10 Manfaat Buah Loofah dan Efek Sampingnya

Manfaat Buah Loofah

Manfaat Buah Loofah

Sehat-natural.com – Pernahkah anda melihat atau mengkonsumsi buah loofah? Bagi sebagian masyarakat mungkin masih terdengar asing dengan nama buah yang satu ini, namun pada beberapa waktu lalu masyarakat di Indonesia pernah digegerkan dengan penampakan dari jenis buah yang memiliki bentuk mirip dengan payudara seorang perempuan. Buah tersebut bukan lain adalah buah loofah.

Buah lopfah memang bukan jenis buah asli dari Indonesia, melainkan jenis buah yang banyak ditemukan dan dibudidayakan di negara Vietnam. Buah ini memiliki ciri-ciri berwarna merah muda dan pada bagian ujung buahnya membesar dan terdapat benjolan kecil yang sangat mirip dengan bentuk puting payudara perempuan. Memang terdengar sedikit vulgar, namun buah ini memang benar-benar nyata adanya.

Buah loofah sendiri sebenarnya masih termasuk ke dalam jenis timun dengan nama ilmiah Luffa Aegyptiaca dan termasuk salah satu jenis sayuran. Ditempat asalnya, buah loofah sering di manfaatkan sebagai bahan bahan masakan seperti sup dan aneka masakan lainnya.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Loofah

Meskipun memiliki bentuk yang agak aneh dan membuat orang yang melihatnya berpikiran aneh, namun ternyata buah ini memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan baik untuk tubuh. berikut ini kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam buah Loofah, terdiri dari vitamin, serat, mineral, asam folat, kalori, energi, karbohidrat, lemak dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Dari hasil penelitian, di dalam setiap 250 gram buah loofah ini mengandung :

  • Sumber energi sebanyak 40 kal
  • Mengandung kalori sebanyak 8 kal atau 2 gram
  • Mengandung lemak sebanyak 2,25 kal atau 0,25 gram
  • Mengandung karbohidrat sebanyak 38 kal atau 9,5 gram

Lalu, apa saja manfaatnya?

Manfaat Buah Loofah Untuk Kesehatan Tubuh

Berdasarkan dari kandungan nutrisinya, buah loofah ini memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya yaitu :

  1. Mengatasi Sembelit Dan Susah Buang Air Besar

Di dalam buah loofah mengandung serat yang cukup tinggi sama seperti pada buah timun, kandungan serat ini sangat efekif untuk membantu mengatasi sembelit yang sangat baik untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan, salah satunya ampuh untuk mengatasi sembelit dan susah buang air besar.

  1. Dapat Dijadikan Sebagai Bahan Untuk Membuat Sayuran Yang Nikmat

Apakah anda ingin mencoba masakan sayuran yang berbeda namun nikmat? Maka tidak ada salahnya jika anda mencoba memasak sayur dengan menggunakan bahan buah loofah, buah loofah muda sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk dijadikan masakan seperti sayur dan juga sup. Rasa sayur yang terbuat dari loofah ini hampir mirip dengan rasa sayur oyong yang biasa kita masak sehari-hari.

  1. Dapat Dijadikan Sebagai Spon Untuk Mandi

Mungkin anda tidak akan pernah percaya, ternyata buah loofah ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai makanan  sehat untuk dikonsumsi saja tetapi juga bisa anda jadikan sebagai spon untuk membersihkan badan saat mandi. Caranya pun sangat mudah, pertama-tama bersihkan buah loofah sampai hanya tersisa seratnya saja yang disebut dengan xylem. Nah, bagian inilah yang bisa kita jadikan sebagai spon untuk mandi.

Bahkan serat buah loofah yang sudah kering bisa dijadikan sebagai alat gosok untuk membersihkan peralatan masak dan makan yang kotor. Fungsi dari serat buah loofah ini memang sangat efektif untuk membersihkan lemak dan sisa-sisa kotoran yang menempel.

  1. Dapat Dijadikan Sebagai Bahan Baku Untuk Membuat Furnitur

Ada juga yang sering memanfaatkan buah loofah ini sebagai bahan baku untuk membuat berbagai produk furnitur, pengrajin yang membuat furnitur dari bahan dasar buah loofah ini bisa kita temukan di negara Paraguay. Namun bahan dasar yang digunakan tidak hanya menggunakan buah loofah saja, tetapi juga dicampur dengan menggunakan bahan material lainnya.

  1. Dapat Di Jadikan Cemilan Sehat

Buah loofah juga bisa anda manfaatkan sebagai bahan untuk membuat cemilan sehat yang enak seperti sneck dan jenis makanan ringan lainnya untuk dihidangkan bersama keluarga di rumah. Caranya yaitu, iris-iris terlebih dahulu buah loofah, lalu taburi dengan bumbu dan goreng hingga kering. Anda pasti akan ketagihan dengan rasanya yang renyah dan nikmat.

  1. Dapat Di Jadikan Sebagai Obat Batuk Alami

Kandungan zat dan nutrisi lain yang terkandung di dalam buah loofah sangat efektif untuk membantu meredakan batuk, maka banyak masyarakat tempat buah ini berasal menjadikan buah ini sebagai obat alami untuk mengobati batuk. Caranya yaitu, rebus buah lofah dan minum air rebusan buah loofah tersebut untuk mengobati batuk. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai batuk sembuh.

  1. Dapat Meredakan Rasa Sakit Pada Persendian

Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan pada buah loofah ini menunjukan jika buah loofah sangat efektif untuk meredakan rasa sakit dan nyeri akibat radang pada persendian. Caranya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah lofat secara rutin dan teratur atau anda juga bisa merebusnya, lalu minum air rebusan buah loofah tersebut secara rutin sampai rasa sakit pada persendian hilang.

  1. Mengatasi Pembengkakan

Dengan rutin mengkonsumsi buah loofah secara rutin dan teratur dapat membantu mengatasi pembengkakan pada area sinus ataupun nasal, kandungan zat yang ada di dalam buah loofah mampu meredakan efek dari peradangan yang terjadi sehingga pembengkakan akan segera kempes dan sembuh.

  1. Buah Loofah Dapat Melancarkan Produksi Asi

Bagi bunda yang mengalami kekurangan produksi ASI saat menyusui, maka bunda bisa mengkonsumsi buah loofah ini secara rutin sampai produksi ASI kembali normal. Hal ini dikarenakan, salah satu manfaat buah loofah sendiri terbukti efektif untuk memperbanyak dan melancarkan produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

  1. Dapat Memperlancar Siklus Haid

Bagi anda para wanita yang memiliki masalah dengan siklus haid yang tidak lancar dan teratur setiap bulannya, atau anda sering merasakan rasa sakit yang menyiksa selama haid. Maka untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi buah loofah secara rutin dan teratur. Karena kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini dipercaya mampu memperlancar siklus haid dan menghilangkan rasa sakit saat haid.

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Loofah

Meskipun buah loofah terkenal memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan, namun tetap saja jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping tertentu bagi yang mengkonsuminya. Buah loofah sendiri di sinyalir memiliki kandungan zat yang dapat menyebabkan beberapa kerugian bagi yang mengkonsumsinya.

Mengkonsumsi buah loofah secara berlebihan dan sering dapat menyebabkan orang yang mengkonsumsinya mengalami pusing, iritasi, kehilangan kemampuan dalam berkonsentrasi dan bahkan bisa mengalami kehilangan kesadaran. Maka dari itu, penting untuk anda perhatikan dalam mengkonsumsi buah berbentuk unik dan aneh ini secara berlebihan.

Bahkan bagi seseorang yang menderita mimisan dan kemudian mengkonsumsi buah loofah, maka kondisi pendarahan yang terjadi bisa semakin parah. Jika kondisi ini terjadi pada diri anda, maka segera hentikan mengkonsumsi buah loofah dan segera konsultasikan dengan dokter terdekat.

Demikianlah informasi yang bisa kami bahas pada artikel kesehatan kali ini mengenai manfaat buah loofah untuk kesehatan, semoga apa yang kami bahas di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Loading...
10 Manfaat Buah Loofah dan Efek Sampingnya | Khumaira | 4.5
error: