12 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Bawang

Manfaat Daun Bawang

Sehat-natural.com – Daun bawang sering kali dimanfaatkan oleh masyarakat umum sebagai bahan untuk membuat bumbu masak, sehingga masakan akan terasa lebih wangi, gurih dan nikmat. Aroma dari daun bawang sendiri sangat khas, disisi lain ternyata daun bawang ini memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

Selain dapat dijadikan sebagai bumbu masakan, daun bawang juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat obat tradisional yang dipercaya dapat mengobati banyak jenis penyakit, karena di dalam daun bawang sendiri mengandung banyak sekali kandungan zat dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan Nutrisi Dan Zat Dalam Daun Bawang

Berikutn ini beberapa kandungan zat dan nutrisi penting yang terdapat di dalam daun bawang, diantaranya yaitu :

  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kalsium
  • Potassium
  • Zat besi
  • Asam folat
  • Kalori
  • Lemak

Semua kandungan zat dan nutrisi penting yang terkandung di dalam daun bawang sangat baik dan memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Penasaran, apa saja manfaatnya? Langsung saja kita simak bersama-sama informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Selain dapa dijadikan sebagai penyedap masakan, daun bawang juga sangat baik dikonsumsi untuk membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan memiliki sistem imunitas tubuh yang kuat, maka tubuh tidak akan mudah sakit dan terserang penyakit. Untuk mendapatkan manfaat dari dau bawang ini, anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, diolah menjadi jus bawang maupun dijadikan penyedap pada masakan.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Tidak hanya mengkonsumsi wortel saja, mengkonsumsi daun bawang juga dapat menjaga kesehatan mata agar daya penglihatan mata anda tetap optimal dan terhindar dari resiko gangguan mata seperti mata rabun, katarak, degenerasi makula dan berbagai gangguan kesehatan mata lainnya. Hal ini dikarenkan, sama hal nya dengan wortel, daun bawang juga kaya akan kandungan vitamin A yang cukup tinggi yang dapat menjaga kesehatan mata anda.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat daun bawang berikutnya yaitu dipercaya sangat efektif untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan sekaligus meningkatkan kekuatan tulang. Jadi, daun bawang ini tidak hanya baik untuk orang tua saja tetapi juga sangat baik untuk anak-anak pada masa pertumbuhan, sehingga pertumbuhan tulang akan lebih optimal. Hal ini dikarenakan, di dalam daun bawang mengandung nutrisi penting yang sangat baik untuk menutrisi tulang seperti kalsium dan vitamin K. Bagi para orang dewasa terutama para orang tua, mengkonsumsi daun bawang ini sangat baik dan penting karena dapat mencegah dan mengobati penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

  1. Mengobati Penyakit Anemia

Bagi anda yang menderita penyakit anemia, maka sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi daun bawang. Hal ini dikarenakan, di dalam daun bawang juga mengandung zat besi yang sangat baik untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah yang dapat berfungsi sebagai penambah darah alami, sehingga gejala-gejala yang ditimbulkan akibat kurang darah akan teratasi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi daun bawah secara rutin juga ternyata sangat ampuh untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, dengan peredaran darah yang lancar tentu akan berdampak baik pada kesehatan jantung dan terhindar dari resiko penyakit jantung.

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Bagi anda yang mengidap penyakit kolsterol tinggi, maka mengkonsumsi daun bawang juga sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat berlebih dalam tubuh dan sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik. Dengan demikian, maka tubuh akan menjadi lebih sehatb dan terhindar dari resiko penyakit jantug maupun darah tinggi.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Daun bawang juga dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh ibu hamil, karena kandungan asam folat yang terdapat pada daun bawang cukup tinggi dan sangat baik untuk menjaga kesehatan janin serta meningkatkan perkembangan otak janin sejak dalam kandungan. Maka pada saat sedang hamil, maka bunda disarankan untuk rutin mengkonsumsi daun bawang ini, namun tetap harus dalam jumlah yang cukup dan selalu konsultasikan dengan dokter atau bidan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengkonsumsinya.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Jika anda saat ini sedang mengalami kesulitan untuk buang air besar dan sering mengalami sembelit. Maka daun bawang ini bisa anda jadikan sebagai solusi untuk mengatasi gangguan pencernaan tersebut. Hal ini dikarenakan, daun bawang mengandung serat yang sangat baik untuk membantu melancarkan BAB dan siklus yang lebih teratur setiap pagi. Selain itu, mengkonsumsi daun bawang juga dipercaya ampuh untuk mengatasi sembelit dan mencegah infeksi bakteri pada usus yang dapat menyebabkan penyakit seperti disentri dan diare.

  1. Mengobati Cacingan Pada Anak

Anak-anak usia diatas 2 tahun memang sangat rentan terserang penyakit cacingan, dampak burung dari penyakit ini sering membuat anak-anak dan balita mengalami tidak nafsu makan, penurunan berat badan dan bahkan bisa menyebabkan dampak yang berbahaya jika tidak segera diatas. Untuk mengobatinya, anda bisa memberikan anak anda jus daun bawang yang dicampur dengan susu formula atau makanan lain yang anak anda sukai. Kandungan zat yang terdapat dalam daun bawang ini mampu membunuh cancing yang ada dalam perut.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Tidak hanya ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolsterol saja, ternyata daun bawang juga sangat efektif untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam darah bagi penderita penyakit diabetes. Disamping anda menghindari makan dan minuman yang manis-manis, anda bisa minum jus daun bawang secara rutin dan teratur 2 kali sehari pada pagi dan makan sebelum tidur sampai kadar gila darah anda kembali stabil. Jika sudah stabil, anda bisa menurukan dosisnya menjadi 1 kali dalam sehari agar kadar gula darah tidak kembali mengalami peningkatan secara signifikan.

  1. Mencegah Insomnia

Bagi anda yang sering tersiksa dengan gangguan insomnia atau susah tidur, maka anda bisa mengatasinya dengan minum jus daun bawang ini setiap malam sebelum tidur. Aroma dari daun bawang ini dapat memberikan sensasi menenangkan terhadap tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks dan bisa tertidur dengan lelap.

  1. Mencegah Kanker

Di dalam daun bawang juga mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi, antioksidan ini sangat efektif untuk membantu melawan serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dan menghambat dan bahkan menghentikan perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Cara Mengkonsumsi Daun Bawang Untuk Obat

Jika anda akan menjadikan daun bawang ini sebagai obat, maka anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, dicampur dengan masakan atau bisa juga dijadikan sebagai jus.

Cara membuat jus daun bawang

  • Bersihkan dan iris-iris daun bawang sebanyak setengah gelas.
  • Haluskan dengan menggunakan blender, jangan lupa beri air sebanyak setengah gelas.
  • Tambahkan bahan lain seperti jeruk nipis dan madu, lalu aduk lagi sampai cemua bahan tercamour merata.
  • Tuangkan ke dalam gelas dan minum sampai habis.

Catatan :

Bagi penderita hipertensi, diabetes, kolesterol dan pasien penyakit jantung. Konsultasikan terlebih dahulu sebelum melakukan pengobatan ini dengan dokter.

Itulah beberapa manfaat daun bawang untuk kesehatan yang perlu anda ketahui, semoga apa yang telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • Manfaat daun bawang
12 Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Tubuh | Khumaira | 4.5
error: