15 Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Jambu Air

Manfaat Buah Jambu Air

Manfaat Buah Jambu Air  – Jambu air merupakan jenis buah yang pada tanamannya termasuk dalam jenis tanaman dari suku myrtaceae yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Buah jambu air memiliki rasa manis menyegarkan, karena di dalam buah ini mengandung kadar air yang sangat tinggi sehingga dapat membantu meredakan rasa haus saat mengkonsumsinya.

Jambu air sendiri terdiri dari beberapa jenis, namun hampir semua jenis jambu air yang ada di Indoneia ini memiliki kandungan nutrisi yang sama lengkap dan baik untuk tubuh.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Jambu Air

Buah jambu air sendiri sangat kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperti vitamin A, C, asam sitrat, serat, kalsium, magnesium, potassium, zat besi, thiamin, riboflavin dan juga zinc serta beberapa kandungan zt penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan

Dilihat dari kandungan nutrisi yang terdapat pada buah jambu air ini, ada banyak sekali manfaat yang dapat anda rasakan dengan rutin mengkonsumsinya. Penasaran, apa saja manfaatnya? Langsung saja simak ulasan selengkapnya pada artikel kesehatan yang telah kami siapkan dibawah berikut ini.

  1. Mencegah Dehidrasi

Seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa di dalam jambu air mengandung kadar air yang sangat tinggi seperti pada buah semangka. Tahukah anda, ternyata kandungan air yang terdapat pada buah jambu air ini sangat baik untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan tubuh mudah capek dan lelah.

  1. Membantu Meningkatkan Kesuburan Kaum Pria

Di dalam buah jambu air juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk membantu meningkatkan tingkat kesuburan pada kaum pria. Vitamin C tersebut dapat berperan penting sebagai sumber antioksidan  yang mampu menjaga kesehatan sel dalam tubuh dan juga mencegah teradinya kerusakan pada kualitas sperma.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Jambu air juga sangat baik dikonsumsi secara rutin setiap hari, karena kandungan nutrisi dan vitamin penting yang ada di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Seperti hal nya vitamin A, vitamin tersebut sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan mata dan mengatasi masalah mata lelah.

  1. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat pada buah jambu air sangat baik untuk membantu memperlancar sistem pencernaan, sehingga jambu air ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda yang sedang mengalami masalah pada pencernaan seperti susah buang air besar, diare, sembelit dan juga berbagai gangguan pencernaan lainnya.

  1. Menghilangkan Pembengkakan

Buah jambu air tidak hanya baik dikonsumsi, tetapi juga dapat digunakan untuk mengurangi efek pembengkakan yang terjadi pada bagian tubuh seperti tangan dan kaki serta bagian tubuh lainnya. Cara mengatasinya yaitu cukup mudah, anda hanya perlu menghaluskan buah jambu air dan membalurkannya pada bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Sensasi dingin yang dihasilkan dapat menjadikan kulit terasa nyaman, rileks dan mempercepat proses penyembuhan.

  1. Mencegah Infeksi Kulit

Kandungan senyawa anti mikroba dan juga anti-inflamasi yang terdapat pada buah jambu air ini mampu mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh virus dan juga akibat alergi ketika terjadi kontak secara langsung dengan beberapa faktor eksternal yang ada di lingkungan sekitar.

  1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat lain dari buah jambu air ini yaitu dipercaya mampu mencegah seseorang yang mengkonsumsinya terkena penyakit osteoporosis. Hal ini dikarenakan, di dalam jambu air mengandung kandungan mineral penting yang sangat baik untuk memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan tulang. Maka, dengan anda rutin mengkonsumsi buah jambu air secara rutin setiap hari mampu mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang seiring bertambahnya usia.

  1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Di dalam buah jambu air mengandung vitamin B kompleks yang sangat baik untuk menjaga dan sekaligus meningkatkan kemampuan kognitif bagi seseorang yang rutin mengkonsumsinya. Selain itu, kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk menutrisi jaringan saraf, otak dan juga kesehatan tulang belakang.

  1. Menetralisir Zat Racun Pada Organ Hati Dan Ginjal

Fungsi dari organ hati dan ginjal yaitu dapat bekerja untuk membersihkan tubuh dari berbagai zat beracun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Agar fungsi dari kerja kedua organ tubuh tersebut tetap optimal, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi buah jambu air dalam jumlah cukup setiap harinya.

  1. Mencegah Penyakit Cacar

Dengan rutin mengkonsumsi buah jambur air baik secara langsung maupun dijadikan sebagai minuman jus, maka tubuh akan terhindar dari resiko terkena cacar atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama smallpox.

  1. Mencegah Epilepsi

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit epilepsi, maka sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah jambu air setiap hari. Hal ini dikarenakan, kandungan mineral penting seperti magnesium dan mangan yang terdapat pada buah jambur air ini sangat bermanfaat untuk mencegah kambuhnya serangan epilepsi.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Bagi para kaum wanita, sebaiknya anda senantiasa merawat payudara anda agar tetap sehat dan terhindari dari resiko terkena kanker payudara. Salah saty cara untuk menekan resiko terkena kanker payudara bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah jambu air secara rutin dan teratur. Sebab, Di dalam jambu air mengandung kadar lemak yang sangat rendah dan mengandung vitamin yang cukup tinggi. dengan demikian, mengkonsumsi buah jambu air secara tidak langsung akan menurunkan resiko terkena kanker payudara pada wanita.

Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kecantikan

  1. Dapat Mencerahkan Kulit Wajah Kusam

Tingginya kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jambu air ini sangat dipercaya mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam secara alami. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin memiliki kulit wajah cerah dan bercahaya, maka cobalah melakukan perawatan kulit wajah dengan menggunakan jambu air.

  1. Meremajakan Kulit

Manfaat lain dari jambu air untuk kecantikan yaitu dipercaya mampu melakukan peremajaan sel dan jaringan kulit wajah. Dengan melakukan perawatan kulit secara rutin dan teratur menggunakan masker wajah alami yang terbuat dari jambu air, maka kulit wajah anda akan tampak lebih sehat, kencang dan awet muda serta terhindar dari berbagai masalah kulit lainnya.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Komponan yang paling penting di dalam buah jambu air ini yaitu kandungan vitamin C yang juga dapat berperan sebagai senyawa antioksidan tinggi. Senyawa ini mampu mencegah terjadinya proses penuaan dini yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti lingkungan dan penggunanan prodiuk kosmetik yang tidak sesuai. Beberapa tanda penuaan dini yang bisa terjadi yaitu seperti kulit kusam, kering, muncul garis-garis halus, kerutan dan juga tanda-tanda penuaan dini lainnya.

Cara Melakukan Perawatan Kecantikan Dengan Jambu Air

Caranya yaitu :

  • Pertama-tama siapkan beberapa buah jambu air segar yang sudah matang, lalu haluskan dengan diparut atau di blender.
  • Setelah itu, gunakan masker jambu air tersebut sebagai maker wajah alami.
  • Lakukan perawatan kecantikan dengan masker jambu air ini secara rutin dan teratur 2-3 kali seminggu.

Bagaimana, sangat mudah bukan?

Demikian beberapa manfaat buah jambu air untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kami sampaikan, semoga artikel yang kami suguhkan diatas dapat bermanfaat untuk anda semua dan selamat mencoba.

Loading...
15 Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error: