10 Manfaat Buah Bintaro Yang Perlu diketahui

Manfaat Buah Bintaro

Manfaat Buah Bintaro

Manfaat Buah Bintaro – Buah bintaro merupakan jenis buah yang berasal dari pohon Bintaro yang termasuk ke dalam jenis tanaman. Tanaman Bintaro sendiri termasuk ke dalam kategori tanaman peneduh yang sering dimanfaatkan sebagai penghijauan lingkungan. Pohon bintaro juga memiliki sifat yang bisa dibilang tahan banting, karena tanaman yang satu ini cepat sekali tumbuh dan dapat beradaptasi dengan cepat sehingga pohon ini sering ditanam di pinggir-pinggir di sepanjang jalan untuk memberikan keteduhan.

Pohon Bintaro memiliki ketinggian rata-rata mencapai 12 meter dan memiliki daun berbentuk lonjong mirip seperti daun mangga, sedangkan buah dari pohon Bintaro memiliki bentuk yang mirip dengan telur dan berukuran 5-10 cm berwarna merah tua apabila buahnya telah matang sempurna. Buah dari pohon bintaro ini memang tidak bisa dikonsumsi karena selain rasanya yang tidak enak, buah ini juga bisa bersifat racun jika dikonsumsi.

Kandungan Zat Yang Terkandung Di Dalam Buah Bintaro

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan Faperta Istitut Pertanian Bogor (ITB) mengungkapkan bahwa di dalam buah bintaro terdiri dari 92% dafing buah dan 8% sisanya berupa biji. Pada bagian biji buah bintaro sendiri terdiri dari 14% cangkang dan 86% daging biji. Di dalam biji buah bintaro mengandung kadar minyak dalam jumlah 35-50%, jika biji buah bintaro semakin kering maka kadar minyaknya akan lebih banyak lagi. Namun minyak yang dihasilkannya ini bukanlah jenis minyak non-pangan yang terdiri dari asam stearat sebanyak 6,9%, asam linoleat sebanyak 16,7%, asam oleat sebanyak 54.3% dan asam palminat sebanyak 22.1%.

Manfaat Buah Bintaro

Meskipun kandungan minyak yang terkandung di dalam biji buah bintaro ini tidak baik untuk dikonsumsi, tetapi banyak sekali manfaat buah bintaro yang bisa digunakan untuk :

  1. Mengusir Tikus

Manfaat buah bintaro yang pertama yaitu sangat efektif untuk mengusir tikus, karena di dalam buah ini mengandung racun cerberin yang mampu merusak sistem syaraf pusat pada otak tikus. Dengan fungsi penciumannya yang sangat tajam, maka tikus akan dengan segera menjauh dari lokasi yang diletakan buah bintaro tersebut. Cara mengusir tikus dengan buah bintaro sangat mudah, anda hanya tinggal memotong buah bintaro menjadi beberapa bagian, lalu tebarkan pada lokasi-lokasi yang sering dijadikan tempat berkumpul tikus-tikus. Maka dengan sendirinya tikus-tikus tersebut akan pergi menjauh.

  1. Bahan Bakar

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di IPB, buah Bintaro dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat bahan bakar alternatif. Hal ini dikarenakan, di dalam buah bintaro mengandung minyak yang dapat dijadikan sebagai bahan bakar. Asap dan bau yang dikeluarkan tergolong aman sehingga tidak akan menyebabkan manusia yang mencium baunya menjadi keracunan.

  1. Minyak Tanah

Apabila dibandingkan dengan buji dari buah jarak, biji buah bintaro sebenarnya mengandung kadar minyak yang lebih tinggi. melalui proses pengolahan, 1 kg minyak dapat dihasilkan dari 1,8 – 2 kg biji buah bintaro yang sudah kering. Minyak yang dihasilkannya ini dapat menjadi pengganti dari minyak tanah, proses pengolahan dari buah bintaro ini untuk menghasilkan minyak tergolong mudah dan cepat, caranya yaitu :

  • Pertama-tama jemur biji buah bintaro hingga kering dibawah panas matahari.
  • Setelah itu, haluskan dengan cara digiling atau di tumbuk hingga halus.
  • Kemudian lakukan proses pengepresan sampai kadar minyaknya keluar dengan maksimal, lalu saring agar kotorannya tidak ikut.
  • Setelah itu, minyak pun sudah dapat digunakan sebagai bahan bakar.
  1. Membasmi Ulat Grayak

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Balitra (Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa) menunjukan bahwa ulat grayak yang mengkonsumsi daun tanaman yang telah disemprotkan minyak yang dihasilkan dari buah bintaro, lebih dari 30% populasi ulat grayak mati hanya dalam waktu kurang dari 24 jam. Tingkat kematian ulat grayak ini semakin meningkat hingga 90-95% dalam jangka waktu 60-72 jam.

  1. Dapat Digunakan Sebagai Biopestida

Buah bintaro ini juga dapat dimanfaatkan sebagai biopestida. Cara membuat biopestida ini cukup mudah yaitu dengan proses ekstraksi, yaitu :

  • Siapkan 1 kg daun buah bintaro yang masih segar.
  • Kemudian rendam di dalam larutan ethanol selama 2 hari.
  • Setelah itu, saring dan pisahkan antara cairan dan daun.
  • Terakhir, uapkan cairan tersebut hingga pekat.

Untuk mengaplikasikannya, dosisnya yaitu 1 gram yaitu 1 liter air. Caranya yaitu, larutkan 1 gram pasta ke dalam 5-10 cc minyak tween. Kemudian tambahkan air secukupnya dengan menuangkannya sedikit demi sedikit. Aduk sampai tercampur merata, gunakan cairan ini untuk disemprotkan. Untuk lahan seluas 1 hektar bisa menggunakan 500 liter cairan Biopestida ini.

  1. Dapat Dijadikan Racun Pada Anak Panah

Di dalam suku dayak, kandungan zat beracun yang terdapat pada buah bintaro ini sering dimanfaatkan untuk berburu. Suku dayak biasanya akan mengoleskan kandungan minyak buah bintaro pada bagian ujung anak panah, sehingga dapat melumpuhkan hewan buruannya.

  1. Bahan Baku Pembuatan Papan Partikel

Serat yang terdapat pada buah bintaro merupakan salah satu bahan baku yang sering digunakan dalam pembuatan berlignoselulosa bukan kayu, karena di dalamnya mengandung holoselulosa sebanyak 65,47%, α-selulosa sebanyak 56,76%, lignin sebanyak 28,30% dan ekstraktif sebanyak 7,55%. Semua kandungan lignoselulosa yang terdapat pada serat buah bintaro ini sering dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan papan partikel.

  1. Bahan Baku Pembuatan Lilin

Lilin merupakan sumber penerangan yang sering digunakan oleh masyarakat ketika terjadi mati lampu. Namun belakangan ini baru diketahui bahwa bahan baku dalam pembuatan lilin ini ternyata dihasilkan dari biji buah bintaro, karena buah ini mampu menghasilkan kandungan minyak yang cukup tinggi. Oleh karena itu, produsen lilin sering memanfaatkan buah bintaro ini sebagai penghasil bahan baku pembuatan lilin.

  1. Bahan Pembuatan Deodoran

Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa deodoran berfungsi sebagai penghambat produksi keringan berlebih. Selain itu, kelebihan dari deodoran ini mempunyai aroma wangi yang mampu menghilangkan bau ketiak. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa buah bintaro ini dapat digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan deodoran.

  1. Dapat Mengobati Luka

Manfaat buah bintaro berikutnya yaitu sering dijadikan sebagai bahan pembuatan obat luka. Bahkan di suku Muna yang berada di kecamatan Wakarumba, Sulawesi Utara, sering memanfaatkan buah bintaro ini sebagai obat luka alami yang sangat ampuh dan membuat luka cepat kering.

Itulah beberapa manfaat buah bintaro yang bisa kami sampaikan kepada anda. buah bintaro ini tidak sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi karena di dalamnya mengandung racun cerberin yang sangat berbahaya, zat racun yang ada di dalamnya mampu menghambat saluran ion kalsium pada organ jantung manusia sehingga dapat menyebabkan terganggunya kerja jantung hingga berujung pada kematian. Selain tidak boleh dikonsumsi, pohon bintaro juga jangan di bakar, karena kandungan zat beracun yang ada di dalamnya akan menyebar melalui asap yang dihasilkan dari pembakaran tersebut.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • buah bintaro kering
  • kandungan racun bintaro
  • Manfaat buaah bintaro untuk rambut
  • manfaat buah bintaro
  • pohon bintaro com
10 Manfaat Buah Bintaro Yang Perlu diketahui | Khumaira | 4.5
error: