12 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Buah Tin

Manfaat Buah Tin

Manfaat Buah Tin – Buah Tin adalah jenis buah yang berasal dari kawasan Asia Barat, nama buah tin ini sendiri di ambil dari bahasa arab dan nama tersebut juga tercantum dalam salah satu surah yang ada dalam kitab suci Al Qur’an. Sedangkan dalam bahasa latinnya, buah tin ini disebut dengan Ficus Carica.

Buah tin merupakan jenis buah yang memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap dan sangat baik untuk kesehatan jika rutin mengkonsumsinya, sehingga buah ini sering diolah untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat susu, sedangkan oleh penduduk Arab buah tin sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat tradisional dengan cara merebus daun tin. Banyak sekali khasiat buah tin dalam dunia pengobatan, karena di dalam buah tin mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit serta merawat kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Pada Buah Tin

Buah tin sangat terkenal sebagai salah satu jenis buah yang mengandung banyak sekali nutrisi penting dan bermanfaat untuk tubuh manusia, inilah yang mendasari pada ahli dalam memposisikan buah tin sebagai salah satu jenis buah super nutrition.

Berikut ini beberapan kandungan nutrisi dan gizi yang dapat ditemukan dalam buah tin, seperti Vitamin B6, Vitamin C, Karbohidrat, Protein, Energi, Gula, Lemak, Pantothenic acid, Riboflavin, Niacin, Thiamine, Dietary fiber, Magnesium, Kalsium, Potassium, Fosfor, Iron, Zinc dan Folat.

Kandungan nutrisi dalam buah tin tersebut sangat tinggi, namun masih banyak masyarakat di Indonesia yang belum mengetahui manfaat dari buah tin ini untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Buah ini biasanya sering dijadikan sebagai oleh-oleh oleh masyarakat Indonesia yang sedang pergi ibadah haji dan umroh. Namun tahukah anda, ternyata di Indonesia juga buah tin sudah banyak di budidayakan hanya saja harga buah tin di Indoensia masih terbilang mahal.

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh

Berdasarkan dari kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah tin ini, ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan jika rutin mengkonsumsinya, yaitu :

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penyakit darah tinggi atau hipertensi ini sering kali disebabkan oleh karena terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, jika kondisi ini tidak segera diatasi dapat memicu resiko terserang penyakit jantung koroner yang akan sangat membahayakan kesehatan tubuh.

Di dalam buah tin mengandung senyawa mineral yang sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, seperti magnesium, kalium, fosfor, omega 3 dan juga omega 6 serta fenol. Semua kandungan mineral penting tersebut sangat efektif untuk membantu melancarkan peradaran darah pada pembuluh darah yang dapat memicu peningkatan pada tekanan darah tinggi dan bahkan serangan penyakit jantung koroner.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Berlebih Dalam Tubuh

Di dalam buah tin juga kaya akan kandungan serat larut, kandungan serat larut ini sangat baik dan efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh. Manfaat buah tin ini bisa anda rasakan ketika kandungan serat larut atau dkenal dengan sebutan pektin ini masuk ke dalam tubuh, sehingga kandungan tersebut dapat mengurai kadar kolesterol berlebih dalam tubuh dan membuangnya melalui sistem eksresi dalam bentuk BAB, urin dan juga keringat.

  1. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Serangan jantung adalah sebuah penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan, hampir kurang dari 1 menit banyak orang yang meninggal dunia karna terkena penyakit serangan jantung secara tiba-tiba. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Salah satu cara untuk menurunkan resiko serangan jantung yaitu dengan mengkonsumsi buah tin secara rutin dan teratur.

Salah satu penyebab seangan jantung sendiri yaitu dikarenakan tingginya kadar natrium dalam tubuh, kandungan natrium ini dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pada pembuluh darah dan juga flak yang dapat mempengaruhi kinerja dari organ jantung yang bertambah berat dalam melakukan distribusi darah menuju ke seluruh organ tubuh.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan di Arab Saudi menjelaskan bahwa, kandungan senyawa kalium yang terkandung di dalam buah tin mampu menurunkan jumlah kalium dalam tubuh. beberapa para ahli juga bependapat bahwa, dengan mengkonsumsi buah tin secara rutin dan teratur paling tidak 1 kali dalam sehari dapat membantu mencegah serangan jantung secara tiba-tiba.

  1. Baik Untuk Pasien Diabetes

Bagi anda yang menderita penyakit diabetes, maka mungkin dokter akan menyarankan agar anda berhenti untuk mengkonsumsi makanan manis. Akan tetapi, meskipun buah tin memiliki rasa yang sangat manis kandungan glukosa dan juga fruktosa dalam buat tin tidak akan menyebabkan terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah.

Selain itu, buah tin juga mengandung seat larut dan juga karbohidrat yang sangat baik untuk membantu menghambat terjadinya proses penyerapan kadar glukosa secara berlebihan pada sistem pencernaan. Bahkan beberapa para ahli juga menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi buah tin secara rutin dapat membantu untuk mencegah penyakit diabetes asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

  1. Mencegah Kanker

Selain dapat mencegah serangan jantung dan penyakit jantung koroner, manfaat buah tin lainnya juga dapat mencegah munculnya berbabai jenis penyakit berbahaya seperti kanker. Seperti yang kita tahu bahwa penyakit kanker merupakan jenis penyakit yang sangat mematikan dan ditakuti oleh semua orang, karena penyakit ini sangat sulit disembuhkan dan sering kali berujung pada kematian bagi yang menderitanya.

Penyebab munculnya kanker ini sering kali disebabkan oleh faktor radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. masuknya radikal bebas ke dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada sel kulit dan juga mempercepat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Salah satu solusi untuk mencegahnya, anda bisa rutin mengkonsumsi buah tin secara rutin dan teratur dalam jumlah yang tidak berlebihan. Sebab, di dalam buah tin mengandung senyawa polyfenol yang dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu menangkal serta melawan serangan radikal bebas.

Banyak sekali jenis penyakit kanker yang dapat dihalang atau dicegah dengan mengkonsumsi buah tin secara rutin dan teratur seperti misalnya kanker prostat, kanker rahim, kanker serviks, kanker otak, kanker payudara dan berbagai jenis kanker lainnya. Selain itu, kandungan serat larut yang terdapat pada buah tin ini mampi mencegah kanker kolon atau kanker usus.

  1. Menjaga Kesehatan Dan Kekuatan Tulang

Di dalam buah tin juga mengandung mineral penting lainnya yaitu kalsium dan fosfor, kedua kandungan nutrisi tersebut terbukti sangat efektif untuk mencegah berbagai masalah kesehatan tulang seperti osteoporosis dan juga mampu memperkuatan tulang. Hal ini dikarenakan, kandungan kalsium dan jugs fosfor yang terdapat pada buah tin ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kalsium yang terdapat pada susu dan produk olahannya.

  1. Mencegah Dan Mengatasi Anemia

Manfaat buah tin lainnya yang bisa anda rasakan yaitu dipercaya ampuh untuk mencegah dan mengobati penyakit anemia, karena di dalam buah tin mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga sangat efektif untuk membantu meningkatkan pembentukan hemoglobin (HB) dalam darah.

Manfaat Buah Tin Lainnya :

  1. Mengatasi susah tidur atau insomnia
  2. Mengatasi susah BAB (sembelit)
  3. Mengobati wasir atau ambeien
  4. Mengobati sesak nafas
  5. Meningkatkan sistem imun tubuh (kekebalan)

Bagaimana, sangat banyak bukan manfaat buah tin ini?

Itulah tadi ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada postingan bermanfaat lainnya.

Loading...
12 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Tubuh Anda | Khumaira | 4.5
error: