10 Manfaat Kacang Edamame Untuk Kesehatan Tubah Anda

Manfaat Edamame

Manfaat Edamame

Sehat-natural.com – Mungkin sebagian dari anda ada yang masih belum mengenal kacang Edamame. Namun bagi anda yang seorang vegetarian pastinya sudah sangat akrab dengan jenis makanan sehat yang satu ini.

Lalu, apa itu kacang Edamame?

Bagi anda yang pernah mencoba makan makanan khas Jepang atau makan di restoran Jepang, maka mungkin anda pernah menjumpai sajian kacang berwarna hijau yang biasa disajikan di atas meja makan dan itulah yang disebut dengan kacang edamame. Tetapi bagi anda yang sama sekali belum pernah melihatnya, maka anda bisa lihat pada gambar yang kami tampilkan pada artikel ini. Dalam artikel ini pun kami akan mengulas tentang jenis kacang edamame, terutama untuk manfaatnya bagi kesehatan.

Kacang Edamame sendiri berbeda dengan jenis kacang polong, karena isian dari kacang edamame ini hampir sama dengan kacang kedelai, tetapi kacang ini berwarna hijau. Di Indonesia sendiri, kacang edamame lebih akrab dikenal dengan sebutan kacang kedelai Jepang meskipun kacang ini aslinya berasal dari Tiongkok. Jika di lihat dari bentuknya memang seperti kacang biasa, tetapi kacang ini memiliki kandungan nutrisi khususnya protein yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis kacang lainnya termasuk kacang kedelai.

Kandungan Nutrisi Dan Gizi Di Dalam Kacang Edamame

Di dalam setiap semangkuk kecil kacang edamame mengandung 16,86 gram protein. Inilah alasan kenapa kacang edamame bisa menggantikan asupan protein yang di dapat dari daging dan telur. Selain itu, Kacang edamame juga memiliki 9 jenis asam amino essensial. Dari setiap mengkonsumsi satu porsi kacang edamame mampu memenuhi asupan zat besi sebanyak 10% dan asupan vitamin C sebanyak 8% dari total asupan harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tidak hanya itu, di dalam kacang edamame juga mengandung nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, K, serat, kalori, kalsium, magnesium, kalium, fosfor dan nutrisi serta zat penting lainnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Edamame Untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai makanan sehat yang kaya akan kandungan nutrisi, maka banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kacang edamame ini. Penasaran, apa saja manfaat kacang edamame untuk kesehatan tubuh kita? Mari kita simak informasi selengkapnya dibawah berikut ini.

  1. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kacang edamame ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, gizi dan zat antioksidan yang cukup tinggi. Maka dengan rutin mengkonsumsi kacang ini dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah sakit atau terserang penyakit yang disebabkab oleh faktor perubaha cuaca ekstrim ataupun bakteri dan virus yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Manfaat kacang edamame berikutnya yaitu dipercaya memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh, sehingga dapat sekaligus menurunkan resiko penyakit jantung dan juga stroke. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang edamame mengandung kalium dan juga senyawa antioksidan yang cukup tinggi yang mampu mengurai tumpukan lemak dalam tubuh yang menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah arteri. Seperti yang kita tahu bahwa penyempitan pada pembuluh darah arteri ini penyebab utama dari meningkatnya tekanan darah dalam tubuh.

  1. Membantu Proses Regenerasi Sel Sel Rusak Dalam Tubuh

Tubuh secara otomatis akan melakukan proses regenerasi terhadap sel-sel yang rusak dalam tubuh secara rutin setiap hari. Untuk mendukung proses regenerasi sel tersebut, disarankan agar kita mengkonsumsi makanan sehat yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi penting bagi tubuh secara rutin dan teratur. Salah satu makanan sehat yang dapat mendukung proses regenerasi sel yang rusak dalam tubuh yaitu kacang edamame. Karena, di dalam kacang edamame mengandung protein yang sangat tinggi dan mampu memenuhi 40% dari total asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

  1. Membantu Program Diet

Jika anda ingin berhasil dalam menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, maka disarankan untuk perbanyak mengkonsumsi makanan sehat kaya serat, rendah lemak dan kalori. Salah satu makan sehat yang tepat yaitu dengan menambahkan kacang edamame ini ke dalam menu diet harian anda, karena dengan rutin mengkonsumsi kacang edamame dapat membantu mempercepat proses penurunan lemak berlebih dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot Tubuh

Di dalam edamame mengandung protein 86 persen lebih besar dibandingkan dengan kandungan protein yang dimiliki soybean lainnya, sehingga mengkonsumsi kacang edamame ini dapat membantu mereka yang ingin memperbesar massa otot tubuhnya dan sekaligus meningkatkat kekuatan otot tubuh.

  1. Baik Untuk Pasien Diabetes

Hampir sama dengan jenis kacang-kacangan lainnya, kacang edamame juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Maka dengan rutin mengkonsumsi kacang edamame, pasien penderita penyakit diabetes secara berangsur-angsur akan membaik seiring menurunnya kadar gula darah dalam tubuhnya.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Kacang edamame juga sangat baik dikonsumsi oleh para ibu hamil, karena di dalam kacang edamame ini mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dan janin dalam kandungan. Dengan rutin mengkonsumsi kacang edamame secara rutin bagi ibu hamil, maka dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Selain itu, manfaat asam folat untuk ibu hamil juga dapat mencegah bayi lahir dengan kondisi cacat.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Di dalam kacang edamame juga mengandung vitamin K yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan soybean, karena dengan rutin mengkonsumsi kacang ini secara rutin setiap hari dapat memenuhi 33 persen kebutuhan vitamin K harian tubuh kita. Perlu untuk diketahui bahwa vitamin K ini diyakini dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer.

  1. Mencegah Anemia

Kacang edamame juga sangat terkenal dengan kandungan zat besi nya yang sangat tinggi, sehingga dengan rutin mengkonsumsi kacang edamame dapat membantu menurunkan resiko penyakit anemia dan sekaligus mengobati pasien penderita anemia. Seperti yang kita tahu bahwa salah satu penyebab penyakit anemia yaitu disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan asupan zat besi, zat besi sendiri berfungsi sebagai zat penambah darah yang dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi kacang edamane juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, karena seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kacang ini memiliki kandungan mineral penting seperti kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk menutrisi tulang serta mencegah terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis). Maka dengan rutin mengkonsumsi kacang edamame, maka kesehatan dan kekuatan tulang kita akan selalu terjaga dengan baik. Selain untuk orang dewasa, kacang edamame juga sangat baik dikonsumsi anak-anak pada masa pertumbuhan, karena dipercaya dapat membantu memperkuat dan mempercepat proses pertumbuhan tulang.

Itulah beberapa manfaat edamame untuk kesehatan yang dapat kami jelasakan pada artikel kesehatan kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading...
kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat edamame
10 Manfaat Kacang Edamame Untuk Kesehatan Tubah Anda | Khumaira | 4.5
error: