10 Manfaat Daging Kuda Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daging Kuda

Manfaat Daging Kuda

Manfaat Daging Kuda – Kuda adalah salah satu jenis hewan mamalia yang memiliki tubuh besar, sepadan dengan ukuran tubuhnya kuda juga memiliki tenaga yang sangat besar. Kuda sendiri termasuk ke dalam jenis hewan liar yang cukup berbahaya, namun jika dirawat dengan baik dan benar maka kuda bisa menjadi hewan yang sangat jinak dan penurut. Selain itu, kuda juga termasuk jenis hewan yang sangat cerdas, sehingga kuda juga sering dijadikan sebagai hewan sirkus yang selalu mengikuti perintah dari pelatihnya.

Di Indonesia, kudu sering dijadikan hewan penarik delman atau diikut sertakan dalam lomba pacuan kuda. Bahkan saat ini, pacuan kudu sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang digemari oleh banyak orang. otot-otot pada tubuh kuda memang sangat kuat dan memiliki tenaga yang sangat besar, sehingga tak heran jika kudu mampu menarik gerobat dengan muatan barang yang cukup banyak hingga puluhan kilo. Saat ini, banyak masyarakat yang saat ini mulai menjadikan kuda sebagai hewan peliharaan. Harga kuda yang cukup mahal tentu membuat orang yang memeliharanya memiliki kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

Selain itu, saat ini banyak orang yang menernakan kuda untuk diperjual belikan. Bahkan tidak hanya kuda hidup untuk dipelihara, daging kuda pun saat ini sudah banyak dijual dipasaran. Karena selain memiliki rasa yang sangat lezat, banyak sekali khasiat dan manfaat yang bisa dirasakan dengan mengkonsumsi daging kuda ini. banyak orang yang mengaku bahwa dengan mengkonsumsi daging kuda sangat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Kandungan Gizi Di Dalam Daging Kuda

Ada banyak sekali kandungan gizi yang terkandung di dalam daging kuda yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. di dalam setiap 100 gram daging kuda mengandung protein sekitar 18,1 gram, lemak sekitar 4,1 gram, karbohidrat sekitar 0,9 gram, energi sekitar 118 kkal, kalsium sekitar 10 mg, fosfor sekitar 150 mg dan zat besi sekitar 3,82 mg. Berbagai kandunga gizi yang terdapat di dalam daging kuda ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Penasaran, ingin tahu apa saja manfaat mengkonsumsi daging kuda? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Daging Kuda Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi daging kuda bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya yaitu :

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Kandungan protein yang terdapat di dalam daging kuda sangat tinggi dan bermanfaat untuk membantu meningkatkan stamina tubuh, bahkan kandungan protein yang terkandung di dalam daging kuda lebih banyak dibandingkan dengan daging domba dan juga daging sapi. Selain itu, daging kuda memiliki kalori sebanyak 118 kkal. Kandungan gizi tersebut tentu sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh, terutama stamina bagi para kaum adam.

  1. Mengobati Sakit Rematik

Rematik merupakan jenis penyakit yang sering kambuh di daerah persendian akibat dari peradangan. Dengan rutin mengkonsumsi daging kuda, maka rasa nyeri akibat penyakit rematik bisa diredakan dan bahkan disembuhkan. Hal ini dikarenakan, di dalam daging kuda mengandung steroid yang dapat memberikan pelumas alami pada persendian pada saat terjadi gesekan antar tulang.

  1. Baik Untuk Diet

Daging kuda juga sangat baik dijadikan sebagai menu diet dalam program menurunkan berat badan, karena daging kuda mengandung lemak yang sangat rendah. Selain itu, daging kuda juga mengandung protein yang sangat tingi, sehingga dapat membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah baik itu kadar kolesterol baik maupun kolesterol jahat. Maka dari itu, daging kuda ini dapat dijadikan sebagai makanan terbaik bagi anda yang sedang menjalani diet sehat.

  1. Mengontrol Kadar Kolesterol

Di dalam daging kuda mengandung asam lemak jenuh yang sangat rendah, sehingga dapat membuat kadar kolesterol dalam darah tetap stabil. Dari sekian banyak jenis daging, daging kuda merupakan jenis daging terbaik yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Merangsang Pertumbuhan Otot Tubuh

Masih berkaitan dengan kandungan steroid, zat ini sangat baik untuk membantu proses pembentukan otot dalam tubuh, sehingga daging kuda ini sangat cocok dikonsumsi oleh mereka yang ingin mempunyai bentuk tubuh dan otot seperti para binaragawan.

  1. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Manfaat daging kuda berikutnya yaitu dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan memperkuat tulang, karena di dalam daging kuda ini memiliki kandungan mieral kalsium dan fosfor yang cukup tinggi yang sangat bermanfaat untuk menutrisi tulang. Selain itu, di dalam daging kuda juga mengandung zat besi yang bermanfaat dalam menyusun sel-sel darah merah yang turut dapat memperkuat tulang. Hal ini dikarenakan, sel darah merah ini banyak dihasilkan dari sumsum tulang.

  1. Menyembuhkan Sakit Pinggang

Mengkonsumsi daging kuda juga sangat dipercaya oleh masyarakat untuk mengobati sakit pinggang, sehingga banyak para pekerja berat yang sering mengkonsumsi daging kuda. Karena selain dapat mengobati sakit pinggang, ternyata daging kuda juga sangat bermanfaat untuk menambah tenaga dan stamina saat bekerja.

  1. Mengobati Penyakit Epilepsi

Penyakit epilepsi adalah salah satu jenis penyakit yang sering kambuh kapan saja, bahkan tidak sedikit orang yang menderita penyakit ini tidak kunjung sembuh meski sudah mencoba berbagai jenis pengobatan medis. Namun dari pengalaman masyarakat yang pernah menderita penyakit epilepsi, setelah rutin mengkonsumsi daging kuda secara berangsur-angsur tingkat kekambuhan gejala epilepsi ini mulai berkurang dan bahkan ada juga yang sudah tidak pernah mengalami kambuh lagi.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi daging kuda juga dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang berbagai jenis penyakit. Hal ini dikarenakan, di dalam daging kuda mengandung banyak sekali mineral dan vitamin yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. kandungan zat mineral sangatlah penting untuk membantu mengaktifkan hormon-hormon dalam tubuh dan juga berbagai jenis enzim yang dapat membantu melancarkan proses metabolisme tubuh.

  1. Menyembuhkan Sesak Napas

Bagi anda yang sering mengalami ganguan sesak napas atau penyakit asma, ternyata dengan rutin mengkonsumsi daging kuda dapay membantu mencegah terjadinya kontraksi terhadap otot-otot polos dalam saluran pernapasan yang menjadi penyebab terjadinya sesak napas.

Perhatian :

Jika anda ingin melakukan pengobatan penyakit yang anda derita dengan mengkonsumsi daging kuda, maka sebelum anda melakukannya sebaiknya anda mengkonsulasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Informasi ini hanya sebatas untuk menambah pengetahuan saja.

Demikianlah informasi yang dapat kami ulasa pada postingan kali ini mengenai khasiat dan manfaat daging kuda untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan daging kuda saat ini cukup mudah, karena saat ini sudah banyak warung dan rumah makan yang menyajikan aneka masakan berbahan dasar daging kuda mulai dari sate kuda, gulai dan aneka masakan daging kuda lainnya.

Bagaimana, berminat untuk mencoba menikmati bagaimana rasanya daging kuda?

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

10 Manfaat Daging Kuda Bagi Kesehatan Tubuh | Khumaira | 4.5
error: