50 Kandungan dan Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan

Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan

Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan

Manfaat dan Kandungan Daging Ayam Untuk Kesehatan – Semua orang pasti suka makan daging ayam, rasanya yang gurih dan lezat dapat membuat nafsu makan semakin bertambah. Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi daging ayam, namun untuk mendapatkan manfaat secara maksimal sebaiknya daging ayam diolah untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat sup.

Secara umum, daging ayam sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu ada ayam ras dan ayam kampung. Jika di nilai dari kandungan gizi dan manfaatnya, daging ayam kampung memang memiliki kandungan gizi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan daging ayam ras. Selain itu, rasa dari daging ayam kampung lebih enak dan gurih, sehingga banyak orang yang sangat suka dengan daging ayam kampung dan harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan dengan daging ayam ras.

Kandungan Gizi Di Dalam Daging Ayam

Menurut hasil uji USDA, di dalam setiap 100 gram daging ayam mengandung kadar air sebanyak 65 gram, protein sebanyak 18 gram, energi sebanyak 215 kkal, lemak sebanyak 15 gram, lemak jenuh sebanyak 4 gram, kolesterol sebanyak 75 gram, zat besi sebanyak 0,9 mg, kalsium sebanyak 11 mg, magnesium sebanyak 11 mg, fosfor sebanyak 147 mg, kalium sebanyak 189 mg, natrium sebanyak 70 mg dan seng sebanyak 1,3 mg. Selain itu, di dalam daging ayam juga mengandung nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A, B kompleks, viamin C, vitamin E dan vitamin K.

Berikut adalah informasi jumlah kandungan gizi per 100 gram :

Informasi Kalori
Jumlah Per porsi dipilih %DV
Kalori 137(574 kJ) 7%
Dari Karbohodrat 0.1(0.4 kJ)
Dari Lemak 53.4(224 kJ)
Dari Protein 83.5(350 kJ)
Karbohidrat
Jumlah Per porsi dipilih
Total Karbohidrat 0.0g0%
Diet Serat 0.0g0%
Pati 0.0g
Gula 0.0g
Lemak & asam lemak
Jumlah Per porsi dipilih %DV
Total lemak 5.9g9%
Lemak jenuh 1.5g8%
Lemak tak jenuh tunggal 1.8g
Lemak tak jenuh ganda 1.5g
Total Omega-3 Asam Lemak 160mg
Total Omega-6 Asam lemak 1130mg
Protein & asam Amino
Jumlah Per porsi dipilih %DV
Protein 19.6g39%
Tryptophan 228mg
Threonine 826mg
Isoleucine 1033mg
Leucine 1467mg
Lysine 1661mg
Methionine 541mg
Cystine 250mg
Phenylalanine 776mg
Tyrosine 660mg
Valine 970mg
Arginine 1180mg
Histidine 607mg
Alanine 1067mg
Aspartic acid 1743mg
Glutamic acid 2929mg
Glycine 961mg
Proline 804mg
Serine 673mg
Vitamin
Jumlah Per porsi dipilih %DV
Vitamin A 99.0IU 2%
Retinol 30.0mcg
Retinol Activity Equivalent 30.0mcg
Alpha Carotene 0.0mcg
Beta Carotene 0.0mcg
Beta Cryptoxanthin 0.0mcg
Lycopene 0.0mcg
Lutein+Zeaxanthin 0.0mcg
Vitamin C 0.0mg0%
Vitamin D~ ~
Vitamin E (Alpha Tocopherol) 0.2mg 1%
Beta Tocopherol~
Gamma Tocopherol~
Delta Tocopherol~
Vitamin K 2.4mcg 3%
Thiamin 0.1mg 5%
Riboflavin 0.2mg 10%
Niacin 6.7mg 33%
Vitamin B 60.3mg 17%
Folate 9.0mcg 2%
Food Folate 9.0mcg
Folic Acid 0.0mcg
Dietary Folate Equivalents 9.0mcg
Vitamin B1 20.4mcg 6%
Pantothenic Acid 1.2mg 12%
Choline~
Betaine~

Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan rutin mengkonsumsi daging ayam, terutama untuk jenis ayam kampung. Diantaranya yaitu :

  1. Mencegah Penyakit Anemia

Seperti yang disampaikan diatas bahwa di dalam daging ayam mengandung zat besi yang cukup tinggi, kandungan zat besi bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi daging ayam, maka dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh tetap stabil dan mencegah penyakit anemia.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan adanya kandungan mineral penting dalam daging ayam, maka dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. dengan demikian, tubuh akan lebih tahan terhadap serangan penyakit yang disebabkab oleh faktor perubahan cuaca dan juga serangan virus seperti infulenza penyebab demam, flu dan pilek.

  1. Menstabilkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Berkat kandungan zat niacin yang terkandung di dalam daging ayam terbukti efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, kadar kolesterol yang terlampau tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung koroner dan juga stroke. Untuk mendapakan khasiat secara optimal dari daging ayam ini, maka sebaiknya cara pengolahannya dilakukan dengan cara di rebus atau di kukus. Selain itu, pilih bagian daging yang kadar lemaknya paling rendah seperti dada.

  1. Memelihara Kesehatan Tulang

Daging ayam juga mengandung mineral pentng seperti kalsium, kalsium ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk menjaga kesehatan tulang dan juga menjaga ketersediaan stok atau cadangan sumber kalsium dalam tubuh. Dengan demikian, kondisi kesehatan tubuh anda akan selalu terjaga dengan baik dan terhindar dari resiko peyakit tulang seperti osteoporosis dan sejenisnya.

  1. Membantu Meningkatkan Tumbuh Kembang Anak

Kandungan kalsium dan fosfor yang tersedia dalam daging ayam juga sangat bermanfaat untuk membantu dalam meningkatkan tumbuh kembang anak pada masa pertumbuhan, sehingga dengan rutin makan daging ayam dapat membuat anak tumbuh sehat dan kuat.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Ketika anda atau anak anda sedang tidak berselera makan, maka anda bisa coba memasak masakan yang enak dan berbeda dari biasanya, misalnya dengan memasak ayam goreng, sate ayam atau sup ayam. Hampir setiap orang dari berbagai usia suka makan daging ayam, sehingga dengan diberikan aneka masakan dari bahan daging ayam dapat kembali membangkitkan selera makan.

  1. Mengurangi Tingkat Stres

Di dalam daging ayam mengandung vitamin B5 atau disebut juga dengan asam pantotenat, kandungan zat inilah yang dapat memberikan efek tenang pada sel-sel saraf otak manusia. Dengan demikian, bagi anda yang sedang mengalami stres atau perasaan cemas berlebih, sebaiknya rutin mengkonsumsi sup kaldu ayam. Rasa gurih dan segar pada sup ayam dapat membantu mengurangi tingkat stres yang sedang anda alami, sehingga tubuh anda pun bisa lebih rileks.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Radang Sendi (Arthritis)

Di dalam daging ayam juga mengandung suatu zat yang bernama zat selenium yang bisa dikatakan sangat tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi daging ayam dapat membantu mencegah munculnya gangguan kesehatan pada area persendian. Itulah kenapa, banyak para ahli kesehatan sangat menyarankan kepada para lansia untuk sering makan daging ayam.

  1. Melancarkan Proses Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat di dalam daging ayam dapat membantu mengaktifkan fungsi dan kerja dari enzim-enzim yang sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme. Jika proses metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik dan lancar, maka dapat membantu memelihara kesehatan pada jaringan pembuluh darah, memaksimalkan proses pembakaran kalori dalam tubuh dan meningkatkan jumlah cadangan sumber energi dalam tubuh. Selain itu, efek dari proses metabolisme tubuh yang lancar dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal.

  1. Mencegah Kanker

Di dalam daging ayam juga memiliki kandungan senyawa yang bernama niacin, senyawa ini memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya kerusakan sel-sel DNA dalam tubuh yang dapat menjadi penyebab pembentukan sel kanker dalam tubuh. maka, dengan rutin mengkonsumsi daging ayam dapat membantu mencegah tubuh dari resiko penyakit kanker.

  1. Mencegah Seragan Jantung

Selain ampun untuk mencegah kanker, kandungan zat niacin juga berperan penting dalam membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh yang dapat menjadi penyebab seseorang terkena penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Meski demikian, anda tetap harus memperhatikan cara pengolahannya agar seminimal mungkin dari kadar lemak.

  1. Dapat Menambah Masa Otot

Bagi para binaragwan biasanya sering menambahkan daging ayam dalam jumlah yang cukup tinggi pada menu makanan hariannya, karena di dalam daging ayam mengandung kadar protein yang cukup tinggi sehingga efektif untuk membantu menambah masa otot pada tubuh. meski demikian, anda tetap harus mengkombinasikannya dengan makanan berprotein tinggi lainnya yang berasal dari protein nabati dan imbangi dengan olahraga secara rutin dan teratur setiap hari.

Mengkonsumsi daging ayam terbukti sangat baik untuk dijadikan sebagai menu hidangan harian kita, karena ada banyak sekali kandungan gizi yang sangat baik dan penting di dalamnya. Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daging ayam untuk kesehatan pada pembasah kita kali ini, semoga apa yang telah dibahas diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
50 Kandungan dan Manfaat Daging Ayam Untuk Kesehatan | Khumaira | 4.5
error: