7 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Buah Nangka

Manfaat Buah Nangka

Sehat-natural.com – Nangka merupakan jenis buah yang memiliki ukuran sangat besar. Jika sudah matang daging buahnya berwarna kuning, memiliki rasa yang sangat manis dan aroma buahnya yang sangat khas. maka tak heran jika buah ini begitu disukai oleh banyak kalangan masyarakaat. Di dalam setiap buahnya terdapat biji, buah ini begitu populer di Indonesia dan di beberapa negara kawasan Asia lainnya.

Selain memiliki rasa yang sangat manis dan nikmat, ternyata banyak sekali manfaat buah nangka yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsinya bagi kesehatan tubuh. Untuk mengetahui kandungan apa saja yang terdapat di dalam buah nangka ini, simak informasinya berikut ini.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Buah Nangka

Buah nangka memiliki banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita seperti vitamin A, viamin C, vitamin B6, zat besi, kalsium, magnesium, potassium, asam folat, riboflavin, tiamin dan niasin. Selain itu, buah nangka juga mengandung serat makanan yang cukup tinggi dan mengandung sebagian besar kandungan pigmen flavonoid seperti beta karoten, lutein, xantin dan cyrptoxantin.

Di dalam buah nangka juga mengandung kadar gula sederhana seperti sukorsa dan fruktosa. Tidak hanya itu saja, ternyata buah nangka juga bebas dari kandungan kasein dan gluten, serta di dalam buah nangka memiliki banyak sekali kandungan airnya, karena buah nangka sendiri 80% terdiri dari air.

Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Tubuh

Di lihat dari kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, maka tak heran jika buah nangka ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dengan rutin mengkonsumsinya dan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Lalu, apa saja manfaatnya? Mari kita simak bersama-sama informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa buah nangka mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi, vitamin ini sejenis dengan senyawa antioksidan. Di dalam setiap 100 gram buah nangka mengandung 13,8 mg atau sekitar 17 persen dari total kebutuhan asupan vitamin C harian tubuh kita.

Maka dari, mengkonsumsi buah nangka ini dapat memberikan manfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mendukung fungsi dari berbagai sel dalam tubuh. senyawa antioksidan ini pun berperan aktif dalam menangkan serangan radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan kerusakan terhadap membran-membran sel dan bahkan dapat merusakan DNA. Maka dengan meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh, tubuh akan dapat terlindung dari serangan infeksi yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri penyebab penyakit seperti flu, batuk, demam dan pilek.

  1. Meningkatkan Energi

Manfaat buah nangka berikutnya yang bisa anda rasakan dengan rutin mengkonsumsinya yaitu dapat membantu meningkatkan energi tubuh yang telah terkuras habis selama beraktivitas. Hal ini dikarenakan, di dalam buah nangka mengandung kadar gula sederhana seperti sukrosa dan fruktosa yang dapat memberikan tambahan energi baru tanpa menyebabkan terjadi peningkatan signifikan terhadap kadar gula darah dalam tubuh yang dapat memicu penyakit diabetes. Di samping itu, di dalam buah nangka juga tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

Selain itu, mengkonsumsi buah nangka juga dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh untuk membantu tubuh dalam membakar kalori berlebih dengan cepat dan kemudian mengubahnya untuk dijadikan sebagai sumber energi. Kandungan air yang tinggi juga dapat membantu menjaga level energi yang ada dalam tubuh tetap baik dan stabil.

  1. Mencegah Dan Mengatasi Sembelit

Buah nangka selain nikmat, ternyata rutin mengkonsumsi buah nangka juga sangat baik untuk mencegah dan sekaligus mengatasi sembelit. Ini dikarenakan, di dalam buah nangka kaya akan kandungan serat makanan yang sangat baik untuk pencernaan dan mengatasi berbagai gangguan pada pencernaan seperti sembelit. Kandungan serat makanan ini dapat meambah masa dari kotoran dan melunakannya. Dengan demikian, maka dapat membantu pergerakan usus dan mencegah sekaligus mengatasi sembelit.

Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah nangka juga sangat efektif untuk membantu melindungi saluran pencernaan dan mencegah terjadinya penumpukan limbah yang dihasilkan tubuh di dalam saluran usus. Bahkan dapat membantu mencegah munculnya kanker usus besar. Meski demikian, maka ada baiknya jika kita tidak mengkonsumsi buah nangka ini secara berlebihan karena dapat menyebabkan sakit perut.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Bagi anda yang sedang menderita penyakit darah tinggi atau hipertensi, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah nangka dalam jumlah cukup dan rutin. Hal ini dikarenakan, kandungan potassium yang terkandung di dalam buah nangka sangat berkhasiat untuk membantu mengontrol tekanan darah tinggi dengan cara mengendalikan kadar sodium dalam tubuh.

Dengan turunnya tekanan darah tinggi, maka secara tidak langsung dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan juga pembuluh darah. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah nangka dapat membantu dalam mengatasi dampak buruk dari serangan radikal bebsa dan juga menurunkan resiko penyakit jantung.

  1. Mencegah Anemia

Manfaat buah nangka berikutnya yaitu terbukti efektif untuk membantu mencegah penyakit anemia akibat kekurangan asupan zat besi. Hal ini dikarenakan, di dalam buah nangka mengandung sumber zat besi yang sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah.

Selain itu, di dalam buah nangka juga mengandung vitamin C yang mampu membantu mengoptimalkan proses penyerapan zat besi dan juga kandungan mineral penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti tembaga dan magnesium dalam memperbaiki kualitas darah dalam tubuh.

  1. Menjaga Daya Penglihatan

Di dalam buah nangka juga memiliki kandungan vitamin A yang merupakan nutrisi penting dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Dengan tercukupinya asupan vitamin ini, maka fungsi dan kesehatan mata akan selalu terjaga dengan baik serta dapat mencegah berbagai gangguan kesehatan mata seperti mata rabun, katarak, glaukoma dan juga dgenerasi makular.

Viamin A juga dapat berperan penting dalam membantu memperluat selaput lendir yang berfungsi untuk membentuk lapisan film di kornea mata, sehingga berguna untuk melindungi mata dari infeksi virus dan juga bakteri. Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalam buah nangka ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi dari kapiler dan sel retina pada mata.

Sementara kandungan lutein dan zeaxantin sangat baik untuk mata, lutein dapat membantu melindungi mata dari bahasa sinar UV dan zeaxantin nya sangat efektif untuk membantu mengembangkan dan mempertajam daya penglihatan.

  1. Memperkuat Tulang

Manfaat buah nangka berikutnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, karena di dalam buah nangka mengandung kalsium dan magnesium yang dapat bekerja sama untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang serta mencegah berbagai jenis penyakit yang terkait dengan penyakit tulang seperti osteoporosis.

Itulah beragam manfaat buah nangka yang bisa kami sampaikan, semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan para pembaca sekalian terkait beragam manfaat mengkonsumsi buah nangka.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
7 Manfaat Buah Nangka Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: