14 Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Kacang Kapri

Manfaat Kacang Kapri

14 Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Anda – Kacang kapri adalah salah satu jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tanaman kapri sendiri masih termasuk ke dalam jenis polong-polongan, kacang kapri sendiri sering dijadikan sebagai bahan pelengkap pada masakan seperti sayur, sup, sambal goreng dan aneka jenis masakan lainnya. Selain itu, kacang kapri juga sering dijadikan sebagai cemilan sehat yang renyah cocok untuk menemani anda di waktu santai bersama keluarga.

Kacang kapri memiliki rasa yang gurih, sehingga kacang ini sering dijadikan cemilan dan bahan pelengkap masakan. Di balik itu semua, ternyata kacang kapri memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang sehat dan lengkap, sehingga banyak sekali manfaat kacang kapri yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kacang kapri secara rutin.

Kandungan Gizi Di Dalam Kacang Kapri

Di dalam biji kacang kapri mengandung banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh, diet dan juga ibu hamil. Hal ini dikarenakan, di dalam setiap 100 gram kacang kapri segar mengandung kalori sebanyak 98 kkal, karbohidrat sebanyak 17,7 gram, protein sebanyak 6,7 gram, lemak sebanyak 0,4 gram, zat besi sebanyak 2 mg, kalsium sebanyak 22 mg, fosfor sebanyak 122 mg. Selain itu, di dalam kacang kapri juga mengandung vitamin A sebanyak 680 IU, vitamin B1 sebanyak 0,34 mg dan vitamin C sebanyak 26 mg.

Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari kacang kapri ini untuk kesehatan tubuh. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak informasinya dibawah berikut ini.

  1. Mencegah Peradangan

Di dalam kacang kapri mengandung senyawa yang bersifat anti radang, sehingga dengan rutin mengkonsumsinya dapat membantu mencegah peradangan. Kandungan senyawa anti radang yang terkandung di dalam kacang kapri ini sangat baik untuk membantu menyembuhkan peradangan pada area persendian atau yang disebut dengan asam urat.

  1. Meredakan Gejala Flu

Kacang kapri juga mengandung vitamin C yang sangat berperan penting dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sangat ampuh untuk melawan virus penyebab flu yang menyerang tubuh.

  1. Mencegah Dan Menyembuhkan Penyakit Anemia

Kandungan zat besi yang terkandung di dalam kacang kapri ini sangat tinggi, sehingga dipercaya sangat efektif untuk mencegah dan mengobati penyakit anemia. Kandungan zat besi yang dimiliki kacang kapri ini dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah yang berperan sebagai sel penambah darah merah dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker

Kacang kapri memiliki kandungan betakarote yang sangat tinggi, betakaroten sendiri dapat berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu mencegah dan melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. radikal bebas ini dapat memicu perkembangan sel kanker di dalam tubuh, sehingga dengan rutin mengkonsumsi kacang kapri secara rutin dapat meminimalisir resiko terkena penyakit kanker.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mengandung vitamin C, kacang kapri juga memiliki kandungan vitamin B atau riboflavin yang terbukti efektif untuk membantu meningkatkan sistem kekelaban tubuh. dengan demikian, maka tubuh akan lebih tahan terhadap serangan virus dan bakteri penyakit penyakit termasuk jenis penyakit yang disebabka oleh faktor cuaca.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang kapri juga memiliki kandungan vitamin K yang cukup tinggi, vitamin ini sangat baik untuk membantu memelihara kesehatan tulang dan mencegah peyakit osteoporosis atau dikenal dengan istilah pengeroposan tulang. Selain itu, di dalam kacang kapri juga mengandung mineral penting seperti kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk menutrisi dan memperkuat tulang.

  1. Memelihara kesehatan dan fungsi Syaraf

Kandugan zat niacin di dalam kacang kapri dapat berfungsi sebagai zat yang mampu memelihara kesehatan dan juga menjaga fungsi syaraf agar selalu bekerja dengan baik.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Rutin mengkonsumsi kacang kapri juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, karena di dalam kacang kapri mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menutrisi mata agar tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan mata.

Manfaat Kacang Kapri Untuk Ibu Hamil

Selain bermanfaat untuk kesehatan secara umum, ternyata kacang kapri juga mengandung gizi dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil, sehingga kesehatan janin dan ibu hamil akan senantiasa terjaga dengan baik. Ibu hamil sangatlah tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan secara sembaragan, karena dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin yang ada dalam kandungan.

Berikut ini beberapa manfaat kacang kapri untuk ibu hamil, diantaranya yaitu :

  1. Mempercepat Pertumbuhan Tulang Janin

Kandungan vitamin K, kalsium dan juga fosfor yang terdapat pada kacang kapri tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang orang dewasa saja. Namun tahukah anda, ternyata kacang kapri juga sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat proses pertumbuhan tulang janin dalam kandungan.

  1. Mencegah Kerusakan DNA

Vitamin C yang terkandung di dalam kacang kapri juga sangat baik untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA dalam tubuh. Maka dengan rutin mengkonsumsi kacang kapri, resiko kelahiran cacat pada bayi dapat dihindari.

  1. Mengoprimalkan Pertumbuhan Jantung Pada Janin

Kacang kapri juga mengandung asam folat yang sangat baik untuk diserap oleh tubuh ibu hamil, karena kandungan zat ini sangat baik untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan jantung janin di dalam kandungan.

Manfaat Kacang Kapri Untuk Diet

Kacang kapri juga ternyata sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan, sehingga bagi anda yang sedang menjalani program diet sebaiknya anda rutin mengkonsumsi kacang kapri setiap hari. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi kacang kapri selama menjalani program diet, diantaranya yaiu :

  1. Cemilan Sehat Saat Diet

Kacang kapri mengandung serat yang sangat tinggi, sedangkan kandungan kalori dalam kacang kapri sangatlah rendah sehingga sangat baik dijadikan sebagai cemilan sehat saat diet. Dengan mengkonsumsi kacang kapri, maka dapat membantu menahan rasa lapar lebih lama, karena cemilan sehat yang satu ini pun mengandung karbohidrat cukup tinggi yang dapat memberikan efek rasa kenyang cukup lama, sehingga dapat membantu anda untuk mencegah asupan makanan berat dalam jumlah berlebih selama menjalani program diet.

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi di dalam kacang kapri dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga dapat menunjang program diet anda agar berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil optimal.

  1. Mencukupi Asupan Energi Dalam Tubuh

Selama menjalani program diet, tubuh tentu membutuhkan asupan energi lebih agar tubuh tidak mudah lemas selama menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk menjaga stamina tubuh tetap fit selama menjalani program diet, maka anda bisa mengkonsumsi kacang kapri sebagai pengganti nasi. Hal ini dikarenakan, di dalam kacang kapri juga mengandung karbohidrat dan juga mengandung sumber energi yang cukup tinggi.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat kacang kapri untuk kesehatan, ibu hamil dan diet. Semoga artikel kesehatan ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca sekalian dan sampai jumpa.

kata untuk mencari artikel ini:
  • manfaat kacang kapri
  • fungsi kapri untuk pencernaan
  • kacang kapri
  • manfaat efek samping kacang kapri
  • manfaat kacang kapri/
  • vitamin yg ada di dlm kacang kapri
14 Manfaat Kacang Kapri Untuk Kesehatan Anda | Khumaira | 4.5
error: