12 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Alpukat

Manfaat Buah Alpukat

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang disukai banyak masyarakat, terutama di kalangan masyarakat di Indonesia. buah alpukat memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, namun sayangnya masih banyak masyarakat umum yang masih belum tahu akan manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini kami akan mengulas informasi mengenai kandungan gizi dan manfaat alpukat.

Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Alpukat

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh mulai dari kandungan lemak, protein, gula, vitamin, mineral, serat dan masih banyak lagi nutrisi penting lainnya yang terkandung di dalam buah alpukat. Semua kandungan nutrisi tersebut dapat terserap ke dalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan terhindari dari berbagai jenis penyakit jika rutin dan teratur mengkonsumsinya.

Penasaran, apa saja manfaat buah alpukat? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli nutrisi bahwa di dalam buah alpukat memiliki banyak kandungan nutrisi penting dalam tubuh, salah satunya yaitu mengandung omega-6 yang sangat berperan dalam mencegah munculnya jenis penyakit kardiovaskular. Selain itu, di dalam buah alpukat juga mengandung sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Banyak masyarakat yang belum mengetahui jika buah alpukat yang terkenal memiliki kandungan lemak dan kalori tinggi ini ternyata sangat efektif untuk membantu menurunkan berat badan berlebih atau obesitas. Menurut hasil penelitian menjelaskan bahwa kandungan asam lemak tak jenuh tunggal ini sangat berkhasiat untuk membakar lemak dan mengubahnya untuk menjadi sumber energi bagi tubuh. Oleh karena itu, buah alpukat ini sangat cocok diberikan kepada mereka yang sedang menjalani program diet sehat.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah suatu jenis penyakit dikenal sangat berbahaya dan bahkan angka kematian yang disebabkan oleh penyakit diabetes ini cukup tinggi. penyakit diabetes ini sering kali disebabkan oleh karena karena faktor gaya hidup yang tidak sehat. Peran dari buah alpukat ini sendiri terbukti efektif untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh serta dapat mengontrol gula darah agar lebih stabil dan tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dikarenakan, di dalam buah alpukat mengandung berbagai nutrisi penting yang mampu mengurangi berbagai penyebab meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Dapat Mencegah Kanker

Di dalam buah alpukat diperkaya dengan kandungan fitokimia yang mampu membantu dalam mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. menurut para ilmuan mengungkapkan bahwa buah alpukat ini dapat dijadikan sebagai makana sehat yang sangat baik untuk mencegah resiko penyakit kanker.

  1. Dapat Mencegah Stroke

Di dalam buah alpukat mengandung asam folat yang mampu melindungi tubuh agar dapat terhindar dari resiko terserang penyakit stroke. Menurut penelitian mengugkapkan bahwa dengan tercukupinya asupan asam folat dalam tubuh dapat memperkecil resiko seseorang terserang penyakit stroke dibandingkan dengan mereka yang kurang mendapatkan asupan asam folat. Sumber asam folat terbaik salah satunya bisa didapatkan dari buah alpukat.

  1. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat lain dari buah alpukat ini yaitu dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Buah alpukat diperkaya dengan kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan dibutuhkan oleh kulit seperti vitamin C dan E yang mampu melindungi kulit agar terhindari dari proses penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari. Selain itu, buah alukat ini juga dapat menjaga keelastisan kulit sehingga dapat menjadikan kulit tetap sehat dan kencang.

Cara melakukan perawatan kulit dengan buah alpukat dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mengkonsumsi buah alpukat baik secara langsung atau dijadikan jus, sedangkan cara yang kedua yaitu dengan menjadikan buah alpukat sebagai masker alami untuk perawatan kulit wajah.

  1. Dapat Mencegah dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Di dalam buah alpukat terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi, kalium ini dapat membantu dalam mengendalikan tekanan darah dalam tubuh kita sehingga dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin dan teratur mampu mencegah dan bahkan menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Dapat Menangkal Serangan Radikal Bebas

Di dalam buab alpukat juga terdapat kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi, antioksidan ini memiliki peran yang sangat penting dalam menangkal serangan radikal bebas berbahaya bagi tubuh yang dapat menjadi pemicu munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya seperti kanker. Dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus alpukat dapat membantu mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya lainya melalui keringan atau air seni.

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Alpukat adalah jenis buah-buahan yang memiliki sumber vitamin A dan betakaroten cukyo tinggi, kandungan zat ini dapat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Dengan demikian, rutin mengkonsumsi alpukat dapat membuat kesehatan mata anda tetap terjaga dengan baik.

  1. Bersifat Anti-Inflamasi

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan lainnya yaitu dapat mencegah peradangan, ini dikarenakan di dalam buah ini memiliki suatu zat yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Zat anti-inflamasi yang terkandung di dalam buah alpukat terdiri dari lima kategori yaitu Pitosterol, Antioksidan karotenoid, Antioksidan dan Asam lemak omega-3.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Rambut

Buah alpukat ternyata sudah sejak lama sering digunakan untuk melakukan perawatan rambut agar kesehatan rambut tetap terjaga dengan baik. Cara merawat rambut dengan alpukat dapat dilakukan dengan cara melakukan creambath, caranya yaitu :

  • Pertama-tama siapkan buah alpukat matang secukupnya.
  • Ambil dagingnya dan haluskan untuk dijadikan masker rambut.
  • Sebelum menggunakannya, bersihkan rambut anda dengan melakukan keramas seperti biasa.
  • Setelah itu, balurkan masker alpukat yang telah dibuat tadi pada rambut dan kulit kepala secara merata sambil diberi pijatan lembut pada kulit kepala.
  • Biarkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bersihkan dengan air mengalir.

Note :

Lakukan perawatan rambut dengan menggunakan masker alpukat ini secara rutin minimal seminggu sekali, jika rambut anda bermasalah sebaiknya lakukan perawatan ini secara rutin 3 kali seminggu.

Manfaat Alpukat Untuk Diet

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa buah alpukat dapat membantu menurunkan berat badan. Bagi anda yang sedang menjalani program diet sehat, maka anda bisa menambahkan jus alpukat sebagai minuman sehat pada saat sarapan pagi. Minum jus alpukat dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindarkan anda untuk makan siang secara berlebihan.

Untuk mendapatkan hasil hasil diet yang optimal, anda bisa menerapkan beberapa tips mengkonsumsi buah alpukat seperti berikut ini.

  1. Sebaiknya konsumsi buah alpukat sebelum makan
  2. Minum jus alpukat secara rutin dan teratur pada pagi, siang dan malam hari.
  3. Hindari penambahan gula atau pemanis buatan lainnya.
  4. Jangan campurkan jus alpukat dengan susu.

Bagamana, apakah informasi diatas dapat membantu?

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai manfaat buah alpukat bagi kesehatan, kecantikan dan diet. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan
12 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error: