10 Manfaat dan Kandungan Daging Cumi-Cumi Untuk Kesehatan

Manfaat Cumi Cumi

Manfaat Cumi Cumi

Manfaat Cumi-Cumi – Meksipun cumi-cumi bukan termasuk ke dalam jenis ikan, tetapi hewan laut ini dalam dunia perikanan termasuk ke dalam komoditi pangan yang masih tercakup dalam wilayahnya. Cumi-cumi memang menjadi hewan laut yang disukai banyak kalangan masyarakat, karena rasa dari dagingnya sangat gurih dan menggugah selera.

Cumi-cumi merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki jaringan lunak (filum moluska), untuk bisa mendapatkannya sangat mudah karena banyak dijual di pasaran, baik pasar tradisional maupun pasar modern. Cara pengemasannya pun cukup bervariasi, ada yang di jual dalam keadaan kering dan ada juga yang di jual dalam kondisi segar atau basah.

Namun jika anda ingin merasakan kelezatan dari hewan laut ini, maka sebaiknya anda membelinya dalam kondisi yang masih segar. Selain rasanya lebih lezat, ternyata cairan tinta yang ada di dalam tubuhnya dapat dikonsumsi dan sangat berkhasiat sebagai pencegah kanker.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Di Dalam Cumi-Cumi

Dibalik rasanya yang sangat lezat dan nikmat, ternyata daging cumi-cumi termasuk jenis seafood yang mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Di dalam setiap 100 gram cumi-cumi segar mengandung sumber energi dalam jumlah 265 kkal, protein sebanyak 40,6 gram, lemak sebanyak 10,1 gram, fosfor sebanyak 270 mg, zat besi sebanyak 2,7 mg dan masih banyak kandungan gizi dan nutrisi penting lainnya.

Dari hasil penelitian telah ditemukan kandungan riboflavin dan juga selenium di dalam daging cumi-cumi, bahkan cairan tinta yang dihasilkannya pun terbukti efektif untuk membantu mencegah kanker dan juga sangat bermanfaat untuk membentu mengobati kanker. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat dan khasiat cumi-cumi ini untuk kesehatan tubuh kita. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Cumi-Cumi Untuk Kesehatan Tubuh

Berikutn ini beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dengan rutin mengkonsumsinya, diantaranya yaitu :

  1. Mencegah Kanker

Manfaat yang pertama dengan rutin mengkonsumsi cumi-cumi ini yaitu dapat mencegah kanker, karena pada cairan tinta yang dihasilkannya mengandung protein yang cukup tinggi dan bersifat antikanker. Selain itu, pasie kanker pun sangat disarankan untuk mengkonsumsi cumi-cumi secara rutin, karena kandungan nutrisi dan zat yang ada di dalamnya mampu menghentikan perkembangan sel kanker dengan cepat.

  1. Melindungi Tubuh Dari Bahaya Radiasi Matahari

Bagi anda yang sering beraktivitas di bawah paparan sinar matahari selama seharian, maka sebaiknya anda rutin mengkonsumsi cumi-cumi, karena ternyata kandungan melanin yang ada di dalamnya mampu menangkal paparan radiasi dari sinar ultraviolet, sehingga anda dapat terhindar dari resiko terkena kanker kulit.

  1. Memperbaiki Sel Tubuh Yang Rusak

Di dalam cumi-cumi mengandung asam amino essensial yang merupakan suatu jenis protein utama yang menjadi penyusun tubuh manusia, dimana jenis protein ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita, sehingga harus dipasok dari sumber makanan seperti cumi-cumi. Pada saat mengkonsumsinya, maka tubuh akan langsung bereaksi untuk memproduksi hormon yang dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

  1. Memiliki Kandungan Tirosin Untuk Stimulus Hormon

Hormon-hormon di dalam tubuh manusia terkadang perlu didorong agar bisa aktif secara sempurna. Salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi cumi-cumi, kandungan tirosin yang terdapat pada cumi-cumi dapat melakukan stimulasi atau merangsang hormon dalam tubuh, seperti untuk merangsang pengaktifan hormon adrenalin yang dapat berfungsi untuk memacu organ jantung agar dapat berdetak lebih kuat namun menyehatkan.

  1. Mengaktifkan Neurotransmitter Dopamin

Mengkonsumsi cumi-cumi mampu mengaktifkan Neurotransmitter yang merupakan suatu alat khusus untuk mengirimkan suatu sinyal menuju ke dalam otak, alat ini biasanya dapat berfungsi dengan dijalankan oleh sel, enzim dan juga hormon dalam tubuh.

Sama seperti dopamin yang juga termasuk jenis Neurotransmitter, dimana kemampuannya dapat mengirimkan suatu sinyak energi menuju ke dalam otak, sehingga seseorang dapat berpikir dengan jernih dan terbebas dari stres. Dopamin sendiri biasanya sering disebut dengan hormon perasaan senang.

  1. Membantu Meningkatkan Produksi Hormon Serotonin

Hormon serotonin sendiri merupakan suatu hormon yang dapat mencegah seseorang terkena stres, sehingga cumi-cumi ini sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang sering mendapatkan tekanan berat dalam pekerjaan yang membuat mereka mengalami stres atau bahkan depresi. Hormon umumnya ada pada setiap tubuh manusia, namun kadarnya sangat sedikit, sehingga perlu ditingkatkan dengan mengkonsumsi cumi-cumi.

  1. Memiliki Mengandung Asam Amino Tirosin

Asam amino tirosin adalah salah satu jenis asam amino essensial yang bisa kita dapatkan di dalam cumi-cumi, asam amino essensial ini berfungsi untuk melakukan sintesa terhadap protein. Asam amino ini sangat bermanfaat untuk merangsang tumbuh kembangnya nutrisi sejenis protein lainnya dalam tubuh.

Fungsi utama dari tirosin sendiri yaitu mampu melancarkan kerja dari otak dan juga sebagai mood stabilizer. Maka jika anda rutin mengkonsumsi cumi-cumi, anda akan terhindar dari stres, depresi dan akan selalu merasa bahagia.

  1. Memperlancar Proses Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh adalah suatu proses dimana tubuh mengubah makanan untuk dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh. Kondisi ini berkaitan dengan suatu reaksi yang terjadi pada saat tubuh sedang menyantap makanan, apakah akan terjadi penumpukan lemak atau justru terjadi peluruah lemak.

Sementara kandungan zat taurin yang terkandung di dalam daging cumi-cumi ini dapat membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh, sehingga kesehatan tubuh akan selalu terjaga dengan baik, terhindar dari resiko diabetes dan juga gizi buruk.

  1. Sebagai Pengganti MSG

Daging cumi-cumi memiliki rasa yang sangat gurih secara alaminya, apalagi rasa cairan tinta yang ada dalam tubuhnya. Rasa gurih tersebut ternyata bisa dijadikan sebagai pengganti dari MSG, sehingga ketika makasak cumi-cumi sudah tidak perlu menambahkan MSG lagi. Dengan demikian, masakan akan menjadi lebih menyehatkan.

  1. Kaya Kandungan Vitamin B Kompleks

Jika tubuh anda sedang membutuhkan asupan vitamin B kompleks, maka salah satu cara alami untuk mendapatkan asupan vitamin tersebut dalam jumlah cukup yaitu dengan mengkonsumsi cumi-cumi, terutama untuk yang masih dalam kondisi segar. Jenis vitamin B yang bisa anda dapatkan dari cumi-cumi yaitu vitamin B1, B2, B6 dan juga B12. Semua jenis vitamin B kompleks tersebut sangat baik untuk membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh kita.

Catatan :

Bagi anda yang memiliki alergi terhadap makanan laut dan memiliki riwayat gatal-gatal akibat alergi, maka kami tidak menyarankan anda untuk mengkonsumsinya atau konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Karena, mengkonsumsi cumi-cumi akan memperparah kondisi alergi yang anda derita.

Bagaimana, sangat berlimpah bukan?

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi cumi-cumi bagi kesehatan tubuh, dengan rutin mengkonsumsi cumi-cumi tentu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sekian ulasan kesehatan yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat cumi-cumi untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...
10 Manfaat dan Kandungan Daging Cumi-Cumi Untuk Kesehatan | Khumaira | 4.5
error: