10 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu

Sehat-natural.com – Mengkudu adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Ciri-ciri buah ini memiliki bentuk yang lonjong dan terdapat bintik-bintik pada permukaan kulit buahnya, namun banyak masyarakat yang tidak begitu suka dengan aroma dari buah ini. biasanya masyarakat umum banyak yang memanfaatkan buah mengkudu sebagai bahan untuk membuat olahan seperti sayur, bahan rujak dan juga sering dijadikan minuman jus.

Jika sebagian dari anda kurang begitu suka dengan buah ini, maka alangkah baiknya jika anda mengenal lebih dekat dulu tentang buah mengkudu. Hal ini dikarenakan, dari dulu buah ini dikenal memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis buah mengkudu yang tumbuh di dunia ini, dari data yang kami dapat bahwa buah mengkudu terdiri dari 80 jenis dan yang bisa dikonsumsi hanya terdiri dari 20 jenis saja. Sedangkan sisanya tidak bisa dikonsumsi karena mengandung racun yang sangat berbahaya bagi tubuh. Manfaat buah mengkudu sendiri memang sudah tidak perlu diragukan lagi, karena di dalam buah ini mengandung banyak sekali kandungan zat yang sangat baik dan penting untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Zat Di Dalam Buah Mengkudu

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan NCCAM mengungkapkan bahwa di dalam buah mengkudu mengandung banyak sekali jenis zat yang memiliki fungsi penting untuk tubuh manusia. Zat-zat tersebut mampu mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit, baik itu penyakit ringan hingga berbagai jenis penyakit berbahaya termasuk kanker.

Berikut ini beberapa kandungan nutrisi dan zat dalam buah mengkudu yang sangat penting untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  • Terpenoid
  • Vitamin
  • Protein
  • Mineral
  • Selenium
  • Scolopetin
  • Xeronine dan Proxeronine
  • Serat
  • Metil
  • Asetil
  • Morindone
  • Zat anti bakteri (seperti, Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis dan Escherichia coli)
  • Zat anti kanker
  • Zat bioaktif
  • Zat iridoid
  • Asam kapril

Itulah sebagian kandungan zat yang tekandung di dalam buah mengkudu, kandungan nutrisi dan zat tersebut memiliki peranan penting bagi tubuh dalam mencegah dan mengatasi berbagai penyakit dan gangguan kesehatan tubuh lainnya.

Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah mengkudu yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

  1. Mengobati Sakit Kepala

Setiap orang pastinya pernah mengalami sakit kepala, penyebab dari sakit kepala biasanya dikarenakan adanya penegangan di bagian otot dan saraf pusat. Meskipun hanya sakit biasa, tetapi jika tidak segera di obati akan sangat berbahaya dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Salah satu cara alami mengobati sakit kepala yaitu dengan mengkonsumsi buah mengkudu, karena di dalam buah mengkudu mengandung zat yang bersifat sebagai analgesik yang sudah terbukti secara ilmiah ampuh untuk meredakan rasa nyeri termasuk sakit kepala.

  1. Anti Peradangan

Manfaat buah mengkudu lainnya yaitu dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya peradangan. Hal ini dikarenakan, di dalam buah mengkudu mengandung zat yang berperan aktif sebagai anti-inflamasi sehingga dapat membantu mencegah dan mengatasi peradangan yang terjadi. Selain itu, adanya kandungan analgesik dari buah mengkudu tersebut juga sangat efektif untuk membantu meredakan rasa sakit akibat peradangan.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin dan teratur dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari serangan berbagai jenis penyakit, karena berkat kandungan nutrisi dan zat yang ada dalam buah mengkudu dapat membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh atau memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dikarenakan, di dalam buah mengkudu mengandung mineral alami yang sangat penting seperti peptida, vitamin C, vitamin E dan juga koenzim 10. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk mengaktifkan sistem imunitas tubuh. Dengan meningkatnya sistem imunitas tubuh, maka kondisi kesehatan tubuh akan tetap terjaga dan terhindari dari resiko berbagai jenis penyakit ringan seperti batuk, pilek, masuk angin dan jenis penyakit ringan lainnya yang biasanya disebabkan oleh perubahan cuaca.

  1. Mencegah Dan Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Di dalam tubuh terdapat kandungan kolesterol, namu kolsterol sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu ada kolsterol baik (HDL) dan ada kolesterol jahat (LDL). Jika kadar kolesterol jahat dalam tubuh jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kadar kolesterol baik, maka tubuh akan terkena jenis penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

Untuk mencegah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, maka anda bisa mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin, karena buah ini mengandung zat xeronine dan proxeronine yang sangat baik untuk membantu menurunkan serta mengontrol kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Mengobati Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak bisa dianggap remeh, meskipun gejala yang ditimbulkannya hanya terjadi beberapa saat saja, tetapi jika tidak segera diobati dengan cepat dan tepat dapat menyebabkan penderitanya beresiko mengidap penyakit ginjal dan bahkan terserang penyakit stroke. Selain itu, kandungan zat iridoi yang terkandung di dalam buah mengkudu ini juga sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yang disebabkan oleh karena adanya peradangan pada persendian akibat dari penumpukan kadar asam urat berlebih.

  1. Mengobati Penyakit Gondok

Gondok merupakan sebuah penyakit yang bisa muncul akibat dari efek pembengkakan yang terjadi pada kelenjar tiroid, untuk mengobatinya banyak para ahli yang menyarankan untuk mengkonsumsi buah mengkudu dan mengurangi asupan garam berlebih. dengan demikian, efek pembengkakan akan berangsur-angsur berkurang dan sembuh.

  1. Mengobati Batuk Dan Pilek

Manfaat buah mengkudu juga sangat efektif untuk membantu meredakan gejala batuk dan pilek yang disebabkan oleh infeksi virus, terutama virus influenza. Hal ini dikarenakan, di dalam buah mengkudu mengandung zat yang bersifat sebagai antivirus dan antibakteri yang mampu membasmi semua virus penyebab seseorang terserang batuk dan pilek.

  1. Mengobati Sakit Kuning

Di dalam buah mengkudu mengandung senyawa bioaktif dan juga mineral alami yang sangat dipercaya mampu meleburkan tumpukan bilirubin yang terdapat pada jaringan atau sel dalam tubuh. Dengan demikian, maka jika rutin mengkonsumsi buah mengkudu sangat efektif untuk mengatasi atau mengobati penyakit kuning.

  1. Menyembuhkan Infeksi Bronkitis

Penyakit yang disebabkan oleh karena terkena infeksi di bagian bronkitis sering kali di picu oleh bakteri dan kuman, bakteri tersebut akan menyerang area bronkitis melalui saluran pernapasan, terutama bagi anda yang sering bernapas dengan menggunakan mulut. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin, karena di dalam buah mengkudu terdapat kadungan senyawa antibakterial yang sangat ampuh melawan dan membasmi kuman dan juga bakteri penyakit dari infeksi bronkitis tersebut.

  1. Mengobati Sakit Gigi

Umumnya sakit gigi bisa muncul disebabkan oleh karena adanya gigi berlubang, kerusakan pada gigi tersebut di sering kali di picu oleh karena adanya baktei dan kuman yang bersarang di dalam mulut. Untuk membersihkan mulut dan gigi dari bakteri, maka anda dapat mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin. Meskipun aroma buha mengkudu ini tidak begitu mengenakan, namun konon katanya mengkonsumsi buah mengkudu juga dapat membantu menghilangkan bau mulut.

Itulah beberapa informasi terkait dengan manfaat buah mengkudu untuk kesehatan, namun sebelum anda mengkonsumsi buah mengkudu ini dengan tujuan untuk mengobati penyakit yang sedang anda alami, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jumlah tepat dan aman.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...
10 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: