10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Buah Kersen

Manfaat Buah Kersen

Sehat-natural.com – Buah kersen atau dikenal juga dengan nama buah talok. Buah kersen memiliki bentuk bulat berukuran kecil berwarna merah segar. Banyak orang yang mengatakan jika buah kersen ini mirip dengan buah ceri, rasa buah ini pun sangat manis. Pohon buah kersen memiliki ukuran yang cukup tinggi dan jumlah buahnya sangat banyak ketika sedang berbuah, cara menanan tanaman ini sangat mudah karena tumbuhan ini juga termasuk tumbuhan liar yang bisa tumbuh subur dimana saja tanpa perlu dilakukan perawatan khusus. Maka tak heran jika tumbuhan ini mudah ditemukan dimana saja.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Kersen

Meskipun hanya tumbuhan luar, tetapi di dalam buah kersen memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh jika rutin mengkonsumsinya. Beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah kersen diantaranya seperti vitamin A, vitamin C,  karbohidrat, kalsium, fosfor, protein, beta karoten, zat besi, lemak, riboflavin, titanin dan niacin. Buah kersen ini sering dijadikan sebagai cemilan, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beragam manfaat yang bisa anda rasakan dengan rutin mengkonsumsi buah kersen, diantaranya yaitu :

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa di dalam buah kersen mengandung vitamin A dan juga beta karoten yang sangat baik dan dibutuhkan untuk menutrisi mata agar kesehatan mata tetap terjaga dengan baik. Selain itu, dengan rutin mengkonsumsi buah kersen juga dapat mencegah berbagai gangguan pada mata seperti mata rabun, mata katarak dan ganguan kesehatan mata lainnya.

  1. Mengobati Asam Urat

Bagi anda yang menderita penyakit asam urat, pastinya anda sudah sangat terganggu dengan rasa sakit yang menyiksa. Untuk meredakan rasa sakit akibat asam urat yang sedang anda derita, maka anda bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi langsung buahnya atau minum air rebusan daun kersen secara rutin dan teratur setiap hari. Karena tidak hanya buahnya, daun buah kersen pun bisa anda manfaatkan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengobati asam urat.

Caranya yaitu, ambil segenggam daun kersen segar dan cuci sampai bersih dibawah air mengalir. Setelah itu, rebus dengan segelas air dan biarkan hingga mendidih sampai air rebusannya hanya tersisa setengah gelas saja. setelah itu, saring dan biarkan sampai cukup hangat untuk diminum. Minum 2 kali sehari sampai kadar asam urat kembali normal dan rasa sakit hilang.

  1. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Mengkonsumsi buah kersen juga ternyata dipercaya cukup ampuh untuk membantu dalam menurunkan berat badan berlebih. Percaya atau tidak, ternyata buah kersen mengandung karbohidrat yang cukup tinggi yang sangat bermanfaat untuk menunda rasa lapar lebih lama. Sehingga buah kersen sangat cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet sehat untuk menurunkan berat badan, anda bisa jadikan buah kersen sebagai cemilan sehat setiap hari.

  1. Bersifat Anti Tumor

Tahukan anda, ternyata buah yang tumbuh pada tanaman liar ini sangat berkhasiat sebagai anti tumor. Zat yang terkandung di dalam buah kersen ini sangat baik untuk menghambat pertumbuhan dan juga perkembangan sel-sel tumor atau kanker di dalam tubuh. Buah kersen memiliki kandungan vitamin A dan C serta beta karoten yang dapat berperan sebagai zat antioksidan yang sangat ampuh untuk mencegah dan melawan serangan radikal bebas penyebab kanker.

Selain itu, di dalam buah kersen juga mengandung senyawa flavonoid yang sangat baik untuk membantu proses penghambatan terhadap pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Oleh karena itu, dengan rutin mengkonsumsi buah kersen secara rutin dan dalam jumlah cukup setiap hari dipercaya mampu menghindarkan anda dari resiko terkena kanker.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Di dalam buah kersen juga mengandung kalium yang sangat baik untuk membantu mengontrol  dan sekaligus menstabilkan tekanan darah. Maka dengan rutin mengkonsumsi buah kersen secara rutin dan teratur dapat meminimalisir resiko serangan penyakit jantung dan juga stroke akibat dari tekanan darah yang terlampau tinggi.

  1. Anti Inflamasi

Buah kersen juga memiliki sifat anti inflamasi yang sangat berguna untuk membantu dalam mecegah resiko peradangan, bahkan buah kersen juga terbukti sangat ampuh untuk membantu dalam menurunkan demam. Untuk mendapatkan manfaat dari buah ini secara optimal dalam mengibati peradangan yang terjadi, sebaiknya anda rutin mengkonsumsi buah kersen  dalam jumlah cukup atau bisa juga dengan minun air rebusan buah kersen.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Dengan rutin mengkonsumsi buah kersen secara langsung mauoun dengan rutin minum air rebusan daun kersen sangat dipercaya mampu menjaga kesehaan jantung. Kandungan kalium yang terdapat pada buah kersen ini memiliki kemampuan yang dapat membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh organ tubuh seperti jantung. Seperti yang kita tahu bahwa organ jantung sendiri bertugas untuk memompa darah, sehingga apabila kondisi kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik peredaran darah pun akan mengalir dengan lancar ke seluruh organ yang ada dalam tubuh.

  1. Sangat Baik Untuk Penderita Diabetes

Manfaat buah kersen tidak hanya baik untuk mencegah kanker dan juga menjaga jantung tetap sehat dan dapat bekerja dengan baik, tetapi juga sangat bermanfaat untuk para penderita penyakit diabetes. Meskipun rasanya sangat manis, tetapi buah kersen ini sangat aman dikonsumsi oleh pasien diabetes. Rasa manis dari buah kersen ini karena adaya kadar gula alami yang sangat baik dan aman untuk penderita diabetes, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Selain buahnya, daun kersen juga sangat ampuh untuk membantu menurunkan kadar glukosa dalam darah pada tubuh penderita diabetes, karena di dalam daun buah kersen mengandung senyawa kimia yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan produksi hormon insulin, sehingga proses metabolisme gula dalam darah dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Cara membuat ramuannya yaitu, siapkan 100 gram daun buah kersen dan bersihkan dengan air mengalir. Setelah itu rebus dengan segelas air putih bersih hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja, lalu saring airnya dan minum selagi masih hagat secara rutin dan teratur pada pagi dan malam sebelum tidur.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah kersen juga sangat efektif untuk membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh, ini dikarenakan di dalam buah kersen mengandung serat alami yang cukup tinggi. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah kersen dapat membantu melancarkan buang ari besar, sembelit dan mencegah berbagai gangguan pencernaan lainnya.

  1. Membasmi Bakteri Jahat

Jika bakteri masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mengalami berbagai gangguan kesehatan dan menyebabkan munculnya berbagai jenis penyakit. Untuk membasmi bakteri jahat yang masuk ke dalam tubuh, karena di dalam buah kersen mengandung zat yang bersifat anti bakteri.

Itulah beberapa manfaat buah kersen yang perlu dan penting untuk anda ketahui. Jadi, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah kersen atau bahkan menanam tumbuhan liar ini di kebun atau di belakang rumah anda.

Loading...
10 Manfaat Buah Kersen Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: