12 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Brokoli

Manfaat Brokoli

Sehat-natural.com – Brokoli termasuk salah satu jenis sayuran yang digemari olah banyak kalangan masyarakat, terutama untuk anak-anak. Hal ini dikarenakan, brokoli sangat baik untuk membantu menunjang tumbuh kembang anak dalam masa pertumbuhan.

Di balik rasanya yang sangat enak, ternyata brokoli menyimpan banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi penting yang melimpah. Maka tak heran jika brokoli ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara rutin.

Bagi ibu yang sering mengalami kesulitan untuk memberikan brokoli kepada putera dan puteri anda, maka sebaiknya anda memberikan masakan brokoli ini dengan memvariasikan menu masakannya. Dengan demikian, maka anak anda tidak akan merasakan bosan dengan menu masakan yang itu-itu saja. Dengan demikian, maka anak anda tidak akan bosan.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Pada CCCC

Di balik rasanya yang sangat nikmat, ternyata di dalam brokoli mengandung banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Menurut hasil penelitian menunjukan bahwa di dalam setiap 100 gram brokoli mentah mengandung :

  • Vitamin A, sebanyak 623 IU
  • Vitamin C, sebanyak 89,2 mg
  • Vitamin E, sebanyak 0,17 mg
  • Vitamin K, sebanyak 101,6 mg
  • Energi sebanyak 34 kkal
  • Karbohidrat, sebanyak 6,64 gram
  • Protein, sebanyak 2,82 gram
  • Lemak total, sebanyak 0,37 gram
  • Serat, sebanyak 2,60 gram
  • Asam Folat, sebanyak 63 mg
  • Niacin, sebanyak639 mg
  • Asam pantotenat, sebanyak 0,573 mg
  • Pyridoxine, sebanyak 175 mg
  • Riboflavin, sebanyak 0,117 mg
  • Thiamin, sebanyak 0,071 mg
  • Sodium, sebanyak 33 mg
  • Kalium, sebanyak 316 mg
  • Kalsium, sebanyak 47 mg
  • Tembaga, sebanyak049 mg
  • Besi, sebanyak 0,73 mg
  • Magnesium, sebanyak 21 mg
  • Mangan, sebanyak210 mg
  • Selenium, sebanyak 2,5 mg
  • Zinc, sebanyak41 mg 4%
  • Karoten-ß, sebanyak 361 mg
  • Crypto-xanthin-ß, sebanyak 1 mg
  • Lutein-zeaxanthin, sebanyak 1403 ug

(Sumber: USDA – National Nutrient data base)

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Merawat Kesehatan Kulit

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang mengandung banyak sekali nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit seperti vitamin A, C dan vitamin E. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk menutrisi kulit dan menjaga kesehatan kulit dari dalam.

  1. Sumber Vitamin D

Di dalam brokoli mengandung sumber vitamin D yang terbukti efektif untuk menutrisi tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi brokoli dalam jumlah cukup, maka kebutuhan asupan vitamin D untuk tubuh akan selalu terpenuhi dengan baik.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Memiliki jantung yang sehat memang menjadi keinginan setiap orang, karena jantung termasuk salah satu organ paling vital dalam tubuh yang harus selalu dijaga dengan baik kesehatannya agar dapat bekerja dengan optimal. Berkat kandungan serat alami yang terdapat pada brokoli, maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh akan berkurang sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung atau serangan jantung.

  1. Mengobati Alergi

Jika anda sering mengalami alergi, maka salah satu solusi untuk mengobatinya yaitu dengan rutin mengkonsumsi brokoli segar secara rutin minimal 2-3 kali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan, di dalam brokoli mengandung kaemferol yang berperan dalam membantu mengurangi gejala alergi yang di alami oleh tubuh anda.

  1. Mencegah Kanker

Kanker adalah jenis penyakit yang sangat menakutkan bagi banyak orang, karena penyakit ini terkenal sulit untuk disembuhkan dan bahkan dianggap sebagai penyakit yang sangat mematikan. Maka dari itu, jika anda ingin terhindar dari resiko terkena penyakit kanker, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi brokoli dalam jumlah cukup. Hal ini dikarenakan, di dalam sayuran ini terdapat kandungan senyawa antioksidan yang cukup tinggi yang sangat efektif untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya penyebab kanker. Selain itu, mengkonsumsi brokoli secara rutin setiap hari juga dapat membantu mencegah kanker kandung kemih, kanker kulit, kanker usus besar dan kanker prostat.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang saat ini sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, maka untuk membantu mendapatkan hasil optimal dalam mengurangi berat badan anda sebaiknya diimbangi dengan rutin mengkonsumsi brokoli secara rutin. Sebab, brokoli merupakan sayuran yang mengandung serat sangat tinggi dan rendah kalori, sehingga sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan anda dengan cepat dan aman.

  1. Mencegah Osteoporosis

Tulang adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk kita jaga setiap saat, tujuannya yaitu agar dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan tulang seperti osteoporosis. Untuk anda yang ingin terhindari dari resiko terkena penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang, maka salah satu cara alaminya yaitu dengan rutin mengkonsumsi brokoli. Kandungan kalsium dan juga vitamin K di dalam brokoli sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam brokoli juga mengandung karotenoid lutein yang sangat melimpah, kandungan zat tersebut sangat dibutuhkan oleh mata kita agar kesehatan mata senantiasa terjaga dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan mata seperti mata rabun, mata katarak, degenerasi makula dan alergi mata.

  1. Mencegah Stroke

Kandugan nutrisi yang terkandung di dalam brokoli juga sangat baik untuk membantu menghambat dan mencegah terjadinya penebalan pembuluh darah arteri di dalam tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi brokoli dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan bahkan stroke.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Brokoi juga mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan dapat bekerja dengan baik, maka tubuh kita tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit yang disebabkan oleh serangan virus dan bakteri.

  1. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Bagi anda yang sering mengalami gangguan pada pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan masalah pada pencernaan lainnya. Maka kan sarankan agar anda rutin mengkonsumsi brokoli, karena kandungan nutrisi di dalam brokoli sangat baik untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan dan mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar. Selain itu, brokoli juga sangat baik dijadikan makanan sehat untuk ibu hamil, karena biasanya ibu hamil sering mengalami sembelit.

  1. Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh

Manfaat brokoli berikutnya yaitu dipercaya ampuh untuk mencegah masuknya racun dalam tubuh yang berasal dari makanan dan sekaligus dapat melakukan detoksifikasi terhadap zat-zat racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam brokoli mengandung tiga nutrisi penting utama yang dapat membantu melakukan proses detoksifikasi seperti gluconasturtiian glucoraphanin, dan glucobariscin. Ketiga nutrisi penting tersebut dapat bekerja dengan cepat untuk menetralisir dan membuang zat-zat sisa yang bersifat racun dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh yang penting anda ketahui, semoga informasi yang kami bahas diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
12 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: