11 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Duku

Manfaat Buah Duku

Manfaat Buah Duku – Buah yang berukuran kecil dan berbentuk bulat ini memang sangat digemari oleh masyarakat sebagai makanan pencuci mulut, karena buah duku memiliki rasa yang sangat manis. Selain dikonsumsi secara langsung, buah duku juga sering dimanfaatkan sebagai selai, bahan pelengkap isian puding, manisan dan aneka jenis makanan lainnya.

Ciri-ciri dari buah duku ini memiliki kulit buah berwarna kehijauan ketika masih mentah dan rasanya agak masam, tetapi ketika buahnya sudah matang warna kulit buahnya akan menguning dan memiliki rasa yang sangat manis. Bahkan terkadang ada yang menyebutkan jika buah duku memiliki rasa yang pahit, tetapi rasa pahit tersebut akan terasa jika biji buah duku yang ada di dalamnya tergigit.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Duku

Di dalam buah duku mengandung banyak sekali kandungan nutrisi penting yang sangat baik untuk tubuh, di dalam setiap 100 gram buah duku mengandung :

  • Protein sebanyak 1.0 gram
  • Karbohidrat sebanyak 13 gram
  • Lemak sebanyak 0.2 gram
  • Kalori sebanyak 7 kkal
  • Zat besi sebanyak 0.9 mg
  • Mineral sebanyak 0.7 gram
  • Dll

Kandungan kalori yang terdapat di dalam buah duku ternyata memiliki kadar yang sangat tinggi dan bahkan lebih tinggi dari buah jeruk manis ataupun apel. Selain itu, di dalam buah duku juga kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin E yang dapat berperan sebagai antioksidan tinggi. Di dalam buah duku juga terdapat kandungan zat bernama lanzones, kandungan zat tersebut mampu melindungi sistem pencernaan.

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat buah duku bagi kesehatan yang penting untuk kita ketahui, diantaranya yaitu :

  1. Menangkal Serangan Radikal Bebas

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa di dalam buah duku mengandung vtamin C yang sangat tinggi yang mampu berperan penting sebagai antioksidan. Kandungan senyawa antioksidan inilah yang mampu menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang dapat memicu kerusakan di dalam tubuh. Penyebab utama dari kerusakan tersebut yaitu disebabkan oleh proses dalam pencernaan yang mengubah makanan menjadi sumber energi dalam tubuh.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C yang terdapat pada buah duku juga dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya proses penuaan dini akibat dari serangan radikal bebas. Vitamin C juga sangat bermanfaat dalam melindungi asam nukleat, protein lipid dan juga karbohidrat dari kerusakan yang sering dipicu oleh serangan radikal bebas, polusi dan juga zat-zat beracun berbahaya.

  1. Menjaga Kekuatan Gigi

Di dalam buah duku juga memiliki kandungan mineral penting seperti fosfor yang sangat berkhasiat untuk menjaga kekuatan gigi, dengan mengkonsumsi buah duku ini dapat menjadikan gigi lebih kuat dan sehat. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah duku juga mampu menjaga kesehatan gusi, sehingga anda akan terhindar dari berbagai gangguan pada gigi dan gusi seperti sakit gigi dan gusi bengkak.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi penting seperti vitamin C dalam jumlah yang cukup, vitamin C ini ternyata sangat berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mempercepat proses pemulihan setelah sembuh dari sakit. Dengan rutin mengkonsumsi buah duku, maka daya tahan tahan tubuh pun akan semakin kuat dan tubuh tidak akan mudah sakit atau terserang penyakit.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan Berlebih

Selain bagi untuk kesehatan, ternyata manfaat buah duku juga terbukti efektif dalam membantu penurunan berat badan berlebih. Dengan mengkonsumsi buah duku secara rutin, maka tubuh akan mendapatkan asupan carnitine yang cukup. Carnitine yang terdapat pada buah duku ini mampu mengarahkan molekul lemak menuju ke sebuah jaringan pembakaran lemak, molekul lemak tersebut harus selalu diperhatikan oleh siapa saja yang sedang berusaha ingin menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, jika tubuh mengalami kekurangan molekul lemak dapat menyebabkan tubuh mudah lelah dan kurang berenergi.

Jadi kesimpulannya, apabila tubuh mengalami kekurangan akan terjadi penimbunan lemak dan menyebabkan berat badan mengalami peningkatan secara signifikan. Maka dari itu, buah duku ini sangat baik dijadikan sebagai makan pelengkap dalam menu diet harian anda.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Di dalam buah duku memilki kandungan serat yang cukup tinggi, kandungan serat tersebut sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat yang terdapat pada kandungan buah duku ini sama dengan kandungan yang terdapat pada buah pepaya. Tidak hanya itu saja, buah duku juga memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mencegah perkembangan sel kanker di dalam saluran pencernaan.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol Dalam Darah

Khasiat buah duku untuk kesehatan berikutnya yaitu mampu memetabolisme kadar kolesterol yang terdapat dalam tubuh akan di ubah menjadi asam empedu, sehingga bagi anda yang menderita penyakit kolesterol tinggi dapat dikontrol dengan rutin mengkonsumsi buah duku.

Manfaat Buah Duku Untuk Kecantikan

  1. Merawat Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Buah duku ternyata tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan saja, tetapi juga sangat berkhasiat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Karena di dalam buah duku kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh kulit seperti vitamin E, bahkan menurut pada ahli menjelaskan bahwa kandungan vitamin E ini mampu mencegah terjadinya kerusakan pada kulit, mencegah penuaan dini dan menghaluskan kulit kasar secara alami.

Cara merawat kulit wajah dengan duku sangat mudah, anda hanya tinggal mengolahnya menjad jus menggunakan blender. Setelah itu, gunakan jus buah duku tersebut sebagai masker wajah. Anda bisa melakukan perawatan menggunakan masker duku secara rutin minimal sekali sehari.

  1. Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat

Salah satu cara menghilangkan jerawat secara alami bisa anda lakukan dengan melakukan perawatan kulit wajah berjerawat dengan menggunakan masker buah duku. Hal ini dikarenakan, di dalam buah, biji dan juga kulit buah duku ternyata mengandung senyawa yang bersifat antibakterial yang dapat melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah duku mampu membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

  1. Melembabkan Rambut Kering

Bagi anda yang memiliki rambut kering dan bercabang, maka salah satu cara alami untuk mengatasi rambut kering yaitu bisa dilakukan dengan cara melakukan perawatan menggunakan masker buah duku. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat pada buah duku berkhasiat untuk melembabkan rambut kering, mencegah rambut rontok dan menutrisi rambut serta kulit kepala dari dalam.

  1. Merawat Kesehatan Dan Kecantikan Kuku

Khasiat buah duku untuk kecantikan berikutnya yaitu terbukti efektif untuk merawat kesehatan dan kecantikan kuku secara alami. caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengoleskan jus atau masker buah duku pada kuku anda. diamkan selama 30 menit sampai masker kering, kemudian gosok dengan kain yang bersih dan lembut.

Itulah tadi ulasan singkat yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buah duku untuk kesehatan dan kecantikan, semoga ulasan diatas dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk anda semua. Untuk mendapatkan khasiat buah duku diatas secara maksimal, maka sebaiknya anda mengkonsumsi buah duku secara rutin minimal 5 buah dalam sehari.

Loading...
11 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error: