12 Manfaat Buah Markisa Untuk Tubuh Anda

Manfaat Buah Markisa

Manfaat Buah Markisa

Sehat Alami – Tanaman buah markisa atau dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan passiflora quadrangularis L. Buah ini memiliki rasa manis dan asam ini begitu disukai oleh banyak orang mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua. Buah ini akan terasa lebih nikmat jika dijadikan sebagai minum jus.

Di Indonesia, buah markisa terdiri dari beberapa jenis yaitu buah markisa ungu (passiflora edulis var. Edulis), markisa kuning (passiflora edulis var. Flevicarpa), markisa konyal (passiflora lingularis) dan markisa erbis (passiflora quadrangularis). Semua jenis buah markisa tersebut memiliki kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda, sehingga semua jenis buah markisa ini sanga baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Di balik dari rasa buahnya yang sangat nikmat dan menyegarkan, tenyata ada banyak sekalo kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya, sehingga buah ini dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara rutin setiap hari.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Buah Markisa

Dari hasil penelitian, buah markisa memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya seperti zat fitokimia. Di dalam zat tersebut juga tersimpan beragam jenis zat lain seperti polifenol, harman, karotenoid, harmalin, harmol, harmine, passaflorine, viteksin karotenoid,, krisin, dan isoviteksin. Selain itu, di dalam setiap jenis buah markisa juga mengandung gizi seperti vitamin A, vitamin C, energi, protein, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, serat, karoten, tiamin, niasin, riboflavin, asam sitrat dan asam askorbat.

Dengan adanya beragam jenis kandungan nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam buah markisa, maka buah ini bermanfaat untuk mencegan dan membantu mengatasi berbagai penyakit dan masalah kesehatan dalam tubuh.

Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda rasakan dengan rutin mengkonsumsi buah markisa, diantaranya yaitu :

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Di dalam daging buah markisa terkenal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, kandungan serat tersebut sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan dan sekaligus melancarkan sistem pencernaan. Selain daging buahnya, biji buah markisa juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. dengan demikian, mengkonsumsi buah markisa dan bijinya dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah berbagai gangguan pada pencernaan seperti susah buang air besar dan sembelit serta menjaga usus tetap bersih.

  1. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Kandungan antioksidan dalam buah markisa terbukti sangat ampuh mencegah dan menangkan radikal bebas, karena radikal bebas merupakan molekul yang menjadi penyebab utama penyakit kanker dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah markisa dapat meminimalir resiko penyakit kanker dan sekaligus menghentilan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

  1. Mencegah Kambuhnya Penyakit Asma

Selain mengandung vitamin C, buah markisa juga memiliki kanduangan zat yang dapat mencegah serta menenangkan serangan penyakit asma. Buah markisa juga memiliki sifat yang dapat membantu memblokir histamin yang dapat menjadi penyebab kambuhnya asma.

  1. Memiliki Efek Relaksasi

Kandungan zat yang terdapat pada buah markisa juga dapat memberikan efek relaksasi terhadap perasaan dan pikiran seseorang yang rutin mengkonsumsinya, karena kandungan zat tersebut dapat membantu mengendurkan saraf sehingga dapat menjadikan pikiran menjadi lebih tenang. Dengan manfaat tersebut, maka manfaat buah markisa ini sangat baik untuk mengendalikan stres dan depresi.

  1. Mengatasi Insomnia

Jika anda saat ini sering menderita gangguan insomnia, maka buah markisa ini bisa membantu anda untuk mengatasinya. Buah markisa memiliki kandungan zat yang dapat memberikan efek tenang pada saraf dan menjadikan pilkiran lebih tenang dan lebih rileks. Dengan kondisi seperti ini, maka anda akan mudah mengantuk dan cepat tertidur. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi atau minum segelas jus markisa sebelum tidur dapat membantu mengatasi gangguan insomnia yang sering melanda anda.

  1. Sumber nutrisi yang baik untuk tubuh

Seperti yang telah kami sampaikan diatas bahwa di dalam buah markisa ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan baik untuk tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi atau minum jus buah markisa kebutuhan nutrisi harian tubuh akan dapat terpenuhi dengan baik. Hal ini dikarenakan, di dalam setiap 100 gram buah mengandung vitamin A sekitar 1275 IU, vitamin C sekitar 30 mg, kalium sebanyak 348 mg dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berkat kandungan nutrisi yang lengkap seperti vitamin C, vitamin A dan senyawa antioksidan yang tinggi dalma buah markisa, maka mengkonsumsi buah markisa juga dapat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan kalium yang dimiliki buah markisa terbukti sangat efektif untuk membantu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi buah markisa dapat menurunkan resiko penyakit darah tinggi, penyakit jantung dan juga stroke. Hal ini dikarenakan, kandungan kalium akan bekerja dengan cara menenangkan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah. Di dalam tubuh manusia akan terjadi gerakan antara membran yang telah diatur oleh kalium.\

  1. Menurunkan Berat Badan

Jika anda saat ini sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, maka selain diimbangi dengan olahraga secara rutin dan teratur, anda juga sebaiknya perbanyak mengkonsumsi makan sehat yang kaya akan serat dan vitamin C serta rendah kalori. Salah satu makan terbaik untuk diet yaitu buah markisa, dengan rutin minum jus buah markisa selama menjalankan program diet, maka tingkat keberhasilan diet anda akan optimal.

  1. Mengobati Penyakit Anemia

Selain bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, ternyata buah markisa juga sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit anemia. Hal ini dikarenakan, di dalam buah markisa mengandung zat besi yang cukup tinggi sekitar 4 mg dari setiap satu cangkir buah markisa. Maka dengan rutin minum jus buah markisa secara rutin setiap hari, penyakit anemia yang sedang anda derita akan segera sembuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Bagi anda yang ingin terbebas dari masalah kesehatan mata seperti mata rabun, katarak, iritasi dan masalah kesehatan mata lainnya, maka sebaiknya anda rutin minum jus buah markisa secara rutin. Hal ini dikarenakan, di dalam buah markisa mengandung zat beta karoten yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Dengan rutin mengkonsumsi buah markisa, maka daya penglihatan mata pun akan semakin tajam.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Di dalam buah markisa mengandung asam folat yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan, terutama untuk usia kehamilan muda. Kandungan asam folat ini dapat menjaga kesehatan mental, otak dan juga dapat mencegah cacat tabung saraf pada janin selama dalam kandungan.

Itulah beberapa manfaat buah markisa untuk kesehatan tubuh yang perlu untuk anda ketahui, semoga artikel kesehatan yang kami bahas diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca sekalian.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...
12 Manfaat Buah Markisa Untuk Tubuh Anda | Khumaira | 4.5
error: