10 Manfaat Daging Merpati Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Manfaat Daging Merpati

Manfaat Daging Merpati

Manfaat Daging Merpati – Daging Merpati atau burung dara ini memang bukan termasuk jenis daging yang umum dikonsumsi seperti daging ayam, bebek, kambing dan daging sapi. Hal ini dikarenakan, tujuan dari memelihara merpati bukalah untuk di ambil dagingnya, melainkan untuk burung peliharaan karena memiliki rupa yang cantik, menawan dan juga termasuk burung yang cerdas.

Meskipun burung merpati sering dijadikan sebagai burung peliharaan, tapi pada kenyataannya tidak sedikit masyarakat yang suka mengkonsumsi daging burung cantik yang satu ini, karena daging merpati memiliki rasa yang sanga lezat dan gurih. Dari sekain banyak jenis burung merpati yang tersebar di seluruh dunia, burung merpati yang sering diambil dagingnya untuk diolah menjadi suatu masakan yaitu burung merpati jenis Squad. Burung merpati Squad yaitu burung merpati yang baru berusia sekitar 28 sampai 30 hari, karena dagingnya masih sangat lembut dan tulangnya masih sangat lunak.

Di balik rasanya yang sangat lezat, ternyata daging merpati mengandung banyak sekali kandungan gizi yang sangat baik dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Maka tak heran, jika banyak masyaraakat yang mempercayai jika daging burung merpati dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi penyakit tertentu.

Kandungan Gizi Dan Khasiat Daging Merpati

Ada banyak kandungan gizi yang terkandung di dalam daging merpati yang perlu anda ketahui, untuk lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

  • Protein

Protein merupakan kandungan gizi yang paling banyak terkandung di dalam daging merpati, kadar protein yang terkandung di dalamnya sangat tinggi mencapai 17,5 gram dari setiap 100 gram nya. Jumlah kadar protein ini memang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan kandungan protein pada daging hewan lain seperti daging sapi yang mencapai 18,8 gram pada setiap 100 gram nya.

Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa manfaat protein bagi kesehatan dapat berfungsi sebagai zat pembangun, sehingga jika dikonsumsi secara rutin dan teratur dalam jumlah yang cukup dapat membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak dan juga remaja.

Tidak hanya itu saja, protein juga berperan penting sebagai zat pendukung sistem metabolisme, sehingga dapat mendukung dalam berbagai aktivitas organ tubuh. Bahkan, protein juga berfungsi sebagai zat pembangun yang akan bekerja di dalam tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan produksi enzim baik untuk tubuh, memelihara kesehatan kuku dan juga rambut serta menambah stamina tubuh agar tubuh tidak cepat lelah selama beraktivitas.

  • Mineral

Ada beberapa jenis kandungan mineral yang bisa didapatkan dari daging merpati ini, diantaranya yaitu :

Selenium, mineral penting ini berperan aktif sebagai pelindung tubuh dari serangan radikal bebas berbahaya, mengurangi peradangan pada persendian, mengurangi nyeri pada otot, membantu meningkatkan fungsi tiroid, mencegfah kanker, mencegah penyakit jantung dan juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Zinc, mineral penting yang satu ini sangat efektif untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses penyembuhan luka, mempertajam indera penciuman, mendukung pertumbuhan sel, mengontrol kadar gula dalam darah, mengurangi depresi, menambah nafsu makan dan mencegah munculnya penyakit kulit. mineral Zinc tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa, tetapi juga baik dikonsumsi anak-anak pada masa pertumbuhan.

Masih banyak kandungan gizi lain yang ada dalam tiap 100 gram daging merpati ini terdiri dari kalori sebanyak 129 kkal, lemak sebanyak 3,35 gram, kalsium sebanyak 5 mg dan zat besi sebanyak 2,5 mg. Jika di lihat dari kandungan gizi tersebut bahwa daging merpati memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah.

Lalu, apa saja manfaat mengkonsumsi daging merpati bagi kesehatan tubuh? Untuk informasi lebih jelasnya, mari kita langsung saja simak ulasan selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Daging Merpati Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi daging merpati untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Berfungsi Sebagai Zat Pembangun

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa di dalam daging merpati mengandung protein yang sangat tiggi, protein tersebut dapat berperan sebagai suatu zat pembangun jaringan tubuh. Apabila tubuh mendapatkan asupan protein dalam jumlah cukup, maka tubuh akan dengan cepat melakukan proses pembangunan sel-sel yang telah rusak dengan sel baru.

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Protein juga sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu merangsang proses pembentukan enzim oleh organ hati, enzim inilah yang menyebabkan tubuh memproduksi zat antibodi yang dapat melawan zat-zat racun dari dalam tubuh. Selain itu, berkat kandungan zinc yang ada di dalamnya juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

  1. Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Daging merpati juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak pada masa pertumbuhan, karena kandungan gizi yang terdapat pada daging merpati memiliki kemampuan dalam mendukung tumbuh kembang anak pada masa pertumbuhan. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat membantu mempercepat pertumbuhan tulang dan perkembangan otak anak.

  1. Melancarkan Sistem Metabolisme Tubuh

Protein yang ada dalam daging merpati mampu membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh dengan baik, karena kandungan protein hewani yang di dapat dari daging merpati ini dapat bersifat sebagai katalik, sehingga dapat membantu mempercepat proses metabolisme sel dalam tubuh.

  1. Menjaga Kepadatan Tulang

Merpati yang masih muda memiliki tektur daging yang sangat lembut, bahkan tulangnya pun masih sangat lunak. Tulang pada tubuh merpati sangat baik dikonsumsi karena di dalamnya mengandung kalsium dan kadar protein yang sangat tinggi, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Beberapa para ahli medis telah mengungkapkan jika dengan mengkonsumsi daging merpati dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, baik itu luka sayat, luka bakar maupun luka bekas bisul. Hal ini dikarenakan, ketika tubuh mendapatkan asupan protein tinggi tubuh akan melakukan sekresi enzim yang akan mempercepat penyembuhan luka tersebut.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Mengkonsumsi daging merpati dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga membuat kesehatan dan kerja organ jantung akan tetap terjaga dengan baik. Apabila jantung dapat berfungsi dengan baik dan normal, maka tubuh akan terhindar dari resiko terkena penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung.

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Daging merpati juga sangat baik dikonsumsi oleh pasien penderita penyakit diabetes, karena kandungan mineralnya dipercaya mampu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Selain dapat mencegah penyakit jantung, manfaat daging merpati juga dipercaya mampu mencegah kanker. Meskipun tidak semua jenis kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi daging merpati, tetapi dengan rutin mengkonsumsi daging merpati dapat memberikan efek antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan menghentikan pertumbuhan serta perkembangan sel kanker.

  1. Mencegah Pikun

Protein yang tinggi juga ternyata sangat ampuh untuk mencegah kepikunan, karena kandungan protein dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan juga tingkat konsentrasi para otak.

Jadi, masih ragu untuk mengkonsumsi daging merpati?

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat daging merpati untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

10 Manfaat Daging Merpati Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui | Khumaira | 4.5
error: