zat tanin alami yang berguna untuk mengurangi rasa sakit gigi sehingga mencegah pembengkakan pada gusi.

6. Gunakan Obat Kumur peroksida

Selain air garam, anda juga bisa berkumur menggunakan obat kumur peroksida untuk membantu mencegah dan menekan pertumbuhan bakteri yang bisa menginfeksi gigi anda.

7. Mengunyah Daun Mint

Salah satu bahan herbal yang bisa anda manfaatkan untuk mengurangi sakit pada gigi adalah dengan daun mint. Cara menggunakannya, anda bisa langsung mengunyah daun mint yang masih segar pada bagian gigi yang sakit. Atau bisa juga terlebih dahulu menghaluskan daun mint, lalu tempatkan pada bagian gigi yang berlubang.

8. Manfaatkan beberapa jenis sayuran

Untuk membantu meringankan rasa sakit pada gigi serta mencegah adanya infeksi pada gigi, anda bisa memanfaatkan beberapa jenis sayuran seperti mentimun, kentang mentah, serta bawang bombay. Cara menggunakannya cukup sederhana. Pilihlah salah satu dari ketiga jenis sayuran (mentimun, kentang mentah, bawang bombay) yang mudah anda dapatkan. Lalu potong atau iris menjadi beberapa bagian. Gunakan potongan sayuran tersebut dengan menempelkan pada bagian gigi yang sakit.

Tips Mencegah Sakit Gigi

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan dirumah untuk membantu mencegah anda dari sakit gigi

1. Membersihkan Gigi Secara Rutin

Langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencegah munculnya sakit gigi adalah dengan sikat gigi secara teratur. Hal ini berguna untuk membersihkan plak atau sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi yang dapat menyebabkan munculnya bakteri yang bisa menginfeksi pada gigi. jika terlalu banyak menumpuknya bakteri pada gigi, bisa menyebabkan gigi berlubang.

2. Gunakan fosfor untuk mencegah kerusakan pada gigi

Fosfor bisa ditemukan pada berbagai bahan alami diantaranya seperti pada sayuran, air dan lain-lain. Biasanya fosfor juga sering digunakan sebagai bahan pasta gigi. Manfaat fosfor ini adalah untuk mencegah kerusakan pada gigi. pilihlah pasta gigi yang banyak memiliki kandungan fosfor.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Sebaiknya biasakan dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan alami. Makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap reaksi pada tubuh kita, tak terkecuali pada kesehatan gigi. usahakan untuk menghindari terlalu sering mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Makanan yang terlalu manis bisa menyebabkan kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang. Usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan seperti buah apel setelah selesai makan.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • apakah berhenti merokok bisa meredakan nyeri ketika sakit gigi
  • obat gigi untuk anak yang paling manjur di apotek

Silahkan Berikan Komentarmu

comments

Tips Ampuh Meredakan dan Mencegah Sakit Gigi | Admin | 4.5
error:
%d bloggers like this: