10 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Secara Medis

Manfaat Buncis

Manfaat Buncis

Manfaat Sayuran Buncis – Sayuran buncis sering kali dipanen pada saat kacang yang berada di dalamnya masih belum matang. Inilah yang membuat buncis sangat bermanfaat dan memiliki kandungan nutrisi paling unggul dibandingkan dengan jenis sayuran biji-bijian lainnya seperti kacang polong ataupun okra.

Buncis sendiri dikenal sebagai salah satu jenis sayuran berbiji yang bentuknya mirip dengan kacang panjang, tetapi ukurannya lebih pendek, memiliki warna yang lebih cerah dan bentuknya pun lebih bulat dan lebar. Biasanya buncis banyak dipasarkan dalam bentuk mentah di pasar-pasar tradisional atau dipasarkan dalam kondisi yang telah dibekukan seperti jenis sayuran lainnya.

Kandungan Nutrisi Dalam Buncis

Buncis memang sudah sangat terkenal akan kandungan nutrisinya yang melimpah, di dalam buncis mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan diantaranya seperti vitamin A, vitamin B1 (Thiamin), vitamin B2 (Riboflavin), vitamin K, energi, serat, lemak, karbohidrat, protein, antioksidan, mineral, zat besi, kalsium, asam folat dan masih banyak lagi kandungan nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, maka banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buncis secara rutin untuk tubuh, diantaranya seperti :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang buncis dikenal sebagai sayuran yang sangat kaya akan kandungan flavonoid yang berpera sebagai senyawa antioksidan polifenol yang biasa kita temukan pada sayuran dan buah-buahan lainnya. Maka dari iu, dengan rutin mengkonsumsi buncis tubuh akan mendapatkan asupan flavonoid dalam jumlah cukup yang dapat membantu dalam mencegah terjadinya serangan penyakit jantung dan stroke.

  1. Menurunkan Berat Badan Berlebih (Obesitas)

Manfaat buncis berikutnya yaitu sangat baik untuk dijadikan menu makanan sehat untuk diet, karena buncis mengandung kalori yang sangat rendah dan cocok dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet rendah kalori untuk membantu menurunkan berat badan berlebih atau obesitas. Meskipun berat badan sudah mengalami penurunan, mengkonumsi kacang buncis masih bisa diteruskan karena dapat membantu menjaga berat badan agar tidak mengalami peningkatan kembali.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kacang buncis juga mengandung Zeaxanthin yang dapat berperan dalam membantu memelihara kesehatan mata, karena di dalam buncis mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi dan kuat, sehingga mampu melindungi mata dari efek buruk radiasi cahaya UV yang dapat merusak mata. Selain itu, mengkonsumsi buncis juga dapat membantu dalam mencegah degenerasi makula yang erat kaitannya dengan faktor usia.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Di dalam buncis terdapat kandungan asam folat yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, terutama untuk membantu mencegah terjadinya kelainan pada janin di dalam kandungan. Selain itu, buncis juga dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan jantung bayi yang lebih sehat. Maka dari itu, ibu hamil sangat wajib untuk mengkonsumsi kacang buncis ini secara rutin asalkan tidak berlebihan.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit diabetes, maka sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buncis untuk membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. karena, di dalam buncis mengandung serat alami yang mampu berperan dalam menghambat proses metabolisme karbiohidrat serta mecegah terjadinya pelonjakan kadar gula darah dalam tubuh pasien penderita diabetes.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buncis pun mengandung beberapa jenis vitamin yang cukup tinggi, kandungan vitamin tersebut dapat berperan penting sebagai antioksidan yang sangat kuat. Peran dari antioksidan sendiri sangat ampuh untuk melawan atau menagkal radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, buncis juga dapat membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan lebih tahan terhadap infeksi virus dan bakteri penyakit penyakit seperti flu, batuk dan pilek.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buncis terkenal dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi, sehingga mengkonsumsi buncis sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh serta sistem pencernaan. Berkat kandungan seratnya yang sangat tinggi, makan buncis secara rutin dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan pada saluran pencernaan seperti sembelit, irritable bowel syndrome (IBS) dan juga dapat membantu melancarkan buang air besar. Selain itu, buncis juga memiliki efek diuretik sedang dalam tubuh, sehingga dapat membantu merangsang proses keluarnya urin dengan normal serta membantu menghilangkan racun berbahaya dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam buncis mengandung mangan yang dapat membantu mengoptimalkan penyerapan mineral kalsium dan sekaligus memperkuat serta meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, mengkonsumsi buncis secara rutin juga dapat membantu mencegah penyakit osteoporosis, mengobati asam urat, mencegah rematik dan mengurangi peradangan yang terjadi pada area persendia. Bagi anda yang ingin memiliki tulang sehat, kuat dan terhindar dari berbagai resiko gangguan kesehatan tulang di usia tua. Maka mulai sekarang, rutinlah mengkonumsi buncis setiap hari.

  1. Mencegah Kanker

Buncis memang sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu jenis makanan sehat, karena di dalam buncis mengandung nutrisi yang sangat melimpah dan baik untuk kesehatan. salah satu manfaat buncis yang telah dilakukan penelitian yaitu kandungan nutrisi pada buncis yang dapat mencegah dan membunuh sel kanker di dalam tubuh. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli pun menujukan hasil jika telah terjadi penurunan terhadap resiko terkena kanker seperti kanker payudara, kanker prostat dan kanker kolon.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Bagi anda khususny wanita yang ingin cepat hamil, maka salah satu cara untuk membantu anda agar bisa cepat hamil yaitu dengan rutin mengkonsumsi buncis setiap hari. Hal ini dikarenakan, kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buncis mampu meningkatkan kesuburan wanita agar berpeluang bisa cepat hamil. Manfaat buncis ini juga berlaku pada kaum pria, karena kesuburan pria juga berpengaruh besar terhadap proses kehamilan pada pasangannya.

Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa di dalam buncis mengandung indeks glikemik, asam folat dan juga zat besi. Ketiga kandungan nutrisi tersebut mampu bekerja untuk memperbaiki tingkat kesuburan dan juga dapat mencegah infertilitas. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dan juga asam folat yang terdapat pada buncis juga sangat berperan besar terhadap kondisi ini.

Efek Samping Buncis

Meskipun buncis mengandung nutrisi yang melimpah dan menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, namun anda harus tetap berhati-hati dalam menkonsumsi buncis secara berlebihan. Hal ini dikarenakan, di dalam buncis terdapat kandungan asam oksalat yang dapat beresiko menyebabkan seseorang terkena penyakit batu ginjal. Maka dari itu, untuk membantu mencegah resiko tersebut, sebaiknya perbanyak minum air putih setelah mengkonsumsi buncis.

Selain itu, hindari juga mengkonsumsi buncis dan juga beragam jenis polong-polongan bagi anda yang memiliki alergi agar dapat terhindar dari resiko efek samping yang ditimbulkannya. Segera hentikan mengkonsumsi buncis jika anda merasakan dampak buruknya dan segera konsultasikan dengan dokter.

Demikianlah artikel kesehatan mengenai manfaat buncis untuk kesehatan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahua bagi para pembaca sekalian.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat buncis
  • manfaat makan buncis
  • kegunaan buncis
  • manfaat kacang buncis
  • Manfaat dari buncis
  • manfaat buncis untuk kesehatan
  • manfaat buncis buat kesehatan
  • manfaat buncis bagibtubuh
  • Manfaat bun
  • manfaat bumcis
  • manfaar buncis
  • mamfaat buncis
  • khasiat buncis
  • https://sehat-natural com/manfaat-buncis/
  • buncis mamfast buncis
10 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Secara Medis | Khumaira | 4.5
error: