10 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Buah Jeruk

Manfaat Buah Jeruk

Sehat-natural.com – Jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang disukai banyak orang, karena salin rasanya yang manis dan menhyegarkan, buah keruk juga ternyata mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Buah ini sudah sangat umum sehingga sangat mudah ditemukan di berbagai daerah baik di pasar tradisional hingga ke pasar swalayan di setiap kota di Indonesia.

Buah yang kaya akan kandungan vitamin C ini dapat dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan sebagai bahan untuk membuat minuman jus, sehingga buah jeruk sangat disukai dan baik dikonsumsi oleh balita, anak-anak hingga orang dewasa.

Kandungan Buah Nutrisi Dan Gizi Pada Buah Jeruk

Selain kaya akan kandungan vitamin C nya, buah jeruk juga mengandung nutrisi dan gizi penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk sangat tinggi mencapai sekitar 53.2 mg dalam setiap 100 gram nya, sehingga dengan mengkonsumsi buah jeruk dalam jumlah 100 g sudah mampu  90% kebutuhan asupan vitamin C harian tubuh kita.

Di dalam buah jeruk juga diperkaya dengan kandungan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin B1, asam folat dan beberapa kandungan senyawa penting seperti antioksidan, betakaroten, flavanoid, lutein, beta cryptoxanthin dan zeaxanthin. Selain itu, buah jeruk juga mengandung mineral penting seperti kalsium, potasium, tembaga, asam pantotenik dan zat besi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan mengetahui beragam nutrisi yang terkandung di dalam buah jeruk ini, maka jangan lagi sia-siakan untuk mengkonsumsi buah jeruk setiap hari, baik dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus. Hal ini dikarenakan, kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah memiliki banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Penasaran, apa saja manfaatnya? Mari kita simak penjelasannya satu per satu dibawah berikut ini.

  1. Mampu Menurunkan Resiko Stroke

Menurut penuturan yang di ungkapkan dari American Heart Association, menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi buah jeruk secara rutin setiap hari memiliki kemampuan dalam membantu menurunkan resiko bagi seseorang untuk terserang stroke iskemik. Hal ini dikarenakan, bagi seseorang yang rutin mengkonsumsi buah jeruk dalam jumlah tinggi memiliki resiko yang lebih kecil sekitar 19% mengalami serangan stroke dibandingkan dengan mereka yang hanya mengkonsumsi sedikit atau bahkan tidak sama sekali.

  1. Membantu Menurunkan Hipertensi

Dengan selalu mempertahankan asupan natrium dalam jumlah yang rendah ternyata sangat penting untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, tetapi dengan meningkatkan asupan kalium juga tidak kalah pentingnya karena dapat berdampak pada efek vasodiatasinya. Bahkan menurut penjelasan yang disampaikan dari the National Health and Nutrition Examination Survey menjelaskan bahwa, tidak kurang dari 2% penduduk AS usia dewasa yang tidak mencukupi asupan kalium harian sebanyak 4700 mg. Dari data juga mengungkapkan bahwa dengan menjaga asupan kalium dalam jumlah tinggi sering dikait-kaitkan dengan penurunan dari tingginya resiko kematian yang disebabkan oleh berbagai kasus.

  1. Mencegah Kanker

Dari hasil studi yang telah dipublikasikan oleh American Journal of Epidemiology, menjelaskan bahwa dengan mengkonsumsi buah jeruk, buah pisang dan jus jeruk selama dua tahun dapat menurunkan resikon perkembangan dari penyakit leukimia. Hal ini dikarenakan, di dalam buah jeruk mengandung vitamin C dan juga antioksidan tinggi yang mampu menangkal serangan radikal bebas berbahaya yang diketahui sering menjadi penyebab kanker. Selain itu, vitamin C juga sangat diperlukan oleh tubuh untuk tujuan terapeutik terhadap kanker dan juga serat tinggi yang terkandung di dalam buah dan sayur-sayuran mampu menurunkan resiko dari kanker kolorektal.

  1. Memelihara Kesehatan Organ Jantung

Pada buah jeruk mengandung nutrisi penting yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung yang terdiri dari kandungan vitamin C, serat, kalium dan juga kolin. Dengan dilakukan peningkatan terhadap asupan kalium dan dilakukan secara bersamaan dengan dilakukannya penurunan terhadap asupan natrium merupakan suatu perubahan terhadap pola makan yang sangat penting untuk membantu menurunkan resiko serangan berbagai jenis penyakit kardiovaskular.

Bahkan dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa, mengkonsumsi 4069 mg kalium per harinya dapat menurunkan resiko kematian sebesar 49% yang diakibatkan oleh penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang kurang mendapatkan asupan kalium.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Meskipun di dalam buah jeruk mempunyai rasa asam yang dianggap tidak baik untuk pencernaan, tetapi kandungan mineral dalam buah jeruk lebih tinggi dan mampu mengimbangi tubuh setelah dicerna. Dalam hal ini, manfaat buah jeruk ini hampir sama dengan manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah lemon yang merupakan jenis makanan yang bersifat alkali.

  1. Sumber Karbohidrat

Bua jeruk hampir sama dengan berbagai jenis buah-buahan yang mengandung gula sederhana di dalamnya, tetapi di dalam buah jeruk memiliki kandungan index glikemik 40. Sehingga, apapun karbohidrat jenis apapun yang ada di bawah indeks glikemiks 55 dianggap lebih rendah. Hal ini menunjukan jika selama kita tidak mengkonsumsi buah jeruk dalam jumlah berlebih dalam satu waktu, maka tidak akan mempengaruhi tingkat gula darah yang dapat menyebabkan munculnya masalah insulin dan peningkata berat badan berlebih.

  1. Mampu Meningkatkan Sistem Imun

Seperti yang telah kita tahu bahwa jeruk adalah salah satu sumber vitamin C yang paling tinggi dari berbagam jenis buah lainnya. Di dalam satu buah jeruk berukuran sedang mampu mencukupi kebutuhan asupan vitamin C harian tubuh hingga 72% dari total kebutuhan tubuh per harinya. Vitamin C sendiri merupakan senyawa antioksidan tinggi yang mampu melindungi tubuh dari terjadinya kerusakan akibat serangan radikal bebas berbahaya. Dengan terpenuhinya kebutuhan asupan vitamin C ini, maka sistem imun tubuh akan meningkat dan tidak akan mudan terserang penyakit.

  1. Mampu Meningkatkan Fungsi Otak

Di dalam buah jeruk juga mengandung asam folat dan juga vitamin B9 yang mampu menjaga dan memelihara fungsi otak dan juga organ vital lainnya agar tetap dalam kondisi prima. Selain itu, di dalam buah jeruk juga mengandung fitonutrien atau lebih dikenal dengan sebutan polifenol yang sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan memori otak. Oleh karena itu, buah jeruk ini sangat baik dkonsumsi oleh balita dan anak-anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otaknya.

  1. Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

Fungsi dari organ ginjal dalam tubuh kita sangatlah penting dan bersifat vital, sehingga sangat perlu keta untuk selalu menjaganya agar kesehatan ginjal tetap terjaga dengan baik dan bekerja dengan baik sebagaimana fungsinya. Untuk memelihara kesehatan organ ginjal, kita bisa mengkonsumsi buah jeruk secara rutin dalam jumlah cukup.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet sehat, maka tidak ada salahnya jika anda memasukan buah jeruk ke dalam menu diet harian anda. hal ini dikarenakan, di dalam buah jeruk mengandung vitamin C dan juga serat yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk membantu mendapatkan hasil optimal dalam program diet yang sedang anda jalankan saat ini untuk menurunkan berat badan.

Itulah tadi beberapa manfaat buah jeruk yang bisa kami sampaikan pada artikel kesehatan kali ini, sebenarnya masih banyak sekali manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah jeruk ini untuk kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Loading...
10 Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: