21 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Jengkol

Manfaat Jengkol

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Anda – Ada begitu banyak sekali manfaat yang terkandung dalam sayuran jengkol, namun sayangnya masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Jengkol sendiri merupakan salah satu jenis makanan favorit di kalangan masyarakat Indonesia, karena jengkol memiliki tekstur daging yang empuk dan memiliki cita rasa yang sangat khas jika diolah dengan benar.

Jengkol tidak hanya dapat diolah sebagai masakan, tapi kini masyarakat Indonesia sudah semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan olahan makanan berbahan dasar jengkol baik itu dijadikan cemilan seperti keripik, kerupuk dan masih banyak lagi yang lainnya. Aromanya yang tajam dan khas pada jegkol memang sering menjadi alasan bagi sebagian masyarakat untuk tidak menyukai makanan ini, namun dibalik rasa dan aromanya tersebut ternyata jengkol ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi dan zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi pada Jengkol

Tahukan anda bahwa ternyata di dalam setiap 100 gram jengkol mengandung vitamin C sebanyak 80 mg, sedangkan angka kebutuhan asupan vitamin C tubuh perhari yaitu sekitar 75 mg untuk wanita dan sekitar 90 mg untuk pria dewasa. Selian itu, jengkol juga mengandung sumber protein nabati yang cukup tinggi yaitu sekitar 23,3 gram, zat besi 4,7 gram, kalsium sekitar 140 mg dan masih banyak lagi kandungan gizi lainnya ang terkandung di dalam jengkol. Untuk lebih jelasnya, bisa anda lihat dibawah berikut ini.

Kandungan Gizi per 100 gram Jengkol, yaitu :

  1. Vitamin A sekitar 240 SI
  2. Vitamin B sekitar 0,7 mg
  3. Vitamin C sekitar 80 mg
  4. Energi sekitar 133 kkal
  5. Protein sekitar 23,3 gram
  6. Karbohidrat sekitar 20,7 gram
  7. Fosfor sekitar 166,7 gram
  8. Kalsium sekitar 140 mg
  9. Zat Besi sekitar 4,7 mg
  10. Air sekitar 49,5 gram

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Dapat Mencegah Penyakit Anemia (kekurang Sel Darah Merah)

Bagi mereka yang gemar makan jengkol memang mempunyai kenikmatan tersendiri saat menyantap makanan yang satu ini. Terlepas dari rasanya yang unik dan nikmat, kandungan gizi yang ada pada jengkol ternyata dapat membantu mengatasi penyakit kekurangan sel darah merah atau anemia.

  1. Dapat Mencegah Pengeropasan Tulang atau Osteoporosis

Osteoporosis dapat dialami oleh siapa saja tanpa mengenal usia dan juga jenis kelamin. Penyebab penyakit osteoporosis sendiri sering kali dipicu oleh karena menurunnya kekuatan dan kepadatan tulang, sehingga menyebabkan tulang mengalami pengeroposan seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, sebelum kondisi ini terjadi pada anda sebaiknya dilakukan upaya untuk memperkecil resiko terkena osteoporosis dari sekarang. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit ini, salah satunya yaitu dengan cara mengkonsumsi jengkol.

  1. Membantu Proses Pembentukan Jaringan

Mengkonsumsi jengkol secara tidak berlebihan ternyata sangat baik untuk membantu proses pembentukan jaringan dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Dan Kekuatan Gigi

Mengkonsumsi jengkol mentah ternyata dapat membantu menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Selain itu, mengkonsumsi jengkol mentah juga dapat sekaligus berfungsi untuk membersihkan gigi, sehingga gigi akan terlihat lebih bersih dan putih. maka dari itu, jengkol ini bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi kuning secara alami.

  1. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Seperti yang kita tahu bahwa jantung adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi sangat penting, sehingga kita seantiasa harus selalu menjaga kesehatannya setiap hari dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Salah satu jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jatung yaitu dengan mengkonsumsi jengkol secara teratur dan dalam jumlah yang tidak berlebihan, bahkan menurut pejelasan dari para ahli gizi mengungkapkan bahwa mengkonsumsi jengkol dapat membantu menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

  1. Mencegah Radikal Bebas Berbahaya

Di dalam jengkol mengandung zat antioksidan yang sangat tinggi, kandungan zat inilah yang berperan dalam menangkal dan melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Maka dengan mengkonsumsi jengkol, terutama jengkol mentah yang sudah direndam semalaman dapat mencegah efek burung dari radikal bebas serta dapat mencegah tubuh terserang penyakit berbahaya yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang ingin memiliki berat badan ideal, maka mengkonsumsi jengkol dapat menjadi solusi yang baik untuk anda lakukan dalam membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, di dalam jengkol mengandung serat dan juga karbohidrat dalam jumlah cukup untuk membantu dalam menurunkan berat badan berlebih.

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Penderita penyakit diabetes tentu sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan secara sembarangan, karena dikhawatirkan makanan tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang dapat terjadi secara signifikan. Jika kondisi ini terjadi, tentu akan sangat berbahaya bagi pasien diabetes itu sendiri. Namun tahukah anda, salah satu makan yang baik untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes dan dipercaya dapat membantu mengendalikan kadar glukosa dalam darah yaitu jengkol.

Percaya atau tidak, ternyata menurut dari hasil penelitian menjelaskan bahwa kandungan zat yang terdapat dalam jengkol mampu menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh agar tidak mudah naik. Maka dari itu, jengkol ini termasuk makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan di percaya mampu mencegah kambuhnya penyakit diabetes.

  1. Mencegah Kanker

Jengkol sendiri merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki sumber antioksidan, senywa ini juga tidak hanya dapat mencegah penyakit tetapi juga sangat ampun untuk menghentikan perkembangan dan membasmi sel kanker di dalam tubuh. sehingga dengan mengkonsumsi jengkol dalam jumlah cukup dan teratur, maka tubuh akan terhindar dari resiko terkena penyakit kanker dan sejenisnya.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat jengkol juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam jengkol juga mengandung serat dan berbagai kandungan zat lain yang sangat bermanfaat untuk melindungi usus dan membantu memelihara kesehatan pada sistem pencernaan. Dengan demikian, dengan rutin mengkonsumsi jengkol dapat membantu mencegah dan mengobati berbagai gangguan kesehatan yang dapat di dalam pada pencernaan seperti sembelit, susah buang air besar dan masalah kesehatan pencernaan lainnya.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Jengkol juga sangat bermanfaat untuk membantu melancarkan proses pembuangan urin, proses pembuangan urin yang lancar dapat membantu memelihara fungsi dan kesehatan pada organ ginjal. Selain melencarkan buang air kecil, ternyata mengkonsumsi jengkol juga dapat membersihkan tubuh dari berbagai zat-zat racun berbahaya dalam tubuh melalui urin.

Efek Samping Mengkonsumsi Jengkol

Bagi anda penggemar jengkol, meskipun mengkonsumsi jengkol ini cukup banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh tetapi anda juga tetap harus waspada akan bahaya dan efek samping yang akan ditimbulkannya jika dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut ini beberapa efek samping mengkonsumsi jengkol secara berlebihan, diantaranya yaitu :

  • Menyebabkan Bau Mulut

Aroma yang tidak mengenakan pada jengkol ini sering menjadi alasan banyak orang enggan mengkonsumsi jengkol, karena aromanya yang tajam dapat menyebabkan bau mulut bagi orang yang mengkonsumsinya.

  • Mengandung Zat Asam Jengkolat

Mengkonsumsi jengkol dalam jumlah berlebih dapat menjadi bumerang bagi anda yang mengkonsumsinya, karena kandungan asam jengkolat yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit jengkolan dengan gejala seperti rasa nyeri dan sakit di bagian pinggang dan kemudian akan diikuti dengan sakit perut. Penyakit jengkolan juga dapat ditandai dengan gejala rasa nyeri pada saat buang air kecil. Lebih parahnya lagi, mengkonsumsi jengkol secara berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit kencng batu.

Bahaya Jengkol Bagi Penderita Asam Urat

Bagi para penderita penyakit asam urat sangat tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi jengkol, karena kandungan zat yang ada di dalamnya dapat menyebabkan terjadinya proses pengkrostalan asam urat lebih parah. Sehingga kondisi yang dialami akan semakin parah dan menyebabkan rasa sakit yang sangat menyiksa.

21 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: