14 Manfaat Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Ikan

Manfaat Ikan

Manfaat Ikan – Siapa coba yang tidak suka Ikan? Daging ikan tidak hanya enak dan lezat, tetapi juga kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. daging ikan tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa saja, tetapi juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan balita untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Selain itu, daging ikan juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan juga menyusui.

Apapun jenis ikannya, baik itu Ikan laut maupun ikan tawar sama-sama memiliki kandungan gizi yang lengkap dan dalam jumlah tinggi, sehingga jika dikonsumsi secara rutin akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Kandungan Gizi Di Dalam Daging Ikan

Berikut ini beberapa kandungan gizi yang terkandung di dalam daging ikan, diantaranya yaitu :

  • Vitamin B2 (riboflavin).
  • Vitamin D
  • Omega-3
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Seng
  • Yodium
  • Magnesium
  • Kalium
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berkat kandungan gizi yang lengkap di dalam daging ikan, maka pantas jika daging ikan ini sangat terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Penasaran, apa saja manfaatnya? Berikut informasinya.

Manfaat Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi ikan secara rutin bagi kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

  1. Efektif Cegah Penyakit Jantung

Konsumsi ikan sangat bermanfaat untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung, karena menurut dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa di dalam daging ikan mengandung gizi dan nutrisi penting lain yang sangat baik untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, dengan peredarann darah yang lancar tentu organ jantung pun dapat berfungsi dengan baik dan tetap terjaga kesehatannya. Dengan kesehatan jantung yang selalu terjaga dengan baik, maka resiko terkena penyakit jantung koroner pun bisa lebih kecil.

  1. Mencegah Dan Menurunkan Kolesterol Tinggi

Bagi anda yang mengidap penyakit kolesterol tinggi, maka biasanya dokter akan menyarankan agar anda mengkonsumsi daging ikan secara rutin. Hal ini dikarenakan, di dalam daging ikan mengandung kadar lemak tak jenuh, sehingga tidak akan menyebabkan peningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan justru kandungan gizi lain yang ada dalam ikan dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Menu Diet Terbaik

Ikan merupakan salah satu menu makanan harian terbaik bagi anda yang sedang menjalani program diet sehat untuk menurunkan berat badan, karena ikan tidak mengandung lemak jenuh yang menjadi penyebab berat badan bertambah. Mengkonsumsi ikan sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan, karenaikan memiliki kandungan vitamin, mineral dan kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh saat sedang menjalani diet. Selain itu, di dalam daging ikan tidak mengandung kolesterol yang tinggi, tetapi mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi yang dapat menjadi sumber energi bagi tubuh saat diet.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Manfaat lain dari mengkonsumsi ikan yaitu mampu mencegah tubuh terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit gagal jantung atau penyakit jantung koroner. Mengkonsumsi ikan dengan cara pengolahan yang sehat dapat membantu mencegah tubuh mengalami akumulasi trigliserida, menurunkan tingkat trigliserida yang berlebihan, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan juga mencegah terjadinya proses pembekuan darah. Dengan demikian, maka secara keseluruhan dapat mempermudah proses dalam kerja kardiovaskular.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

Apakah anda ingin memiliki anak yang tumbuh sehat dan cerdas? Maka mulai dari sekarang, sering-seringlah berikan anak anda makan ikan, karena di dalam daging ikan kaya akan kandungan vitamin dan asam lemak omega 3 yang mampu merangsang tumbuh kembang otak anak pada masa pertumbuhan. Maka dengan rutin mengkonsumsi ikan, dijamin anak anda akan tumbuh sehat dan cerdas. Untuk balita, sebaiknya anda mengoleh daging ikan ini untuk dijadikan tim atau nugget yang anda buat sendirin dirumah.

  1. Mengendalikan Tekanan Darah

Di dalam daging ikan kaya akan kandungan mineral penting yang sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah dalam tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi ikan terbukti efektif untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  1. Mencegah Stroke

Selain dapat membantu mencegah dan menurunkan darah tinggi, ternyata rutin mengkonsumsi ikan secara rutin juga dapat membantu mencegah resiko terkena serangan stroke. Seperti yang telah kita ketahui bahwa tekanan darah yang terlampau tinggi sering menjadi penyebab utama serangan stroke.

  1. Mencegah Kanker

Di dalam daging ikan mengandung zat riboflavin dalam jumlah yang cukup tinggi, zat ini dapat berperan penting sebagai antioksidan yang ampuh menangkal serangan radikal bekas dan juga menghambat perkembagan serta membunuh sel kanker di dalam tubuh.

  1. Mencegah Peradangan

Asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam daging ikan terbukti efektif untuk mencegah terjadinya peradangan dan juga mencegah resiko terkena penyakit arthritis. Kandungan asam lemak omega 3 juga memiliki kemampuan dalam mengikat radikal bebas yang sering menjadi pemicu utama dari peradangan dan sekaligus menutrisi tubuh.

  1. Mencegah Depresi

Rutin mengkonsumsi daging ikan dapat membantu mencegah seseorang mengalami depresi pada tubuh dan juga otaknya. Hal ini dikarenakan, depresi sendiri sering disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan asupan asam lemak omega 3 hariannya.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Alzheimer adalah salah satu jenis penyakit yang erat kaitannya dengan fungsi otak, dengan rutin mengkonsumsi ikan dapat bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi dari neuron terhadap otak yang berfungsi untuk meningkatkan daya ingat otak. Menurut para peneliti menjelaskan bahwa kandungan gizi yang terdapat di dalam daging ikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mencegah penyakit Alzheimer, terutama untuk ikan yang cara pengolahannya di kukus.

  1. Mencegah Penyakit Dimensia

Dimensia adalah suatu jenis penyakit yang berkaitan dengan fungsi otak, untuk mencegah penyakit tersebut dapat dilakukan dengan cara rutin mengkonsumsi ikan. Hal ini dikarenakan, di dalam daging ika mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk menurunkan resiko penyakit tersebut.

  1. Baik Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi ikan, karena kandungan gizi yang terdapat di dalam daging ikan sangat lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh ibu hamil dengan rutin mengkonsumsi ikan, diantaranya yaitu dapat mencegah anemia, menjaga kesehatan kandungan, meningkatkan tumbuh kembang janin dan mencegah janin mengalami cacat tabung saraf serta mencegah bayi lahir prematur. Ini dikarenakan, di dalam daging ikan mengandung vitamin, mineral dan juga omega 3 yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil dan janin.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Ikan juga sangat baik dikonsumsi oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes, karena daging ikan sangat rendah lemak, kolesterol dan kadar glukosa. Dengan rutin mengkonsumsi daging ikan, maka peredaran darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar dan kandungan mineral penting yang ada dalam ikan mampu mengubah kadar glukosa berlebih dalam darah menjadi sumber energi bagi tubuh.

Bagaimana, masih ragu untuk mengkonsumsi ikan?

Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan bagi kita semua tentang manfaat ikan untuk kesehatan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

14 Manfaat Ikan Untuk Kesehatan Tubuh Anda | Khumaira | 4.5
error: