9 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan

Manfaat Daging Kambing

Manfaat Daging Kambing

Manfaat Daging Kambing – Daging kambing memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, banyak masyarakat yang suka mengkonsumsi daging kambing. Daging kambing merupakan salah satu jenis daging merah yang sering dikonsumsi oleh banyak masyarakat di seluruh dunia, bahkan di negara seperti Meksiko dan India sudah mengkonsumsi daging kambing sejak lama.

Di Indonesia sendiri, daging kambing sering diolah untuk dijadikan sebagai olahan masakan seperti sate, gulai, sup dan beraneka macam kuliner yang lezat lainnya. Pada kenyataannya rasa daging kambing memang sangat lezat, apalagi jika diolah menjadi sate bakar dan aromanya yang khas membuat lidah ingin sekali menyantapnya. Walaupun demikian, tidak sedikit orang yang tidak suka dengan daging kambing dan menghindarinya, karena mengkonsumsi daging kambing dianggap dapat menyebabkan tekanan dan kadar kolesterol dalam menjadi naik. Selain itu, aromanya yang khas juga menjadi alasan banyak orang tidak suka dengan daging kambing.

Kandungan Gizi Di Dalam Daging Kambing

Meskipun daging kambing aromanya sangat kuat dan ada dampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan, ada banyak kandungan gizi di dalam daging kambing yang dibutuhkan oleh tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan. Di dalam setiap 100 gram daging kambing menyimpan kandungan gizi seperti kalori sebanyak 234 gram, lemak sebanyak 11 gram, lemak jenuh sebanyak 5 gram, kolesterol sebanyak 109 mg, sodium sebanyak 135 mg dan masih banyak lagi kandungan gizi lainnya.

Manfaat Daging Kambing Untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan gizi tersebut hanya sebagian kecil saja, untuk informasi lebih lengkapnya bisa anda simak bersama dengan manfaat daging kambing dibawah berikut ini.

  1. Sumber Energi

Di dalam daging kambing memiliki sumber energi yang sangat besar, sehingga dengan mengkonsumsi daging kambing tubuh akan menjadi lebih berstamina dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan, di dalam daging mengandung kalori, lemak dan juga protein dalam jumlah besar yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Membentuk Otot

Kandungan protein yang ada dalam daging kambing sangat tinggi dan bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Kandungan protein ini sangat baik untuk membantu meningkatkan pembentukan masa otot dan pertumbuhannya.

  1. Mencegah Dan Mengobati Anemia

Daging kambing termasuk jenis daging merah yang mengandung zat besi cukup tinggi, mengkonsumsi daging kambing terbukti efektif untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga sangat baik untuk mencegah dan juga mengobati anemia.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Penting untuk anda ketahui bahwa di dalam daging kambing mengandung banyak sekali kandungan nutrisi penting yang baik untuk tubuh, salah satunya zat besi. Zat besi tidak hanya dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah saja, tetapi juga sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan sustem imunitas tubuh.

  1. Mengandung Sumber Antioksidan Tinggi

Di dalam daging kambing juga mengandung sumber selenium yang cukup besar, kandungan zat ini dapat berperan penting sebagai sumber antioksidan yang sangat penting untuk melindungi sel dalam tubuh agar tidak mengalami kerusakan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Mengkonsumsi daging kambing juga sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, karena di dalam daging kambing mengandung gizi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh mata.

  1. Menjaga Sistem Saraf

Sistem saraf pada tubuh manusia sangatlah kompleks, untuk menjaga fungsi sistem saraf agar dapat bekerja dengan baik dan normal disarankan untuk mengkonsumsi daging kambing dalam jumlah cukup. Hal ini dikarenakan, di dalam daging kambing mengandung vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga sistem saraf.

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Masih berkaitan dengan kandungan vitamin B12 yang ada dalam daging kambing, selain baik untuk menjaga sistem saraf dan berfungsi untuk mengubah energi tubuh, vitamin B12 juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi daging kambing juga dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah berbagai jenis penyakit yang akan menyerang tulang, seperti penyakit osteoporosis misalnya. Kandungan zat tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, sehingga anda dapat terhindar dari resiko terkena penyakit osteoporosis.

Bahaya Mengkonsumsi Daging Kambing Berlebihan

Di balik rasanya yang sangat lezat, ternyata jka dikonsumsi secara berlebihan dapat menimbulkan dampak bahaya bagi kesehatan kita. lalu, apa saja bahayanya? Simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Menyebabkan Gangguan Pencernaan Atas Dan Bawah

Ganggauan pencernaan bagian atas dan bawah ini bisa terjadi akibat adanya proses pengosongan lambung, karena lemak yang ada dalam daging kambing akan tertimbuh dalam jumlah berlebih di dalam lambung. Kondisi ini biasanya akan menimbulkan gejala seperti muncul rasa panas di dada.

  1. Menyebabkan Penyakit Jantung

Terlalu banyak mengkonsumsi daging kambing dapat memicu resiko penyakit jantung, karena daging kambing mengandung lemak yang sangat tinggi sehingga menyebabkan penimbunan lemak berlebih, bahkan sampai ke pembuluh darah. Kondisi ini dapat memicu terjadinya penyempitan pada pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan terhambatnya peredaran darah yang bisa berujung pada penyakit jantung.

  1. Menyebabkan Kolesterol Tinggi

Bahaya berikutnya yang bisa terjadi apabila terlalu banyak dan sering mengkonsumsi daging kambing yaitu dapat beresiko menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah, karena kandungan kolesterol dalam daging kambing lebih tinggi dibandingkan dengan daging sapi dan bahkan orang yang memiliki kolesterol normal bisa terserang penyakit kardiovaskular.

  1. Susah Buang Air Besar Dan Sembelit

Daging kambing memiliki tekstur yang alot, sehingga menyebabkan proses pencernaan yang dilakukan lebih lama. Maka jika terlalu banyak dan sering mengkonsumsi daging kambing ini dapat menyebabkan buang air besar menjadi keras dan dapat beresiko menyebabkan seseorang mengalami sembelit.

  1. Peningkatan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Terlalu sering mengkonsumsi daging kambing beresiko menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi secara signifikan sehingga dapat menyebabkan terkena penyakit hipertensi. Penyakit darah tinggi ini sangat berbahaya jika tidak segera diatasi, karena dapat memicu penyakit jantung, stroke dan bahkan kematian.

  1. Menyebabkan Kegemukan (Obesitas)

Bahaya lainnya yang bisa terjadi pada anda yang sering mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan yaitu dapat menyebabkan kegemukan, karena di dalam daging kambing memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol jahat yang sangat tinggi, sehingga akan sangat beresiko mengalami kegemukan bagi yang sering mengkonsumsinya secara berlebihan.

Cara Mengurangi Efek Dari Daging Kambing

Untuk mengurangi efek dari bahaya daging kambing ini, anda bisa melakukan beberapa hal, seperti :

  • Makan mentimun
  • Imbangi dengan makan sayuran
  • Banyak minum air putih
  • Minum jus jeruk
  • Konsumsi bawah merah
  • Rutin berolahraga

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat daging kambing dan bahayanya bagi kesehatan tubuh, semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi para pembaca sekalian.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
9 Manfaat Daging Kambing Bagi Kesehatan | Khumaira | 4.5
error: