15 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Belimbing

Manfaat Buah Belimbing

Sehat-natural.com – Buah belimbing merupakan buah yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis, buah yang satu ini hampir dapat tumbuh di semua daerah di Indonesia. selain dikonsumsi secara langsung, buah belimbing juga suka dijadikan sebagai bahan pelengkap pada suatu resep masakan.

Menurut dari hasil penelitian, belimbing menyimpan banyak sekali kandungan nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Maka tak heran jika buah belimbing memiliki banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Buah Belimbing

Di dalam buah belimbing tersimpan banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik bagi tubuh, salah satu sumber nutrisi yang paling banyak yaitu vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah belimbing ini hampir sama dengan yang terdapat pada buah jeruk, sehingga pantas jika manfaatnya bagitu besar dan mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian bagi tubuh.

Selain mengandung vitamin C, buah belimbing juga mengandung kalori, karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Kandungan mineral yang terdapat pada buah belimbing sendiri cukup lengkap seperti kalsium, zat besi, kalium dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Dilihat dari banyaknya kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam buah belimbing, ada banyak manfaat yang dapat kita rasakan jika mengkonsumsi buah belimbing secara rutin dan teratur. Mau tahu, apa saja manfaatnya? Simak informasi lengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah belimbing memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi buah belimbing secara rutin dapat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan dan juga dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar, disentri, diare dan gangguan pencernaan lainnya.

  1. Dapat Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan bahkan dikenal dengan sebutan penyakit yang paling mematikan selain penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, penyakit kanker ini dapat membunuh penderitanya dengan cepat dan mudah.

Setiap orang beresiko menderita penyakit kanker, namun kondisi kesehatan tubuh setiap orang berbeda-beda sehingga ada yang mampu untuk menghambat perkembangan sel kanker tersebut dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu, sebelum sel kanker di dalam tubuh berkembang dan terbentuk kanker, maka sebaiknya cegah dari sekarang agar sel kanker di dalam tubuh tidak berkembang.

Salah satu cara mencegah kanker yaitu dengan cara mengkonsumsi buah belimbing, karena di dalam buah ini mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi dan juga berperan sebagai antioksidan, sehingga mampu melawan serangan radikal bebas yang dapat menjadi penyebab dari munculnya kanker di dalam tubuh.

  1. Dapat Membantu Meningkatkan Kerja Enzim Dalam Tubuh

Manfaat buah belimbing lainnya yaitu terbukti efektif untuk membantu meningkatkan kerja enzim dalam tubuh, karena di dalam buah belimbing memiliki kandungan vitamin B kompleks seperti riboflavin, folat dan jjuga piridoksin yang disebut juga dengan vitamin B6. Jika mengkonsumsi buah belimbing secara rutin, maka vitamin B kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh akan tercukupi dengan baik.

  1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Penyebab hipertensi atau darah tinggi biasanya disebabkan oleh karena terlalu banyak mendapatkan asupan sodium terlalu tinggi dalam tubuh, sehingga mengakibatkan asupan kalium dalam tubuh menjadi menurun dan menyebabkan penurunan pada peredaran darah dalam tubuh.

Untuk meningkatkan kembali asupan kalium dalam tubuh, maka salah satu solusi alternatifnya yaitu dengan mengkonsumsi buah belimbing secara rutin. Karena, di dalam buah belimbing sendiri mengandung kalium yang cukup tinggi.

  1. Dapat Mencegah Anemia

Selain dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, buah belimbing juga dapat membantu mencegah dan mengatasi masalah anemia atau kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam buah belimbing memiliki kandungan mineral zat besi yang sangat efektif untuk meningkatkan jumlah dari produksi sel darah merah.

  1. Dapat Mencegah Gangguan Organ Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi sangat vital bagi manusia, karena organ ginjal ini memiliki fungsi sangat penting dalam tubuh manusia mulai dari menyerap nutrisi, mengatur tekanan darah, membuang limbah melalui urine, mengatur sel darah merah dan masih banyak fungsi lain dari organ ginjal ini. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk kita selalu menjaga kesehatan organ ginjal dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal yaitu dengan mengkonsumsi buah belimbing secara rutin, karena kandungan nutrisi yang terdapat pada buah belimbing dapat membantu mencegah terganggunya fungsi dan kesehatan organ ginjal dalam tubuh. Mengkonsumsi belimbing mampu melarutkan kotoran yang mengendap di dalam ginjal, mencegah terjadinya proses oksidasi negatif yang dapat merusak organ ginjal, merawat kesehatan nefron ginjal dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

  1. Memperlambat Proses Penuaan

Proses penuaan pada kulit memang dapat mengundang berbagai masalah kulit seperti kulit keriput, muncul kerutan, kulit kusam, flek hitam dan garis-garis halus. Sedangkan jika penuaan terjadi pada rambut, maka dapat membuat rambut mudah rontok, mudah beruban, rambut kering, bercabang dan masalh rambut lainnya.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka anda bisa melakukan perawatan secara alami dengan mengkonsumsi buah belimbing. Hal ini dikarenakan, di dalam buah belimbing tersimpan senyawa antioksidan tinggi yang mampu melawan serangan radikal bebas penyebab dari proses penuaan baik pada kulit maupun pada rambut.

  1. Dapat Melebatkan Rambut

Di dalam buah belimbing mengandung vitamin B kompleks yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Selain itu, vitamin tersebut juga dapat menutrisi kulit kepala untuk membantu melebatkan rambut. Untuk melakukan perawatan rambut secara alami dengan menggunakan buah belimbing untuk dijadikan sebagai masker rambut.

  1. Mengontrol Produksi Minyak Berlebih

Manfaat buah belimbing untuk kulit wajah juga dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit wajah, kulit wajah berminyak dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah kulit wajah seperti komedo, jerawat dan kulit kusam. Cara mengatasi kulit berminyak dengan belimbing, anda bisa menjadikan buah belimbing sebagai masker wajah.

  1. Dapat Menghaluskan Kulit Wajah

Buah belimbing mengandung asam oksalat yang dapat membantu mengikis sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah, sehingga dengan melakukan perawatan secara rutin kulit wajah akan terasa lebih halus. Untuk mengelupaskan sel kulit mati, anda bisa menjadikan buah belimbing sebagai bahan masker alami dan gunakan secara rutin dan teratur.

Manfaat Buah Belimbing Lainnya :

  1. Dapat Menghilangkan bekas luka
  2. Dapat Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
  3. Dapat Mengatasi Peradangan
  4. Dapat Menjaga Kesehatan Mata
  5. Meningkatkan Vitalitas

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaatnya?

Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah belimbing atau menjadikannya masker wajah untuk merawat kecantikan kulit wajah.

Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

15 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error: