11 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Pir

Manfaat Buah Pir

Sehat-natural.com – Buah pir termasuk salah satu jenis buah yang berasal dari negara Eropa bara, namun saat ini tanaman buah pir sudah banyak dibudidayakan dikawasan Asia guna untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan para konsumen di dalam negeri. Ciri buah pir yang sudah matang berwarna kuning dan terdapat bintik kecoklatan samar pada bagian kulit buahnya. Buah ini memiliki rasa manis sedikit keasaman, sehingga terasa sangat segar terlebih jika dikonsumsi pada siang hari dengan cuaca yang terik.

Tidak hanya menyegarkan, tapi buah pir juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari kandungan gizi yang terdapat pada buah pir, karena di dalam buah pir mengandung nutrisi dan gizi yang lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Buah Pir

Buah pir adalah jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan, flavonoid dan serat yang tinggi. Dikutif dari sebuah database USDA Nutrient Nasional, menyebutkan dalam satu buah pir yang berukuran sedang atau sekitar 178 gram mengandung :

  • Karbohidrat 27 gram (17 gram gula dan 6 gram serat)
  • Kalori 101
  • Protein 1 gram
  • Lemak 0 gram

Sehingga mengkonsumsi 1 buah pir ukuran sedang setiap hari sama saja dengan memberikan 12% dari kebutuan vitamin C harian, 10% vitamin K, 6% kalium, vitamin B-6, folat, kalsium, zat besi, ribonflavin dan magnesiaum.

Lalu, apa saja manfaat buah pir?

Manfaat Buah Pir Bagi Tubuh Kesehatan Dan Kecantikan

Buah Pir terkenal memiliki banyak kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap dan baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Bagi anda yang belum tahu khasiat dan manfaat buah pir, anda bisa simak informasi lengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

  1. Baik Untuk Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Dalam satu buah pir yang berukuran sedang mengandung 5,5 gram serat dengan jumlah harian sekitar 21 sampai 38 gram. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat ini secara rutin dan teratur setiap hari, maka sistem pencernaan dalam tubuh dapat bekerja secara optimal. Serat memiliki fungsi untuk menyerap vitamin dan mineral dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Sehingga dipercaya mampu membantu mencegah dan meringankan gejala sembelit, sekaligus dapat mencegah penyakit wasir serta menghindari kita dari ancaman masalah pencernaan serius seperti kanker usus besar.

  1. Dapat Mengendalikan Tekanan Darah

Di dalam satu butir buah pir berukuran sedang menyimpan 212 miligram kalium. Kalium sendiri merupakan sejenis mineral yang dapat membantu organ jantung agar berdetak secara normal serta membuat otot-otot jantung dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Kandungan anti karsinogen glutathione dan anti oksidan pada buah pir terbukti berkhasiat untuk membantu mengendalikan tekanan darah di dalam tubuh.

  1. Mencegah Penyakit Stroke

Konsumsi buah pir setiap hari dapat mencegah terjadinya serangan penyakit stroke. Menurut informasi yang kami kutip dari American Heart Association 2011 menjelaskan bahwa “mengkonusmsi buah pir secara rutin setiap hari mampu mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke hingga 52 persen”. Selain itu, buah pir juga dapat menurunkan resiko kematian yang disebabkan karena penyakit jantung. Sebuah artikel yang di terbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition tahun 2007 menjelaskan bahwa “ kandungan flavonoid yang terkandung dalam buah pir berkhasiat untuk membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke, serta resiko kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung dan stroke”.

  1. Dapat Meningkatkan Sistem Imun Dalam Tubuh

Buah pir mengandungan 7,5 miligram vitamin C dari 10 persen kebutuhan harian. Vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya infeksi serta menjaga sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Antioksidan tinggi seperti vitamin C dan tembaga memiliki khasiat untuk membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai ancaman penyakit. Hal serupa dapat diperoleh juga dari buah-buahan lainnya seperti jeruk, lemon dan strawberry.

  1. Dapat Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang menyerang fungsi tulang. Masalah tulang akhir-akhir ini sangat sering terjadi, sehingga sangat penting agar kita selalu menjaga kesehatan tulang sejak dini. Untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan dan kekuatan tulang agar terhindari dari resiko osteoporosis, maka anda bisa mengkonsumsi buah pir secara rutin baik dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan minuman jus.

  1. Baik Untuk Asupan Nutrisi Tubuh Ibu Hamil

Di dalam buah pir terkandung zat asam folat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, zat ini mampu mencegah terjadinya cacat lahir pada bayi ketika dilahirkan. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah pir secara rutin dan teratur selama kehamilan.

  1. Baik Untuk Perkembangan Otak Anak

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pir juga sangat baik untuk membantu meningkatkan perkembangan otak anak, sehingga anak akan tumbuh dengan sehat dan cerdas

Manfaat Buah Pir Untuk Kecantikan

Selain baik untuk kesehatan, ternyata buah pir juga sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan alami, diantaranya yaitu :

  1. Membantu Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Manfaat buah pir untuk kecantikan yaitu dapat membantu mengatasi kulit wajah yang berminyak, kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah pir ini mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan menyerap minyak berlebih tanpa membuat kulit menjadi kering.

Caranya yaitu :

Pertama-tama, haluskan buah pir secukupnya saja dengan menggunakan blender dan tambahkan sedikit madu atau minyak zaitun sebanyak 1 sendok teh. Setelah itu, aduk hingga merata dan membentuk krim atau masker untuk perawatan wajah. Aplikasikan masker wajah alami tersebut secara merata pada kulit wajah anda, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai masker kering dan kandungan nutrisinya meresap secara maksimal.

  1. Menghilangkan Jerawat Membandel Dengan Cepat

Selain dapat mengatasi kulit wajah yang berminyak, ternyata buah pir juga sangat efektif untuk menghilangkan jerawat membandel. Sebenarnya, disampaing anda melakukan perawatan wajah berminyak, cara tersebut juga dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat mengingat kondisi kulit yang berminyak cenderung berjerawat.

  1. Melembabkan Kulit Kering

Bagi anda yang memiliki masalah kulit kering akibat dari kekurangan cairan dan sering terkena paparan sinar matahari serta polusi udara, maka anda dapat mengatasinya dengan cara melakukan perawatan menggunakan masker buah pir yang sama seperti cara diatas. Di dalam buah pir mengandung humektan alami yang terbukti mampu mengontrol kadar air dalam jumlah normal di dalam kulit, sehingga dapat membantu menjaga kelembaban alami kulit anda sepanjang hari.

  1. Menutrisi Kulit Kepala Dan Rambut

Manfaat buah pir untuk kecantikan lainnya yaitu dapat membantu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit kepala dan rambut anda, sehingga rambut dan kulit kepala anda akan selalu terlindungi dan terawat. Dengan tercukupinya nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut dan kulit kepala, maka rambut anda akan menjadi lebih lembab, kuat dan hitam berkilau. Selain itu, masker buah pir juga dapat melebatkan dan meluruskan rambut keriting secara alami.

Bagaimana, tertarik untuk melakukan perawatan kesehatan dan kecantikan dengan buah pir?

Demikianlah informasi yang dapat kami kupas pada kesempatan kali ini mengenai beragam manfaat buah pir untuk kesehatan dan kecantikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • buah pir
  • https://sehat-natural com/manfaat-buah-pir/
  • manfaat buah pir untuk kesehatan
11 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Khumaira | 4.5
error: