Manfaat dan Jenis Asupan Antioksidan Untuk Kesehatan

Asupan Antioksidan

Asupan Antioksidan

Asupan Antioksidan – Manfaat antioksidan memang sudah terbukti sangat ampuh untuk mencegah dan mengatasi penyakit kanker yang terus menerus menggerogoti tubuh. Selain itu, kandungan senyawa antioksidan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada bagian luar tubuh.

Dalam beberapa tahun kebelakang, senyawa antioksidan menjadi salah satu jenis senyawa yang sering dipromosikan. Bagi masyarakat awam, mungik masih banyak yang belum mengetahui apa itu antioksidan dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia? Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita simak penjelasannya dibawah berikut ini.

Apa itu antioksidan dan apa manfaatnya untuk kesehatan tubuh?

Antioksidan adalah suatu jenis zat yang mampu melindungi sel-sel dalam tubuh terhadap efek dari serangan radikal bebas yang sangat berbahaya. Radikal bebas sendiri merupakan suatu molekul yang dihasilkan oleh tubuh ketika mendapatkan asupan makanan yang telah rusak atau akibat dari paparan polutan lingkungan yang tidak sehat seperti asap rokok, asap kendaraan, asap limbah industri dan juga radiasi.

Radikal bebas sendiri dapat merusak berbagai sel dalam tubuh dan mungkin juga dapat berperan dalam menimbulkan berbagai jenis penyakit berbahaya seperti penyakit alzheimer, kanker, jantung dan berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya. Menurut dari hasil penelitian menjelaskan bahwa, senyawa antioksidan mampu melakukan pencegahan sejumlah jenis penyakit yang ada kaitannya dengan faktor usia. Oleh sebab itulah, tubuh kita sangat membutuhkan asupan antioksidan dalam jumlah cukup untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Manfaat Antioksidan Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mendapatkan asupan antioksidan dalam jumlah cukup untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Ampuh Menangkal Serangan Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan salah satu jenis virus yang daoat menjadi perusak terhadap sel-sel dalam tuuh, sehingga radikal bebas ini sering kali menjadi pemicu dari munculnya kanker. Akibat dari kerusakan sel dalam tubuh tidak hanya berdampak pada potensi kemunculan berbagai jenis penyakit berbahaya, tetapi juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit, wajah dan juga tubuh bagian luar lainnya. Efek dari serangan radikal bebas ini sangat berbahaya, karena tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan terhadap sel kronis yang dapat memicu sumber penyakit berbahaya dan mematikan, tetapi juga dapat mempengaruhi kerusakan pada struktur dalam tubuh.

  1. Mencegah Berbagai Penyakit

Senyawa antioksidan dipercaya mampu membersihkan radikal bebas yang masuk ke dalam aliran darah, meskipun senyawa ini belum terbukti mampu mengobati berbagai jenis penyakit apapun, namun dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa senyawa antioksidan ini pun ikut terlibat dalam pencegahan berbagai jenis penyakit degeneratif dan juga berbagai jenis penyakit yang ada kaitannya dengan faktor usia. Diantaranya yaitu :

  • Penyakit kardiovaskular
  • Disfungsi sistem kekebalan tubuh
  • Mata katarak
  • Penyakit alzheimer
  • Gangguan kognitif
  • Kanker
  1. Mencegah Dan Mengatasi Penuaan Dini

Dari hasil studi yang dilakukan para ahli menunjukan bahwa senyawa antioksidan memiliki kemampuan dalam mengurangi kemunculan dari tanda-tanda penuaan dini, caranya yaitu dengan meminimalkan efek keriput dan juga menjaga tekstur kulit. Selain itu, senyawa antioksidan juga mampu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

  1. Mencegah Kerusakan Sel

Terpenuhinya asupan antioksidan dalam tubuh mampu berperan dalam melindungi sel tubuh agar dapat tumbuh dengan sehat dan tidak menyebabkan masalah kesehatan dalam tubuh. Akibat dari kerusakan sel sangatlah mematikan, karena dapat menyebabkan kemunculan berbagai jenis penyakit berbahaya dan berbagai masalah kesehatan lain di bagian luar tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Senyawa antioksidan ini efektif dalam membantu tubuh untuk mengeluarkan radikal bebas dan juga bakteri dari dalam tubuh yang disebabkan oleh polusi dan juga akibat dari sering terkena paparan sinar matahari.

Jenis dan Sumber Antioksidan Terbaik

Ada banyak sekali jenis senyawa antioksidan yang bisa kita temukan dari berbagai sumber. Vitamin C menjadi salah satu nutrisi penting yang sering ikut berperan dalam mencegah kerusakan sel dengan mengeluarkan radikal bebas dalam tubuh. Sementara kandungan vitamin E mampu berperan penting dalam memecah rantai radikal bebas dari dalam tubuh. Jenis antioksidan yang terbukti tidak kalah ampuh dalam menangkal serangan radikal bebas yaitu flavanoid, senyawa flavanoid merupakan jenis antioksidan yang banyak terdapat dalam sumber makanan dan termasuk bagian paling terbesar dari jenis antioksidan lainnya.

Setiap jenis antioksidan memiliki cara kerja yang berbeda-beda pada setiap bagian tubuh yang memiliki kelainan, tuuh sangat membutuhkan berbagai asupan vitamin dan juga mineral yang mampu melindungi tubuh dari resiko kerusakan. Pada beberapa sumber makanan seperti sayuran dan buah-buahan mengandung senyawa antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan senyawa antioksidan yang terdapat pada sumber lain. Misalnya senyawa antioksidan yang digunakan tubuh seperti vitamin C, E dan juga beta karoten. Ketiga jenis senyawa antioksidan ini banyak terkandung di dalam sumber makanan seperti buah dan sayuran yang memiliki warna merah, kuning, ungu dan orange.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang memiliki sumber antioksidan paling tinggi dan sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin, yaitu :

  • Buah-buahan

Buah yang mengandung antioksidan tinggi diantaranya seperti buah apel, jeruk, anggur, pir, mangga. Pepaya, strawberry, pisang dan nanas.

  • Sayur-sayuran

Sayuran yang mengandung antioksidan tinggi diantaranya seperti brokoli, tomat, kubis merah, ubi merah dan asparagus.

  • Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang mengandung antioksidan tinggi diantaranya seperti kacang kenari, kacang almond dan kacang pecan.

Selain dari sumber makanan tersebut, asupan antioksidan untuk tubuh juga bisa kita dapatkan dari coklat, teh dan juga kopi.

Dari hasil sebuah penelitian menunjukan bahwa, bagi wanita lansia yang tidak terbiasa mengkonsumsi sayur dan buah segar secara rutin setiap hari sangat berpotensi beresiko 25% lebih tinggi mengalami serangan jantung dibandingkan dengan mereka yang rutin mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Untuk mendapatkan asupan antioksidan dengan optimal, maka pastikan anda tidak memasak sayuran terlalu matang agar kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya tidak rusak dan hilang. Cara yang paling baik untuk mengkonsumsi buah dan sayur yaitu dikonsumsi mentah atau dengan cara di kukus setengah matang saja.

Jika dibandingkan dengan suplemen, mengkonsumsi buah dan sayur segar jauh lebih baik untuk mendapatkan asupan antioksidan alami untuk tubuh. Utamakan jika buah dan sayur yang akan anda konsumsi mengandung vitamin C, E, karotenoid, tanin, fenol, flavonoids dan juga lignan. Selain mengandung sumber antioksidan yang sangat tinggi, ternyata buah dan sayur segar juga mengandung serat tinggi, rendah lemak dan tidak mengandung kadar kolesterol.

Perlu dijadikan sebagai catatan bahwa bukan berarti mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan bisa secara langsung mencegah berbagai jenis penyakit, tetapi manfaat antioksidan bisa lebih optimal jika di imbangi dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari seperti rajin berolahraga secara teratur dan istirahat dalam waktu cukup.

Itulah penjelasan singkat mengenai asupan antioksidan yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
Manfaat dan Jenis Asupan Antioksidan Untuk Kesehatan | Khumaira | 4.5
error: