12 Manfaat Dan Kandungan Daging Jangkrik Untuk Kesehatan

Manfaat Daging Jangkrik

Manfaat Daging Jangkrik

Manfaat Daging Jangkrik –  Daging jangkrik memang sangat jarang sekali dikonsumsi oleh manusia,melainkan jangkrik lebih sering dijadikan sebagai pakan burung atau ikan hias oleh masyarakat. Namun tahukah anda, padahal ternyata daging jangkrik memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sama seperti belalang dan juga udang.

Keberadaan jangkrik ini sangat mudah sekali kita jumpai dan jangkrik lebih senang berkumpul di lingkungan tanah yang lembab dan di area rerumputan seperti di daerah pesawahan, perkebunan ataupun tanah lapang. Ciriciri utama dari jenis hewan ini memiliki ciri khas dari suaranya yang berbunyi “krik… krik… krik” di malam hari.

Kandungan Gizi Dan Nutrisi Di Dalam Daging Jangkrik

Umumnya banyak kalangan masyarakat yang sering memanfaatkan jangkrik ini sebagai pakan hewan peliharaan seperti burung atau ikan hias. Padahal, daging jangkrik mengandung protein yang sangat tinggi. Bahkan menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Litbang Astrik yang merupakan Asosiasi Peternak Jangkrik Indonesia menyebutkan bahwa, daging jangkrik memiliki kandungan seperi :

  • Sumber Gizi Hormon

Di dalam daging jangkrik mengandung hormon progesteron dalam jumlah 105,49 ppm, hormon testosteron dalam jumlah 31,78 ppm, hormon estrogen dalam jumlah 259.535 ppm. Selain itu, daging jangkrik juga mampu menghasilkan kalori sebanyak 4,87 kalo dari setiap gramnya.

  • Sumber Protein

Daging jangkrik juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, bahkan setara dengan kandungan protein yang terkandung di dalam daging belalang dan juga udang. Hebatnya lagi, kandungan protein yang terdapat pada daging jangkrik lebih tinggi dibandingkan kandungan protein yang terkandung dalam daging ayam dan daging sapi.

Jika sudah diolah dalam bentuk tepung, maka kandungan protein pada daging jangkrik akan menjadi sekitar 57,32%. Tepung daging jangkrik ini memiliki kandungan DHA, DHA9, ARA, Omega 3 & 6 dan juga mengandung Glutation.

Dengan memiliki kandugan gizi dan nutrisi penting tersebut, maka daging jangkrik ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh manusia dan dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daging jengkrik? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasannya dibawah berikut ini.

Manfaat Daging Jangkrik Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat daging jangkrik yang bisa kita rasakan untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Manfaat pertama yang bisa tubuh kita rasakan setelah mengkonsumsi daging jangkrik yaitu dapat membantu meningkatkan stamina tubuh. jangkrik yang dikeringkan dan kemudian diolah untuk dijadikan sebagai tepung, maka di dalam tepung tersebut mengandung sumber energi yang cukup tinggu unuk memenuhi kebutuhan energi harian tubuh. Kandungan protein dan juga kalori yang ada dalam daging jangkrik akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar meski sedang melakukan aktivitas berat sekalipun.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Daging jangkrik juga mengandung sejumlah protein kolagen yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit kulit dan juga mengencangkan kulit. maka tak heran jika dengan rutin mengkonsumsi daging jangkrik dapat membuat kulit lebih sehat dan tanpa awet muda.

  1. Menurunkan Resiko Penyempitan Pembuluh Darah

Kandungan protein dan juga asam amino yang ditemukan dalam daging jangkrik sangat baik dan efektif untuk membantu mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, akibat dari terjadinya penyempitan pembuluh darah ini dapat menyebabkan seseorang yang mengalaminya beresiko terserang jenis penyakit tertentu seperti penyakit jantung dan juga stroke. Maka dengan rutin mengkonsumsinya dapat menurunkan resiko terserang penyakit tersebut.

  1. Pembentukan Sel Dalam Tubuh

Daging jangkrik juga mengandung protein dalam jenis DHA9, kandungan protein yang satu ini sangat bermanfaat untuk membantu dalam proses pembentukan sel dan juga memperbaiki jaringan salam tubuh yang telah rusak. oleh sebab itulah kenapa tepung jangkrik begitu digemari oleh banyak orang yang rutin melakaukan aktivitas olahraga berat.

  1. Mencerdaskan Otak Anak

Kandungan gizi penting seperti DHA, ARA, Omega 3 dan 6 yang ditemukan dalam daging jangkrik sangat bermanfaat untuk membantu mendukung tumbuh kembang otak anak, sehingga jika dikonsumsi secara rutin dan teratur dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.

  1. Efektif Untuk Mencegah Jenis Penyakit Marasmus Dan Kwashiorkor

Penyakit Marasmus Dan Kwashiorkor adalah jenis penyakit yang biasanya akan muncul pada saat tubuh sedang mengalami kekurangan asupan protein dalam jumlah cukup setiap harinya. Untuk mencegahnya, maka tubuh tentu harus bisa mendapatkan asupan protein dalam jumlah cukup setiap harinya agar dapat terhindar dari penyakit tersebut.

  1. Membantu Meningkatkan Sekresi Enzim

Peran enzim ternyata sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, karena tanpa adanya enzim dalam tubuh sistem metabolisme tubuh tidak akan bisa dilakukan dengan baik dan cepat. Selain itu, akibat dari terhambatnya produksi enzim dapat menyebabkan masalah dalam proses penyembuhan suatu jenis penyakit ataupun luka. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga keseimbangan enzim dalam tubuh dan salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi daging jangkrik.

  1. Mencegah Katarak

Mengkonsumsi daging jangkrik bagi para orang tua juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kornea mata, terutama untuk mencegah mata mengalami katarak.

  1. Memeilihara Tingkat Elastisitas Pada Persendian

Persendian adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki peranan sangat penting dalam melakukan pergerakan tubuh, sehingga jika persendian kita mengalami gangguan akan menimbulkan rasa sakit dan kesulitan untuk melakukan pergerakan. Maka dari itu, penting sekali untuk kita selalu menjaga elastisitas persendian dan salah satu caranya yaitu dengan rutin mengkonsumsi daging jangkrik.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein, maka dapat membantu organ hati dalam memproduksi enzim. Enzim tersebut kemudian akan membantu organ hati untuk mengeluarkan racun dan zat-zat berbahaya dalam tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat. Selain itu, di dalam daging jangkrik juga mengandung glutation (GSH) yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

  1. Memelihara Fungsi Dan Kesehatan Organ Reproduksi

Manfaat daging jangkrik berikutnya yang sangat menggiurkan yaitu apat membantu memelihara fungsi dan kesehatan terhadap organ reproduksi dalam tubuh dan meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita. Dengan demikian, bagi pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan keturunan sebaiknya rutin-rutinlah mengkonsumsi daging jangkrik ini.

  1. Meningkatkan Vitalitas Pria Dewasa

Bagi pria dewasa yang mengeluh karena kurang berstamina saat melakukan hubugan intim bersama pasangannya, maka salah sauc ara mengelambalikan stamina dan gairah berhubungan intim bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi daging jangkrik secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan, kandungan protei yang ada dalam daging jangkrik juga sangat tinggi tidak kalah dengan kandungan protein yang bisa didapatkan dari telur.

Bagaimana, tertarik ingin mencoba mengkonsumsi daging jangkrik?

Itulah tadi informasi yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat daging jangkrik untuk kesehatan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian…

Loading...
12 Manfaat Dan Kandungan Daging Jangkrik Untuk Kesehatan | Khumaira | 4.5
error: