39 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Buah Mangga

Manfaat Buah Mangga

Manfaat Buah Mangga – Sudah banyak yang meyakini jika buah mangga tidak hanya enak, tetapi juga memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Bahkan saat ini banyak sekali berbagai produk makanan dan minuman yang mengandung bahan utama dari buah mangga, sehingga untuk mendapatkan manfaat buah mangga ini tidak perlu lagi menunggu saat musim panen karena sudah banyak tersedia dalam bentuk olahan makanan dan minuman.

Buah mangga sendiri merupakan termasuk jenis buah dari tumbuhan tropis yang banyak tumbuh di banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia. Di dalam buah mangga ini mengandung banyak sekali kandungan nutrisi, sehingga sudah tidak perlu diragukan lagi akan manfaatnya jika rutin mengkonsumsinya.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Mangga

Buah mangga tidak hanya populer di Indonesia saja, tetapi di berbagai negara di dunia pun buah yang satu ini ssangat populer. Bahkan buah naga telah dinobatkan sebagai salah satu jenis buah paling populer dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat di seluru dunia. Bukan tanpa alasan, karena di dalam buah mangga mengandung banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang sangat lengkap, sehingga dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin dan teratur sangat baik untuk kesehatan.

Penasaran, apa saja kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam buah mangga? Mari langsung saja kita simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

Di dalam setiap 100 gram buah mangga mengandung :

  1. Vitamin Sebanyak C 27.7 mg
  2. Vitamin Sebanyak A 765 IU
  3. Vitamin Sebanyak E 1,12 mg
  4. Vitamin Sebanyak K 4,2 mg
  5. Energi Sebanyak 70 Kcal
  6. Karbohidrat Sebanyak 17 g
  7. Protein Sebanyak 0,5 g
  8. Total Lemak Sebanyak 0.27 g
  9. Kolesterol Sebanyak 0 mg
  10. Diet Serat Sebanyak 1.80 g
  11. Vitamin Folat Sebanyak 14 mg
  12. Niacin Sebanyak 0.584 mg
  13. Asam pantotenat Sebanyak 0.160
  14. Pyridoxine Sebanyak (vit B-6) 0.134 mg
  15. Riboflavin Sebanyak 0,057 mg
  16. Thiamin Sebanyak 0.058 mg
  17. Elektrolit Sodium Sebanyak 2 mg
  18. Kalium Sebanyak 156 mg
  19. Mineral Kalsium Sebanyak 10 mg
  20. Tembaga Sebanyak 0.110 mg
  21. Besi Sebanyak 0,13 mg 1,5%
  22. Magnesium Sebanyak 9 mg 2%
  23. Mangan Sebanyak 0,027 mg 1%
  24. Seng Sebanyak 0,04 mg
  25. Fitonutrisi Karoten Sebanyak -β 445 mg
  26. Karoten Sebanyak -α 17 ug
  27. Crypto-xanthin Sebanyak -β 11 ug

(Sumber: USDA – National Nutrient date base)

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beragam manfaat yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah mangga bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Baik Untuk Pasien Penderita Diabetes

Kandungan indeks glikemik yang terkandung di dalam buah mangga di nilai sangat rendah yaitu antara 41-60, sehingga buah ini sangat aman dan baik dikonsumsi oleh pasien penderita penyakit diabetes. Mengkonsumsi buah mangga dalam jumlah yang cukup tidak akan menyebabkan terjadi peningkatan terhadap kadar glukosa dalam darah yang dapat memperburuk kesehatannya. Selain buahnya, ternyata daun mangga juga sangat baik untuk dijadikan sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Caranya membuat ramuannya sangat mudah, anda cukup merebus 5-6 daun buah mangga dengan 2 gelas air. Biarkan sampai mendidih dan air hanya tersisa 1 gelas saja. setelah itu, biarkan air rebusan daun mangga tersebut selama satu malam. Pada keesokan paginya, saring airnya dan minum sampai habis di pagi hari sebelum sarapan. Ramuan ini sangat berkhasiat untuk mengendalikan kadar insulin dalam tubuh, maka kara gula darah akan berangsur-angsur menurun.

  1. Mencegah Degenerasi Makula

Di dalam buah mangga juga mengandung zat antioksidan bernama Zeaxanthin, kandungan zat antioksidan ini dapat berperan dengan aktif untuk menjaga kesehatan mata, menangkal serangan radikal bebas dan kerusakan dari proses degenerasi makula. Dengan mengkonsumsi buah mangga dalam jumlah cukup secara rutin setiap hari, maka sudah terbukti mampu menurunkan perkembangan dari degenerasi makula yang terkait dengan faktor usia.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan vitamin, Serat dan juga Kalium yang terkandung di dalam buah mangga secara keseluruhan dapat membantu dalam menangkal berbagai penyebab penyakit jantung. Dengan adanya peningkatan asupan kalium yang secara bersamaan dengan dilakukannya penurunan asupan natrium, maka mampu memberikan perubahan pada pola makan dan dapat menurunkan resiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

  1. Mencegah Kanker

Hasil dari sebuah penelitian menunjukan jika kandungan senyawa antioksidan yang terdapat di dalam buah mangga segar mampu melindungi usus besar, payudara, leukemia dan prostat dari resiko terkena kanker. Jenis senyawa ini termasuk ke dalam jenis isoquercitrin, quercetin, fisetin, astragalin, asam galat, methylgallat dan juga enzim dalam jumlah yang sangat melimpah.

  1. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Di dalam buah mangga juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, serat dan juga pektin yang terbukti secara ilmiah mampu membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. Selain itu, di dalam buah mangga juga kaya akan kandungan kalium yang merupakan komponen penting yang mampu mengontrol fungsi dan detak jantung serta tingkat tekanan darah dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah mangga berikutnya yaitu dipercaya mampu menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan tulang pada tubuh anak-anak. Hal ini dikarenakan, selain mengandung kalsium dalam jumlah cukup tinggi, buah mangga juga memiliki kandungan vitamin K yang sangat baik dan dibutuhkan untuk menutrisi tulang.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang terkandung di dalam buah mangga sama hal nya dengan buah pepaya, sehingga dengan rutin mengkonsumsi buah mangga setiap hari mampu membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah berbagai gangguan pada pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan juga mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang sistem pencernaan.

  1. Mencegah Dan Mengobati Anemia

Di dalam buah mangga juga sangat kaya akan mineralnya, termasuk zat besi. Maka dengan rutin mengkonsumsi atau minum jus mangga secara rutin dan teratur dapat membantu mencegah penyakit anemia dan bahkan dapat menjadi obat anemia yang sangat ampuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Agar indera penglihatan kita tetap terjaga dengan baik dan tahan terhadap berbagai pengaruh yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan mata, maka dengan rutin mengkonsumsi buah mangga mampu menjaga mata tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

  1. Mencegah Asma

Mengkonsumsi buah mangga juga ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah asma tidak mudah kambuh, karena di dalam buah mangga mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk kesehatan sistem pernapasan dan membantu mencegah penyakit asma.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah mangga sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit.

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Agar stamina tubuh tetap terjaga selama beraktivitas seharian, maka usahakan agar setiap pagi selalu sarapan dengan jus buah mangga. Kandungan energi yang cukup tinggi dalam buah mangga, ternyata mampu menjaga stamina tubuh sepanjang hari selama beraktivitas.

Itulah beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan yang dapat anda rasakan jika rutin mengkonsumsinya setiap hari, semoga artikel kesehatan ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

Loading...
39 Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: