22 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Buah Bit

Manfaat Buah Bit

Sehat-natural.com – Buah bit merupakan salah satu jenis umbi-umbian dari akar tanaman Bit yang disebut dengan beta vulgaris, buah ini berbentuk bulat dan memiliki warna merah keungunan. Buah bit sendiri diperkaya dengan kandungan mineral yang sangat tinggi yang terdiri dari kandungan zat besi, kalium, magnesium dan juga tembaga. Buah bit juga mengandung serat larut, karbohidrat, protein, folat, antioksidan dan caumarin. Selain itu, buah bit juga diperkaya dengan kandungan vitamin seperti vitamin A, B6, B9 dan juga vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Dilihat dari kandungan nutrisi dan gizinya yang sangat lengkap, buah bit ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat buah bit itu? Simak penjelasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda rasakan dengan mengkonsumsi buah bit, diantaranya yaitu :

  1. Mampu Menurunkan Kolesterol Tinggi

Manfaat yang pertama yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. seperti yang kita tahu bahwa kolesterol adalah salah satu masalah kesehatan yang harus segera diatasi, karena jika dibiarkan saja dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan dapat memicu kompilkasi terhadap penyakit yang lebih serius. Selah satu solusi terbaik untuk penderita kolesterol tinggi yaitu dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin dan teratur, sehingga kadar kolesterol dalam tubuh akan kembali normal dan tetap stabil.

  1. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium yang terdapat pada buah bit ternyata terbukti ampuh untuk menurunkan tekanan darah yang terlampau tinggi dan menjaganya agar tetap stabil. Dengan mengkonsumsi buah bit, maka tekanan darah akan tetap stabil dan terhindari dari penyakit hipertensi.

  1. Dapat Mengobati Penyakit Tumor Dan Juga Kanker

Seperti yang telah kami bahas diatas bahwa buah bit mengandung antioksidan yang sangat tinggi, senyawa ini sangat efektif untuk menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan perkembangak kanker. Dengan rutin mengkonsumsi buah bit, maka tubuh dapat melawan serangan radikal bebas tersebut. Selain dapat mencegah kanker dan tumor, mengkonsumsi buah bit juga dapat menghentikan perkembangan sel kanker dan tumor, sehingga buah ini dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi kedua jenis penyakit mematikan tersebut.

  1. Dapat Membersihkan Organ Ginjal Dan Kantung Empedu

Organ ginjal dan juga kantung empedu merupakan organ tubu yang berfungsi untuk menetralisir zat racun yang mengendap di dalam tubuh dan menyaring darah agar tetap bersih dan sehat. Oleh karena itu, penting kiranya untuk selalu menjaga kesehatan dari kedua organ tubuh tersebut, salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin dan teratur.

  1. Dapat Mencegah Dan Mengatasi Anemia

Buah bit sangat kaya akan kandungan zat besi, zat ini sangat efektif untuk membantu mengatasi anemia. Hal ini dikarenakan, kandungan mineral yang satu ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan menyalurkan kadar oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah bit juga kaya akan kandungan vitamin C yang juga dapat berperan sebagai antioksidan dan antibodi, sehingga dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, tubuh tidak akan mudah sakit apalagi ketika memasuki musim pancaroba seperti sekarang ini.

  1. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Di dalam buah bit mengandung serat larut yang sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan juga dapat menjaga kesehatan pencernaan agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, fungsi serat ini juga dapat membantu membawa sisa makanan dan racun yang mengendap di dalam usus besar untuk ikut terbuang bersama dengan serat dalam bentuk fases.

  1. Dapat Mencegah Dan Mengatasi Peradangan

Meskipun jumlahnya terbilang sangat sedikit, tetapi buah bit ini memiliki kandungan kolin yang sangat bermanfaat untuk menjaga dan mempertahankan struktur membran sel serta mampu mengurangi peradangan. Selain itu, zat yang satu ini juga mampu membantu pergerakan otot dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Dan Meningkatkan Fungsi Kerja Hati

Meskipun belum bisa dibuktikan secara ilmiah melalui proses penelitian, namun banyak para ahli yang menduga jika dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin dan teratur dapat membantu mengurangi timbunan lemak di dalam organ hati, sehingga kesehatan dari organ hati akan selalu terjaga dan fungsi kerja hati akan optimal.

  1. Dapat Mencegah Dan Mengobati Penyakit Diabetes

Buah bit diyakini mampu mencegah seseorang terkena penyakit diabetes dan juga dapat mengobati penyakit diabetes bagi yang sudah terlanjur menderitanya. Hal ini dikarenakan, di dalam buah bit mengandung senyawa antioksidan asam alpha-lipoic yang dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah. Selain itu, mengkonsumsi buah bit secara teratur juga dapat membantu dalam merangsang dan meningkatkan produksi kadar insulin dalam darah serta mencegah proses terjadinya oksidasi sel.

  1. Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Karena dengan mengkonsumsi buah bit dapat membantu menstabilkan tekanan darah, maka secara otomatis kesehatan kerja organ jantung akan tetap terjaga dan tentunya dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan, kandungan kalium yang terdapat pada buah bit ini mampu menekan senyawa homosistein yang dapat mengganggu kerja organ jantung.

  1. Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Bayi

Buah bit adalah salah satu jenis buah yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan, kandungan asam folat yang ada dalam buah bit sudah terbukti sangat baik untuk mendukung perkembangan otak janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, cukupi asupan folat selama kehamilan salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah bit secara teratur.

  1. Dapat Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan betakaroten yang ada dalam buah bit sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata, kedua zat tersebut mampu melindungi mata dari bahaya radikal bebas yang disebabkan oleh karena polusi dan juga zat-zat kimia berbahaya yang ada dalam makanan. Dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin, maka dapat mencegah degenerasi makula dan juga dapat menjaga kesehatan mata.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Buah bit memang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, tetapi buah ini sangat rendah lemak sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet sehat. Mengkonsumsi buah bit secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan secara alami, karena anda akan merasa kenyang lebih lama setelah mengkonsumsi buah ini.

  1. Dapat Mencegah Stroke

Sebagaimana kita tahu bahwa buah bit ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan kadar kolesterol tinggi, maka secara otomatis buah bit juga dapat mencegah seseorang menderita penyakit stroke. Hal ini dikarenakan, jika kadar kolesterol dalam darah terlampau tinggi dapat berakibat terjadi penyumbatan pada pembuluh darah yang sewaktu-waktu bisa terserang stroke dan bahkan mengalami pecah pembuluh darah yang berujung pada kematian. Kadar kalium yang terdapat pada buah bit inilah yang mampu memperlebar penyempitan pembuluh darah, sehingga dapat mencegah serangan stroke secara tiba-tiba.

Manfaat buah bit lainnya :

  1. Dapat Menjaga fungsi dan Kesehatan Otak
  2. Dapat Mencegah Kepikunan
  3. Dapat Mencegah Alergi, Iritasi dan Peradangan
  4. Dapat Mencegah dan Mengatasi Sembelit
  5. Dapat Menjaga Fungsi Otot dan Syaraf
  6. Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan
  7. Mendetoks Racun Dalam Tubuh

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh?

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini mengenai manfaat buah bit untuk kesehatan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • buah bit
22 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: