10 Manfaat Buah Melinjo Untuk Tubuh Anda

Manfaat Buah Melinjo

Manfaat Buah Melinjo

Sehat Alami – Apakah anda tahu apa itu buah melinjo? Buah yang dihasilkan dari pohon melinjo ini merupakan salah satu jenis buah yang sangat nikmat. Pohon melinjo sendiri termasuk ke dalam jenis pohon peneduh yang biasanya banyak kita temukan tumbuh di Indonesia dan juga di beberapa negara lain yang berada di kawasan Asia Tenggara. Bentuk dan ukuran dari pohon melinjo sendiri sangat besar dan memiliki banyak sekali cabang serta ranting pohonnya, sehingga pohon ini sangat rindah. Sedangkan ketinggian dari pohon melinjo sendiri bisa mencapai hingga 25 meter.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Buah Melinjo

Dari hasil penelitian menujukan bahwa di dalam buah melinjo ditemukan memiliki kandungan senyawa antioksidan yang tinggi, senyawa ini dihasilkan dari proses konsentrasi protein sekitar 9-10 persen pada setiap biji buah melinjo. Kandungan protein utamanya memiliki ukuran sekitar 30 kilo Dalton yang terbukti sangat efektif untuk melawan radikal bebas, radikal bebas ini dapat menjadi penyebab dari munculnya berbagai jenis penyakit.

Di Jepang pun telah dilakukan penelitian dan mengungkapkan bahwa buah melinjo termasuk salah satu jenis tumbuhan purba, secara evolusi tumbuhan ini sama dengan jenis tanaman Ginkgo Biloba yang banyak ditemukan di Jepang. Ginkgo Biloba sendiri merupakan salah sau spesies pohon tertua di dunia, tumbuhan ini telah tumbuh selama 150 sampai dengan 200 juta tahun.

Di dalam tumbuhan ini sering dimanfaatkan sebagai tonik otak, karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalam Ginkgo Biloba sangat baik untuk meningkatkan daya ingat otak. Selain itu, Ginkgo Biloba juga memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi, antioksidan ini sangat baik dan memiliki peran penting dalam melakukan oksidasi terhadap serangan radikal bebas penyebab proses penuaan dini dan juga penyebab pikun.

Hingga pada saat ini, menurut DR. Biokimia yang berasal dari seuah universitas terkemuka di Jepang yaitu Osaka Prefecture University, menjelaskan bahwa telah dilakukan isolasi terhadap dua jenis kandungan protein yang dapat menunjukan aktivitas antioksidan yang tinggi. Hampir seluruh bagian tumbuhan melinjo telah diekstraknya, mulai dari bagian daun, kulit batang, akar, buah dan biji.

Dari seluruh bagian dari tumbuhan melinjo tersebut, kandungan protein yang paling tinggi yaitu ditemukan pada bagian biji buah melinjo. Bahkan menurut dari hasil riset menunjukan bahwa aktivitas senyawa antioksidan yang terdapat pada kandungan fenolik hampir setara dengan kandungan antioksidan sintetik BHT.

Kandungan nutrisi lain yang terkandung di dalam buah melinjo, diantaranya yaitu :

  • Lemak
  • Sodium
  • Karbohidrat
  • Diet Serat
  • Protein
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin B3
  • Vitamin B5
  • Vitamin B6
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Kalium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Seng
  • Tembaga
  • Mangan
  • Masih banyak lagi kandungan nutrisi dan gizi penting lainnya.

Manfaat Buah Melinjo Untuk Kesehaan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat buah melinjo yang penting untuk diketahui, diantaranya yaitu :

  1. Membantu Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Antioksidan adalah kandungan nutrisi alami tertinggi yang terdapat di dalam buah melinjo, senyawa antioksidan ini sangat baik dan efektif untuk melawan serangan radikal bebas berbahaya serta dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. kandungan semyawa antioksidan ini dapat bekerja seperti vitamin C yang banyak ditemukan pada berbagai jenis buah-buahan lainnya.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Radikal bebas juga tidak hanya dapat menyebabkan kemunculan berbagai jenis penyakit berbahaya saja, tetapi juga dapat menyebabkan kulit mengalami proses penuaan dini seperti kulit keriput, flak hitam dan berbagai masalah penuaan lainnya. Dengan rutin mengkonsumsi buah melinjo, maka kulit akan kembali sehat dan terhindar dari resiko mengalami penuaan dini.

  1. Mengobati Hipertensi

Manfaat senyawa antioksidan lainnya yang terkandung di dalam buah melinjo yaitu terbukti efektif untuk membantu mencegah dan sekaligus mengobati penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Penyakit hipertensi ini sering menjadi penyebab utama seseorang menderita penyakit komplikasi seperti penyakit jantung dan stroke. Meski kandungan protein khusus dalam buah melinjo mampu mengatasi tekanan darah tinggi, namun anda tetap harus waspada jangan mengkonsumsi buah melijo ini secara berlebihan.

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Senyawa antioksidan juga dapat berperan penting dalam membantu meningkatkan kerja otak, sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Hal ini dikarenakan, seperti yang telah kami jelaskan pada pembahasan di atas bahwa, tanaman melinjo ini termasuk ke dalam jenis tanaman yang mirip dengan tanaman Ginko Biloba, sehingga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan terhadap daya ingat.

  1. Bahan Pengawet Alami

Pada ekstrak buah melinjo memiliki banyak sekali kandungan senyawa flavonoid dan antioksidan alami yang sangat tinggi. Buah melinjo ternyata tidak hanya dapat berperan penting dalam mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pengawet alami untuk makanan agar dapat bertahan lama.

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Buah melinjo juga sering dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai makanan ringan atau cemilan yang baik untuk membantu meningkatkan stamina tubuh, melinjo juga bisa di olah untuk dijadikan sebagai bahan makanan ringan lainnya. Maka jika anda sedang merasa kurang bersemangat dan sering merasa lelah, maka sebaiknya anda mengkonsumsi emping atau produk cemilan lain yang terbuat dari bahan buah melinjo.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Manfaat buah melinjo lainnya yang bisa anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsinya yaitu dapat membantu melancarkan buang air kecll. Penyebab dari susah buang air kecil sendiri disebabkan oleh karena adanya bakteri atau juga bisa disebabkan oleh karena adanya gangguan pada kandung kemih. Untuk mengobatinya, anda bisa mengkonsumsi buah melinjo yang sudah direbus atau bisa juga dengan cara menghirup uap dari air rebusan buah melinjo itu sendiri.

  1. Mencegah Anemia

Penyebab penyakit anemia sendiri sering kali dipicu oleh karena tubuh mengalami kehilangan banyak sel-sel darah merah yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan asupan oksigen dalam jumlah cukup. Kondisi tubuh yang mengalami anemia akan terasa lemah, sering merasa lelah dan kurang bersemangat dalam beraktivitas. Selain itu, sakit kepala dan pusing sering kali di alami oleh mereka yang menderita penyakit anemia. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi buah melinjo secara rutin dan teratur setiap hari agar tubuh dapat memproduksi sel darah merah kembali dengan baik dan lancar, sehingga penyakit anemia pun bisa segera teratasi.

  1. Mengobati Luka

Ketika pada tubuh anda terdapat luka, maka anda bisa segera megobatinya dengan menggunakan daun melinjo, caranya sangat mudah, anda cukup mengambil beberapa lembar daun melinjo yang masih segar dan beberapa siung bawah putih. Setelah itu haluskan kedua bahan alami tersebut hingga halus, lalu tempelkan pada bagian kulit atau tubuh yang terluka dan diamkan sampai kering. Dengan pengobatan diatas, maka luka akan segera sembuh dan luka akan menjadi cepat kering.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung termasuk salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan jika tidak segera ditangani dengan baik secara medis. Gejala yang ditimbulkannya memang tidak terlihat dengan jelas, untuk penyakit jantung cukup dengan rutin dan teratur mengkonsumsi buah melinjo atau produk olahannya dalam jumlah cukup. Hal ini dikarenakan, kandungan senyawa flavonoid dan kandungan senyawa antioksidannya sangat baik dan dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung.

Itulah tadi penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa manfaat buah melinjo untuk kesehatan tubuh, semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Selamat mencoba.

Loading...
10 Manfaat Buah Melinjo Untuk Tubuh Anda | Khumaira | 4.5
error: