11 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Delima

Manfaat Buah Delima

Manfaat Buah Delima – Mungkin diantara kita masih banyak yang belum mengetahui manfaat dari buah delima. Buah delima adalah salah satu jenis buah yang pada awalnya berasal dari kawasan timur tengah, tanaman buah delima ini dapat tumbuh pada tanah yang gembur tetapi tidak mengandung banyak air. Buah delima sendiri terdiri dari 3 jenis yang dibedakan berdasarkan dari warna buahnya yaitu warna merah, putih dan hijau. Buah delima tidak hanya dapat di makan langsung, tetapi juga sering diolah untuk dijadikan sebagai salad dalam menu makanan diet dan dijadikan sebagai pelengkap dalam minuman sirup.

Pohon dari buah delima memiliki ciri-ciri pada bagian batang pohon yang berkayu, ranting yang bersegi, memiliki banyak cabang dan terdapat banyak duri pada bagian ketiak daunnya. Daun buah delima yang masih muda berwarna cokelat, namun jika sudah tua dan matang warnanya berubah menjadi hijau kotor. Sedangkan pada bagian bunganya memiliki bentuk tunggal dan bertangkai pendek, bunga tersebut akan muncul pada ujung ranting atau pada ketiak daun yang berada paling atas dan akan terus berbungan sepanjang tahun.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Delima

Di dalam buah delima terdapat banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga banyak sekali manfaat buah delima yang bisa kita rasakan dengan mengkonsumsinya secara rutin baik dikonsumsi secara langsung maupun di olah untuk dijadikan olahana makanan dan minuman.

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah delima, diantaranya yaitu mengandung vitamin A, vitamin B3 (Niasin), vitamin B9 (asam folat), vitamin C dan vitamin E. Selain itu, di dalam buah delima juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan bahkan tiga kali lipat lebih tinggi dari teh hijau dan anggur merah. Tidak hanya itu, buah delima juga kaya akan mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti kalsium dan zat besi serta kaya akan kandungan serat alami yang sangat baik dan penting untuk mendukung program diet anda.

Di lihat dari kandungan nutrisi yang terdapat pada buah delima, maka anda tidak perlu lagi meragukan manfaat buah delima ini untuk kesehatan tubuh. selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah delima juga dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalag kecantikan.

Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat buah delima yang bisa anda dapatkan baik dikonsumsi secara langsung maupun di olah menjadi makanan atau minuman, diantaranya yaitu :

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah delima yaitu mampu menjaga kesehatan gigi, karena buah delima sendiri memiliki sifat antibakteri dan juga antivirus yang mampu mencegah terjadinya penumpukan flak pada gigi dan berbagai masalah mulut dan gigi lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Setelah dilakukan percobaan pada tahun 2005 kepada 45 pasien penderita penyakit jantung koroner dengan memberikan minum jus buah delima secara rutin setiap hari selama 3 bulan berturut-turut, hasilnya menunjukan sirkulasi darah menuju ke jantung menjadi lebih lancar dan resiko serangan jantung menjadi lebih rendah.

  1. Stenosis Arteri Karotis

Telah dilakukan juga pengujian terhadap pasien yang menderita penyakit stenosis arteri karotis atau penyempitan pada pembuluh darah arteri, hasil pengujian tersebut menunjukan bahwa dengan minum segelas jus buah delima secara rutin setiap hari mampu mengurangi dampak kerusakan yang disebabkan oleh karena penumpukan kadar kolesterol dalam pembuluh arteri dan sekaligus menurunkan kadar kolesterol berlebih.

  1. Mencegah Kanker Prostat

Minum jus buah delima secara rutin dan teratur ternyata mampu menghambat perkembangan sel kanker prostat pada pria, namun manfaat buah delima ini masih belum dilakukan penelitian lebih lanjut untuk dibuktikan secara ilmiah.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Mengkonsumsi buah delima atau minum jus buah delima juga terbukti efektif untuk membantu mencegah dan mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan. Selain buahnya, daun buah delima juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan seperti susah buang air besar, sembelit, diare, disentri dan juga kolera.

  1. Mencegah Anemia

Mengkonsumsi atau minum jus buah delima secara rutin dan teratur terbukti sangat bermanfaat untuk mencegah seseorang terserang penyakit anemia. Hal ini dikarenakan, di dalam buah delima mengandung zat besi yang cukup tinggi untuk membantu memenuhi suplai sel darah merah dan mencegah gejala anemia seperti sering pusing, mudah lelah, lemas dan gangguan pendengaran.

  1. Mencegah Osteoarthritis

Buah delima dipercaya mampu membantu memelihara kesehatan tulang, termasuk dapat mencegah berbagai gangguan pada tulang seperti osteoporosis dan Osteoarthritis. Kerusakan tulang yang disebabka oleh karena terjadinya penebalan dan pengerasan terhadap dinding arteri, maka tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan cukup dengan mengkonsumsi buah delima atau jus delima. Hal ini dikarenakan, mengkonsumsi buah delima dapat mencegah terjadinya proses pembentukan enzim yang akan bertanggung jawab terhadap jaringan ikat yang terdapat di dalam tubuh.

Manfaat Buah Delima Untuk Kecantikan

  1. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, buah delima juga ternyata sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit. dengan rutin minum jus buah delima ini, maka tanpa kita sadari ternyata dapat mencegah terjadinya proses penuaan dini pada kulit seperti mencegah keriput dan mencegah munculnya garis-garis halus dan flek hitam di wajah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, minum jus buah delima juga dapat membantu dalam proses regenerasi sel kulit serta mencegah pigmentasi secara berlebihan.

  1. Mencegah Dan Menghilangkan Jerawat

Minum jus buah delima secara rutin ternyata sangat efektif untuk membantu dalam mencegah munculnya jerawat pada kulit wajah, bahkan jus delima juga cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. Selain dengan minum jus buah delima secara rutin, untuk mendapatkan hasil maksimal anda juga bisa melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan jus buah delima untuk dijadikan sebagai masker alami untuk wajah yang berjerawat. Biasnaya, hanya dalam semalam jerawat akan langsung mati dan hilang tanpa meninggalkan bekas di kulit.

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Selain dapat mencegah dan menghilangkan jerawat, ternyata dengan rutin minum jus delima dan melakukan perawatan kulit wajah dengan masker delima ini kulit wajah akan menjadi lebih cerah dan halus. Selain itu, cara tersebut juga terbukti mampu mengembalikan tingkat keelastisan kulit sehingga membuat kulit wajah tetap sehat dan kecang. Hal ini dikarenakan, di dalam buah delima diperkaya dengan kandungan vitamin C dan vitamin E yang sangat penting dan dibutuhkan oleh kulit untuk menutrisi jaringan kulit hingga ke lapisan kulit paling dalam.

  1. Merawat Kecantikan Kulit Wajah

Bagi anda yang mendambakan kulit wajah yang sehat, halus dan bebas dari berbagai masalah kulit seperti kulit berminyak, kulit kering, kulit berjerawat dan masalah kulit wajah lainnya. Maka anda bisa melakukan perawatan dengan menggunakan buah delima. Caranya yaitu, anda cukup melakukan perawatan wajah secara rutin dengan menggunakan jus atau masker buah delima yang bisa kita buat sendiri dirumah. Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur minimal 2 kali seminggu.

Itulah sedikit penjelasan yang dapat kami sampaikan terkait beragam manfaat buah delima untuk kesehatan dan kecantikan, semoga ulasan yang telah kami bahas diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

Semoga bermanfaat…

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat buah delima untuk kesehatan
11 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error: