12 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Anda

Manfaat Buah Durian

Manfaat Buah Durian

Manfaat Buah Durian – Buah durian mempunyai banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bermanfat bagi tubuh mulai dari vitamin A, B, C, senyawa antioksidan, riboflavin, thiamin, kalium, magnesium, fofor, omega 3 & 6, polypenol, organosulfur,  phytonurent, phytosterol dan juga tryptophan. Selain itu, di dalam daging buah durian juga diperkaya dengan kandungan lemak tak jenuh, karbohidrat, protein dan glukosa. Dilihat dari banyaknya kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada buah durian ini, maka pantas saja jika buah durian dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia, asalkan jumlah buah durian yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Orang-orang pada jaman dulu sudah sangat mempercayai jika buah durian ini merupakan jenis buah yang membawa berkah tersendiri, sehingga banyak masyarakat yang menanam pohon buah durian di kebun mereka. Bahkan ada kelompok masyarakat yang sering mengadakan ritual khusus untuk menyambut datangnya musim panen durian, di beberapa tempat juga bahkan ada yang mempunyai tradisi untuk mengkonsumsi buah durian. Terlepas dari semua itu, telah dilakukan beberapa penelitian yang menunjukan hasil bahwa buah durian memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Lalu, apa saja manfaat buah durian bagi tubuh manusia?

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah durian untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa buah durian memiliki kandungan vitamin C dan juga senyawa antioksidan, keduanya sangat berperan penting dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh dan menangkal serangan radilak bebas yang akan masuk ke dalam tubuh dan memicu berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah durian ini, maka daya tahan tubuh akan tetap terlindungi dengan baik dan tidak akan mudah sakit.

  1. Menghangatkan Tubuh

Percaya atau tidak, ternyata mengkonsumsi buah durian di malam hari atau pada saat cuaca dingin dapat membantu menghangatkan tubuh. Hal ini dikarenakan, di dalam buah durian terdapat kandungan karbohidrat dan juga glukosa yang dapat menghangatkan tubuh. Tingginya kedua kandungan zat tersebut akan dapat mempengaruhi fungsi dari organ hati yang berperan sebagai pengendali suhu tubuh. sehingga sudah dapat dipastikan, setiap setelah mengkonsumsi buah durian ini suhu tubuh akan meningkat dengan sendirinya ketika tubuh merasa kedinginan.

  1. Menghentikan Perkembangan Sel Kanker

Manfaat buah durian berikutnya yaitu terbukti efektif untuk membantu mencegah dan menghentikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Hal ini dikarenkan, di dalam buah durian terdapat kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi, senyawa inilah yang dapat menangkal serangan radikal bebas dan menghentikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

  1. Membantu Meningkatkan Stamina Pria Dewasa

Tidak hanya baik untuk kesehatan umum, tenyata dengan mengkonsumsi buah durian dalam jumlah yang cukup dapat membantu meningkatkan stamina kaum pria yang loyo. Hal ini sudah sangat dipercayai oleh penduduk di negeri Jiran, Malaysia. Banyak kaum pria dewasa di negara tetangga tersebut yang sering memanfaatkan buah durian ini untuk meningkatkan stamina kejantanannya. Jika anda masih tidak percaya, tidak ada salahnya untuk dicoba.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Di dalam buah durian memiliki kandungan zat organosulfur, kandungan zat ini mampu mengurai kadar kolesterol dalam darah. Bagi anda yang menderita penyakit kolesterol tinggi, salah satu cara terbaik dan alami untuk menurunkannya yaitu dengan mengkonsumsi buah durian. Namun pastikan anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, jika anda ragu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

  1. Anti Tumor Alami

Selain dapat mencegah dan menghentikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh, ternyata mengkonsumsi buah durian juga dapat berfungsi sebagai obat alami anti tumor. Hal ini dikarenakan, menurut hasil penelitian dari Department of Pharmacology & Toxicology dari State University of Newyork di Buffalo menjelaskan bahwa di dalam buah durian mengandung zat yang bernama phytosterol. Kandungan zat inilah yang dapat berperan sebagai pencegah atau anti tumor dan juga kanker.

  1. Mengobati Gangguan Pada Pankreas

Buah durian juga dapat kita manfaatkan sebagai obat pankreas alami yang terbukti ampuh. Mungkin masih banyak orang yang tidak menduga akan khasiat dan manfaat buah durian ini, tetapi khasiat dari buah durian ini sudah terbukti dapat menjadi obat pankreas yang sangat ampuh asalkan di konsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

  1. Mencegah Depresi

Meskipun sekilas terdengar aneh, tetapi ternyata dari hasil penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi buah durian dapat bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan tingkat depresi. Hal ini karenakan, di dalam buah durian mengandung trytophan yang sejenis dengan zat asam amino yang dapat berubah menjadi seretonin di dalam otak. Seretonin ini adalah suatu zat kimia yang dihasilkan oleh otak untuk menjadikan tubuh seseorang menjadi lebih tenang dan rileks. Otak biasanya akan menghasilkan zat tersebut pada saat otak mendapatkan rangsangan positif seperti ketika sedang merasa bahagia. Tingkat seretonin tersebut akan semakin meningkat pada saat seseorang sedang jatuh cinta.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah durian untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli kepada 200 para pelajar, hasil penelitian tersebut menujukan jika kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam buah durian ini mampu merangsang kecerdasan otak anak dalam menangkap pelajaran, sehingga mereka mampu menyelesaikan ujian dengan hasil yang memuaskan. Dalam hal ini, ternyata jelas jika buah durian ini memilki kemampuan untuk mendorong kemampuan belajar anak sehingga membuat mereka menjadi lebih sehat dan cerdas.

  1. Menjaga Kesehatan Mata Dan Mencegah Katarak

Kehebatan dari buah durian ini ternyata tidak hanya dapat mencegah kanker dan mencerdaskan otak anak saja, tetapi juga dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah mata katarak. Hal ini dikarenakan, di dalam buah naga tersimpan kandungan phytonutrient yang berfungsi untuk membersihkan kornea dan juga pupil mata. Dengan demikian, maka seseorang yang rutin mengkonsumsi buah durian dalam jumlah cukup dan teratur akan mempunyai mata yang sehat dan memiliki resiko mengalami mata katarak.

  1. Pengontrol Diet Alami

Buah durian juga sangat baik dan cocok untuk dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet sehat, karena buah durian mengandung karbohidrat sekitar 20% – 30%, sehingga dengan mengkonsumsi buah durian ini dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Dengan demikian, anda dapat menjalankan diet sehat dengan baik dan berat badan anda pun akan menjadi lebih ideal.

  1. Mencegah Stroke

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh The New England Journal of Medicine menjelaskan bahwa, mengkosumsi buah durian dalam jumlah yang cukup ternyata mampu menekan resiko penyakit stroke hingga 40%. Maka, jangan pernah lagi menganggap jika buah durian dapat menyebabkan kolesterol tinggi asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Demikian pembahasan kali ini mengenai beragam manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh, semoga pembahasan kami diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat makan durian
12 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: